Headlamp Kemasukan Air, Kenali Bahaya dan Solusinya

Headlamp Kemasukan Air
Ilustrasi Headlamp Kemasukan Air. Foto: Istimewa

Lampu utama atau headlamp kemasukan air termasuk salah satu permasalahan yang banyak terjadi pada sepeda motor ataupun mobil apabila sehabis kehujanan ataupun sengaja menerobos banjir.

Padahal air pada headlamp atau lampu depan kendaraan ini tak bisa langsung menghilang. Butuh waktu berhari-hari agar bisa menghilang dengan sendirinya.

Bahaya Headlamp Kemasukan Air

Perlu untuk anda ketahui, permasalahan air pada headlamp ini tak boleh dianggap sepele. Hal ini dikarenakan ada ancaman bahaya yang menyertainya.

Adapun salah satu bahaya tersebut yaitu mengganggu penerangan. Seperti yang kita tahu, lampu motor berperan penting dalam memberikan pencahayaan.

Berita Terkait: Motor Mogok Karena Banjir, Atasi Dengan 6 Tips Jitu Ini

Namun dikarenakan ada air di dalamnya, maka fungsinya akan menurun. Hal ini tentu saja sangat merugikan pengendara ketika melewati jalanan yang minim penerangan atau di malam hari.

Kurangnya penerangan bisa beresiko besar terhadap kemungkinan tabrakan, baik itu dengan pengguna jalan lain maupun objek lainnya.

Permasalahan headlamp kemasukan air ini memang tak hanya akan merugikan anda, akan tetapi juga membahayakan orang lain.

Semakin merasa dirugikan karena permasalahan air di dalam headlamp ini juga bisa membuat kantong jebol. Hal ini akan sangat dirasakan oleh pemilik motor yang menggunakan LED.

Sebagaimana yang kita tahu, LED memiliki tingkat pencahayaan yang tinggi. Sebagai teknologi yang canggih dan berkualitas, tentu saja harga LED ini lebih mahal daripada tipe lampu lainnya.

Saat ada air yang masuk ke bagian headlamp, maka LED bisa mati sewaktu-waktu. Jika sudah mati, maka mau tak mau anda harus menggantinya dengan LED yang baru.

Berita Terkait: Cara Menyetel Karburator Motor dengan Benar

Maka dari itu, pastikan anda tak nekat menerobos banjir. Disamping itu, alangkah baiknya anda berteduh terlebih dahulu saat hujan.

Dengan cara ini, maka anda bisa terhindar dari segala bahaya ataupun kerugian yang disebabkan dari kelalaian diri sendiri.

Solusi Headlamp Kemasukan Air

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, air yang masuk ke headlamp membutuhkan waktu sampai berhari-hari agar bisa hilang dengan sendirinya. Itu pun disertai rasa was-was karena bisa korsleting kapan saja.

Oleh karena itu, anda harus melakukan penanganan agar air bisa langsung hilang. Mengenai bagaimana langkah penanganannya, anda simak saja ulasan berikut.

Copot Aki

Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam menangani permasalahan headlamp kemasukan air yaitu mencopot aki. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Dengan mencopot aki, maka resiko korsleting bisa dicegah dengan baik. Headlamp pun tak akan rusak apabila tak terjadi korsleting.

Bongkar Body

Setelah aki berhasil dicopot, anda bisa langsung membongkar body headlamp. Hal ini perlu dilakukan untuk mengeluarkan air yang terjebak di dalamnya.

Pastikan air dikeluarkan semua sampai tak ada yang tersisa. Jika muncul embun, pastikan anda juga mengelapnya hingga kering dengan kain lap yang lembut.

Pembongkaran headlamp ini sendiri perlu dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari mika reflektor sampai dengan papan mainboard. Bukan hanya mengeluarkan air di dalamnya, akan tetapi bersihkan juga lumpurnya.

Pelumasan Contact Cleaner

Langkah penanganan permasalahan headlamp kemasukan air selanjutnya yaitu lumasi area kabelnya dengan contact cleaner. Bersihkan juga area soketnya. Langkah ini tak boleh anda lewatkan.

Pasalnya, air bisa menyebabkan korosi pada soket apabila tak dibersihkan secara tuntas. Saat membersihkannya pun, pastikan anda melakukannya secara teliti agar tak ada bagian yang terlewat.

Perakitan Kembali

Jika semuanya sudah beres, maka anda bisa merakit lampunya kembali. Namun, anda juga harus memastikan bahwa semua komponennya sudah kering.

Dalam perakitannya, anda bisa memanfaatkan sealant atau perekat tambahan untuk dioleskan di sekitar headlamp. Dengan menggunakan sealant, maka lampu bisa merekat dengan sempurna.

Berita Terkait: Starter Sepeda Motor Nggak Nyala, Coba Cek Bagian Ini

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar air bisa masuk karena tingkat kerapatan headlamp yang rendah. Penggunaan sealant pun bisa memastikan bahwa headlamp benar-benar rapat.

Setelah mengembalikannya ke posisi semula, anda bisa coba menyalakan lampu. Pastinya headlamp anda akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara mengatasi permasalahan lampu utama yang kemasukan air memang tak sesulit yang anda bayangkan. Anda bisa mengatasinya sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel.

Anda pun bisa lebih hemat pengeluaran. Maka dari itu, jangan ragu untuk mencermati sekaligus mempraktekkan penanganan headlamp kemasukan air di atas. (R10/HR-Online)

Loading...