Kymco Downtown 250i, Motor Matic yang Pas Buat Touring

Kymco Downtown 250i
Kymco Downtown 250i. Foto : Kymco

Kymco Downtown 250i menjadi andalan pabrikan otomotif asal Taiwan. Kymco Downtown 250i yang merupakan motor matic bongsor ini menjadi pesain dari Yamaha XMax kala itu.

Selain itu, skutic premium dengan mesin besar dan berbodi bongsor lainnya adalah Benelli Zafferano, Honda Forza 250 serta SYM GTS 250 juga ikut menjadi rivalnya.

Skutic bongsor besutan Kymco kali pertama diperkenalkan ke publik di otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.

Memang saat itu bahkan sampai sekarang, pangsa pasar motor matic premium di Indonesia masih dikuasai oleh produk dari Yamaha.

Namun, dengan kehadiran Kymco Downtown 250i di IIMS 2017 yang membawa desain sporty serta elegan ini, mampu menarik perhatian pengunjung.

Sebagai informasi, bahwa motor matic premium dengan dimensi gambot sebelum hadir di Indonesia, terlebih dulu mengaspal di Amerika Serikat yang kemudian ke negara-negara di benua Eropa.

Kymco Downtown 250i sendiri selain sporty dan gede, juga memiliki desain stylish serta mewah. Motor skutic ini juga disebut sebagai Sport Touring Masterpiece, dengan memfokuskan peningkatan daya dan kenyamanan saat touring.

Bukan hanya itu, selain dibekali dengan mesin 250 cc, motor matic Kymco ini juga dipasang teknologi serta fitur yang menjadikan penunjang untuk kenyamanan dan keselamatan pengguna.

Desain Kymco Downtown 250i

Skutic Downtown 250i besutan Kymco mempunyai berat bersih 178 kilogram, dengan lebar 780 mm, 2250 mm untuk panjangnya dan tingginya 1310 mm.  

Walaupun memiliki postur yang tinggi serta bongsor, akan tetapi motor matic ini memiliki jarak ke tanah (ground clearance) setinggi 135 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya 1.553 mm.

Kymco Downtown 250i di bagian lampunya semuanya LED. Depannya dipasang lampu H7, dibalut dengan bohlam DRL (Daytime Running Light) yang bentuknya cincin.

Sementara lampu sein atau riting juga sudah LED, berbentuk panah sehingga tampilannya kelihatan tajam, gagah serta elegan, sangar layaknya burung hantu.

Lampu depannya dengan memakai dual headlamp tajam serta teknologi LED tersebut, membuat pancaran cahayanya terang. Jadi ketika berkendara di malam hari pun tidak masalah.

Sementara di bagian belakang dari Kymco Downtown 250i juga dipasang lampu LED modern. Desain bohlam di belakangnya ini terlihat mewah, terang namun tidak membuat pengendara di belakangnya menjadi silau.

Di bagian depan juga terpasang 2 dua glove box baik itu di kiri dan kanan bawah setang atau kemudi. Pada Glove-nya di sebelah kiri juga terdapat USB Port untuk mengisi ulang ponsel.

Sedangkan untuk menghalangi terpaan angin dari depan, Kymco Downtown 250i dipasang visor / shield screen.

Pada bagasinya juga besar, karena bisa menampung 1 helm half face dan 1 helm full face. Sedangkan jok dibikin lebih dinamis, terlihat dari lekukannya serta desainnya yang memanjang berukuran 835 mm.

Untuk warnanya sangat menawan dengan kombinasi yang seimbang, dengan dibalut striping warna yang menjadikan lebih menarik.

Performa Kymco Downtown 250i

Seperti diulas di atas, bahwa skutic besutan Kymco ini dibekali dengan mesin pacu handal dengan kapasitas 246,3 cc. Tipe mesinnya SOHC dengan empat Stroke dan 4 Valve.

Ketangguhan mesin ini mampu memberikan dorongan tenaga masimal 17,1 kW  / 7.750 rpm, dan torsi maksimum mencapai 23,14 Nm / 6.000 rpm.

Semburan tenaga yang berasal dari mesin Kymco Downtown 250i itu, nantinya bakal disalurkan via sistem transmisi CVT otomatis. Sehingga laju kendaraan motor matic ini akan melaju dengan kencang.

Sementara untuk menjaga mesin tetap dingin dan fit, maka dipasang sistem pendingin liquid atau cairan.  

Bagian bahan bakar, Kymco Downtown 250i ini mempunyai tangki berkapasitas maksimal 12,5 liter. Tidak lupa untu mengirit bahan bakar dipasang sistem injeksi FI, dengan perbandingan kompresinya 10.8 : 1.

Untuk rangkanya, Maxi skuter ini bersuspensi Telescopic Fork di depan dengan diameter 37 mm dan panjang 110 mm. Untuk belakang double swing (suspensi ganda).

Kymco Downtown 250i memiliki ukuran ban depan 120/80 R14 serta di belakang 150/70 R13. Baik depan dengan belakang sama-sama dibekali rem sistem cakram, dengan ukuran 260 mm untuk depan kaliper 3 piston dan 240 mm belakang kaliper 2 piston.

Fiturnya juga tidak kalah hebat dengan Yamaha XMax. Sebagai motor matic kelas premium, tentu Kymco Downtown 250i dibekali dengan teknologi terkini.

Seperti pada dashboard seperti speedmeter, oil service, sein, temperatur, bahan bakar dan sebagainya yang panel instrumennya sistem digital.

Motor skuter matic besutan Kymco ini juga disediakan dudukan GPS yang dipasang di atas speedmeter. Sehingga bisa menjadi ‘pembantu’ Anda yang suka touring.

Kymco Downtown 250i yang tersedia dalam varian warna Pearly Black, Mat Silver Crystal dan Mat Gray, saat ini dijual dengan harga Rp 68 juta (OTR). (Adi/R5/HR-Online)