Kick Starter Terasa Berat, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

kick starter terasa berat
Pengendara motor berusaha menyalakan mesin. Foto: Ist/Net

Kick starter terasa berat termasuk salah satu kendala yang sering dialami oleh pemilik motor. Seperti yang diketahui, hampir semua tipe motor yang ada di Indonesia hadir dengan 2 metode menyalakan mesin, yakni kick starter dan electric starter.

Kick starter atau starter kaki ini banyak dimanfaatkan sebagai peranti cadangan atau alternatif apabila electric starter tak bisa dinyalakan. Oleh karenanya, permasalahan pada kick starter tentu harus mendapat perhatian lebih dan segera diatasi.

Penyebab Kick Starter Terasa Berat

Siapa saja pasti tak mau kebutuhan berkendara terganggu karena kick starter bermasalah. Maka dari itu, pastikan anda tahu apa saja hal yang menyebabkan starter kaki terasa berat.

Dengan begitu, anda bisa mencoba untuk menghindarinya sebisa mungkin. Adapun penyebab starter kaki terasa berat ialah sebagai berikut.

Jarang Digunakan

Salah satu penyebab kick starter terasa berat yaitu jarang digunakan. Perlu untuk anda ketahui, kick starter yang jarang dipakai akan menyebabkan munculnya karat.

Jika sudah begini, maka poros gerak akan terganggu. Dimana per stopper yang menghubungkan gir slah dan primer bisa terhambat sehingga sulit bergerak.

Maka dari itu, pastikan anda bergantian dalam memanfaatkan starter. Meski electric starter bisa digunakan, tak ada salahnya jika anda mengimbanginya dengan sesekali menggunakan kick starter.

Kurang Pelumas

Selain jarang digunakan, kick starter terasa berat juga karena kurang pelumas. Perlu dipahami bahwa kurangnya pelumas juga dapat memunculkan karat.

Maka dari itu, anda harus rutin memberikan pelumas pada bagian alur gir. Jangan sampai anda keluar banyak biaya untuk service motor karena lalai.

Dengan memberikan pelumas, anda bukan hanya bisa mencegah pengeluaran biaya yang besar, akan tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Tekanan Kompresi dan Pengapian Terlalu Besar

Penyebab starter kaki terasa berat lainnya yaitu tekanan kompresi dan pengapian yang terlalu besar. Oleh sebab itu, anda harus selalu mengecek tekanan kompresinya.

Jika memang terlalu tinggi, maka anda perlu merapatkan klep. Dengan begitu, tekanan kompresinya bisa lebih rendah. Kick starter pun bisa kembali berfungsi dengan baik.

Bahan Bakar Mengering

Bahan bakar yang mengering juga bisa menyebabkan kick starter terasa berat. Kondisi ini sendiri bisa terjadi karena motor tak digunakan dalam kurun waktu yang lama.

Supaya kick starter tetap berfungsi, pastikan anda menambah bahan bakarnya lagi. Kemudian cek bagian selang bahan bakarnya.

Jika saluran selangnya tak tersumbat, anda bisa kembali menyalakan motor dengan kick starter. Dijamin starter kakinya bisa berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Busi Kotor

Ketika starter kaki terasa berat, anda perlu mengecek bagian businya. Pasalnya, busi yang kotor atau usang juga bisa menyebabkan permasalahan pada kick starter.

Perlu untuk anda ketahui, karbon dan sisa minyak yang ada pada busi bisa membuat percikan api yang dihasilkan menjadi lemah.

Hal ini tentu berdampak pada proses pembakaran yang tidak sempurna. Maka dari itu, segera bersihkan busi untuk mengembalikan fungsi kick starter.

Cara Mengatasi

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab starter kaki terasa berat, kini saatnya anda beralih untuk mengetahui bagaimana solusinya. Berikut beberapa cara mengatasinya.

Membersihkan CVT

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi starter kaki yang terasa berat yaitu membongkar dan membersihkan bagian CVT.

Anda perlu membersihkannya secara merata. Pastikan semua kotoran yang ada di bagian penghubung gir hilang menyeluruh.

Dalam membersihkannya, anda bisa memanfaatkan kuas dan kompresor atau angin bertekanan tinggi. Jika sudah, ikuti dengan mengoleskan grease atau gemuk di bagian per stopper.

Oleskan juga pada alur gir sehingga licin. Kick starter sepeda motor anda pun bisa digunakan sebagaimana mestinya secara lancar.

Pakai Kick Starter Ketika Memanaskan Mesin

Setelah membersihkan CVT, anda juga harus membiasakan untuk memakai kick starter saat memanaskan mesin yang biasanya dilakukan setiap pagi.

Cara yang satu ini bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan performa kick starter, akan tetapi juga menjaga electric starter supaya tetap prima.

Dengan anda mengetahui penyebab dan cara mengatasi kick starter terasa berat, maka anda bisa tahu apa yang harus dilakukan apabila dihadapkan dengan permasalahan tersebut. (R10/HR-Online)

Loading...