Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia

Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia. Seiring berjalannya waktu, bencana alam makin sering terjadi dengan berbagai faktor.

Dan ini pasti membawa dampak bagi manusia. Salah satunya adalah daerah-daerah yang akan tenggelam karena naiknya volume air laut.

Namun dibalik kenyataan bahwa daratan akan tertelan air, ada beberapa kota di dunia yang akan tenggelam lebih cepat.

Kota Paling Cepat Tenggelam

Jakarta

Dr. Heri Andreas, seorang ahli geologi, mengatakan, bahwa Jakarta akan tenggelam, berkisar pada 95 persen, pada tahun 2050, khususnya Jakarta Utara.

Dalam kurun waktu 10 tahun saja, Jakarta sudah tenggelam 2,5 meter. Kondisi ini akan terus bertambah 25 cm pertahunnya. Padahal, Jakarta adalah rumah bagi jutaan orang.

Jakarta bisa tenggelam karena mengalami penurunan tanah yang disebabkan oleh ekstraksi air tanah.

Ini juga karena orang-orang terus melakukan pengeboran pipa hingga ratusan meter ke dalam tanah untuk mendapatkan air segar.

Mereka yang melakukan pengeboran pipa, tidak hanya rumah tangga, tapi juga perkantoran hingga hotel.

Houston

Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia selanjutnya adalah Kota Houston. Sama seperti Jakarta, Houston juga mengalami penurunan tanah yang diakibatkan dari pengeboran pipa untuk air. Diramalkan, pada tahun 2100 Houston akan tenggelam.

Menurut penelitian dari US Geological Survey, bagian dari Houston, County Harris sudah tenggelam 10 sampai 12 kaki atau sekitar 3 meter sejak tahun 1920. Kondisi ini terus bertambah 2 inci setiap tahunnya.

TCL

Walau pemerintah Kota Houston sudah melakukan pencegahan dengan membuat berbagai undang-undang, banyak rumah tangga dan pemasok air yang mengebor pipa sampai sedalam-dalamnya.

Jadi tidak heran apabila Houston termasuk dalam kota paling cepat tenggelam di dunia.

Lagos

Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia selanjutnya adalah Kota Lagos. Sudah pernah mendengar tentang Kota Lagos? Lagos adalah sebuah kota yang terletak di Nigeria, tepatnya dekat dengan kepulauan.

Lagos pun menjadi kota terpadat di Nigeria dengan geografis yang rawan banjir. Selain itu, garis pantai di kota tersebut semakin lama kian terkisis.

Bahkan sampai permukaan air laut terus naik karena efek dari pemanasan global. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa setiap tahunnya kenaikan air bisa mencapai 1 sampai 3 meter.

Dan bisa lebih naik lagi di akhir abad ini. Diperkirakan, Lagos akan tergenang air di tahun yang sama dengan Jakarta, yaitu 2050.

Beijing

Pada tahun 2016 dilakukan sebuah studi yang hasilnya mengatakan bahwa Beijing telah tenggelam 10 cm di beberapa daerah pertahunnya.

Ini tentu menjadi kabar buruk dan mengejutkan bagi masyarakatnya. Beijing menjadi kota yang akan tenggelam berikutnya akibat banyak masyarakatnya yang melakukan pengeboran air.

Beijing sama seperti Jakarta dan Houston, karena keduanya adalah kota yang jauh dari pantai, sehingga memiliki ketergantungan tinggi pada air dalam tanah. Itulah beberapa Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...