Komunitas Peduli Lingkungan Ciamis Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

Komunitas Peduli Lingkungan Ciamis Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan
Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Ciamis melaksanakan giat bersih-bersih sungai di area wisata sungai Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Ciamis, beberapa waktu lalu. Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Ciamis, melaksanakan giat bersih-bersih di area wisata sungai Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Ciamis, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Bekerjasama dengan Bumdes setempat, puluhan anggota komunitas peduli lingkungan Ciamis terlihat antusias memungut sampah dari areal sungai. Sampah-sampah yang dipungut tersebut kemudian dimasukan kedalam kantong kresek ukuran besar.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian kami, terhadap kebersihan yang memang sering kali diabaikan baik oleh warga atau pun pengunjung,” ujar Ketua Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Ciamis, Dian Ghozin.

Pihaknya ingin mewujudkan tatar Galuh Ciamis yang lebih hijau, bersih, rapi dan asri. Namun hal itu dapat terwujud apabila mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah setelah dibentuk pertengahan Januari 2020, komunitas peduli lingkungan langsung melakukan eksen,” katanya.

Gozin menyebut, komunitas peduli lingkungan Kabupaten Ciamis ini didominasi kaum melenial. Dengan kegiatan peduli lingkungan ini, setidaknya akan menjadi salah satu bentuk pendidikan karakter bagi mereka, untuk bisa menjaga lingkungan agar tidak rusak.

Saat ini lanjut dia, banyak masyarakat menganggap bahwa kebersihan itu tugas dari pemerintah, padahal masyarakat pun wajib bertanggungjawab terhadap kebersihan.

Pihaknya pun berharap, pengunjung di sekitar sungai Cireong harus bisa dan sadar dalam menjaga kebersihan di sekitaran sungai. Kami minta juga pengelola, dalam hal ini Bumdes agar bisa menambah lagi tempat sampah  serta mengingatkan pada pengunjung untuk bisa menjaga kebersihan.

“Karena jika pengunjung banyak yang buang sampah ke sungai, akan berdampak buruk bagi lingkungan, karena bisa jadi penyebab utama banjir,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Bumdes Sukaresik, Fuad Hasan, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Peduli Lingkungan Ciamis, yang didominasi kaum milenial.

Menurutnya, orang-orang yang hidupnya didekasikan untuk lingkungan merupakan orang yang hebat. Hal tersebut karena orang itu memikirkan kelangsungan hidup orang banyak, bukan hanya memikirkan dirinya sendiri.

“Alhamdulillah dalam kegiatan ini juga turut hadir dari Babinmas dan Babinsa untuk ikut turut serta dalam kebersihan lingkungan. Kami berharap kegiatan ini berlanjut dan bisa mengakar lagi sehingga bisa memberikan kesadaran akan kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...