Lagi, Penyu Ditemukan Mati di Pantai Pangandaran

penyu mati
Petugas BKSDA Pangandaran memeriksa penyu mati di Pantai Barat Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Penyu mati kembali ditemukan di Pangandaran. Penyu yang sudah jadi bangkai tersebut terdampar di bibir Pantai Barat Pangandaran.

Uking Iskandar, selaku Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cagar Alam Resort Kabupaten Pangandaran, mengatakan, BKSDA sudah 2 kali menerima laporan dari masyarakat terkait penyu mati dan sudah menjadi bangkai di Pantai Barat Pangandaran.

“Setelah BKSDA mendapatkan laporan dari warga, petugas kami pun terus berangkat menuju sumber informasi setelah di lokasi ternyata benar penyu yang dilaporkan oleh warga kini tinggal bangkainya,” ujar Uking kepada HR Online, Sabtu (11/1/2020).

Petugas BKSDA selanjutnya mengubur bangkai penyu tersebut. Sebelum dikuburkan Penyu tersebut diperiksa terlebih dahulu.

“Setelah diperiksa sebelum dikuburkan, penyu yang mati berjenis kelamin betina dengan panjang 45 cm, lebar 43 cm, lebar kepala 10 cm, dan beratnya 3 kilo,” katanya. 

Baca Juga: Gara-gara Kail Renteng, Banyak Penyu Mati di Pangandaran

Sementara itu,  Giwang Sari salah seorang penggemar penyu, mengatakan, ditemukannya bangkai penyu di bibir Pantai Barat Pangandaran merupakan kabar yang tidak menyenangkan. Apalagi  sebelumnya juga ditemukan bangkai penyu di bibir pantai. 

Giwang menduga matinya satwa langka yang dilindungi Undang-undang tersebut akibat ulah manusia. Dia berharap, warga Pangandaran tidak membuang sampah sembarangan.  

“Apalagi saat ini musim hujan, sampah bisa terbawa ke laut. Sampah-sampah yang masuk ke laut inilah yang menjadi penyebab hewan langka seperti penyu bisa mati,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online) 

Loading...