Masker Ampas Teh Efektif untuk Perawatan Kulit, Bisul Hingga Atasi Kaki Bau

masker ampas teh
Masker ampas teh. Foto: Istimewa

Masker ampas teh masih bisa dimanfaatkan dan ternyata cukup ampuh untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh. Ampas teh tak hanya baik untuk menyuburkan tanaman, namun juga baik untuk wajah.

Minuman teh dibuat dengan cara menyeduh teh kering dengan air panas. Teh kering kini banyak dijual dalam bentuk teh celup agar lebih mudah dan praktis dalam membuat minuman teh.

Nah, seduhan teh inilah yang kemudian diminum. Sedangkan sisa ampasnya umumnya dibuang. Padahal manfaat ampas teh cukup banyak. Salah satunya bisa dijadikan sebagai masker ampas teh yang berkhasiat.

Seperti diketahui, teh merupakan minuman yang sangat universal serta disukai orang di seluruh dunia. Selain nikmat, minuman teh juga memiliki nilai yang tinggi. Bahkan tak sedikit ada tradisi minum teh di berbagai budaya masyarakatnya.

Selain nikmat, minuman teh juga bisa menyegarkan tubuh. Kandungan nutrisi dan mineral dalam teh diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kandungan nutrisi sisa ampas teh tak akan hilang meski telah digunakan.

Khasiat Masker Ampas Teh untuk Kecantikan

Ada banyak manfaat ampas teh yang masih bisa dioptimalkan. Apalagi kandungan teh juga sangat baik untuk tubuh, khususnya untuk perawatan kulit wajah dan tubuh. Berikut ini khasiat masker ampas teh untuk kecantikan.

Mengatasi Kantung Mata

Ampas teh masih mengandung antioksidan dan tanin yang berkhasiat untuk melenyapkan kantung mata akibat begadang atau insomnia. Caranya, cuci teh celup yang telah digunakan lalu simpan dalam kulkas sekitar 30 menit.

Setelah itu gunakan dengan cara meletakkan teh celup pada sekitar mata yang mengalami kantung mata. Diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu bilas atau cuci muka. Mata pun akan teras dingin dan segar.

Menghaluskan Kulit Wajah

Masker ampas teh juga berkhasiat dalam membuat kulit wajah menjadi lebih halus, cerah dan lebih kencang. Menggunakan masker ini secara rutin mampu mengangkat sel kulit yang telah mati sekaligus menghilangkan noda bekas jerawat.

Untuk menggunakannya, cuci terlebih dahulu ampas teh lalu campurkan dengan madu dan sedikit tepung beras. Setelah jadi tinggal oleskan pada wajah serta diamkan sekitar 10 menit sebelum dibilas.

Mengatasi Wajah Belang karena Matahari

Kulit wajah yang belang atau gosong akibat paparan sinar matahari juga bisa di atasi dengan ampas teh. Untuk membuat masker ampas teh tinggal cuci terlebih dahulu lalu mengkompreskannya pada wajah yang terkena flek hitam.

Menyuburkan dan Menghitamkan Rambut

Ampas teh bekas minuman juga efektif untuk mengatasi rambut yang mudah rontok dan kering. Jenis teh hijau lebih baik, meski teh lainnya juga tetap ada manfaatnya.

Untuk menggunakannya , tambahkan sedikit air panas pada ampas teh dan diamkan beberapa saat. Setelah itu disaring dan gunakan airnya untuk dikucurkan pada kulit kepala sambil dipijit. Diamkan sebentar sebelum dicuci.

Mengempeskan Bisul

Bisul yang kerap mengganggu ternyata juga mudah diatasi dengan masker ampas teh ini. Tinggal tempelkan saja sampah bekas teh pada bagian tubuh yang bisul dan diamkan beberapa saat. Ulangi hingga bisulnya kempes.

Mengatasi Bau Kaki

Buat Anda yang sering mengalami kaki bau terutama setelah bersepatu agak lama, bisa diatasi dengan ampas teh bekas minuman. Kandungan tanin dalam sisa teh ini efektif membunuh bakteri.

Untuk melakukannya, tinggal kumpulkan beberapa teh celup bekas minuman dan letakkan dalam baskom. Tambahkan air hangat dan garam laut secukupnya lalu rendam kaki beberapa saat.

Selain baik untuk wajah, manfaat ampas teh juga bisa menyuburkan tanaman dan menghilangkan bau tak sedap. Namun untuk mencegah masker ampas teh terasa gatal sebaiknya cuci terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa gulanya. (R9/HR-Online)

Loading...