Leica M10 Monochrom 2020 Dirancang dengan Sensor Hitam Putih

Leica M10 Monochrom 2020
Leica M10 Monochrom 2020. Foto: Ist/Net

Leica M10 Monochrom 2020 adalah kamera yang mempunyai sensor unik. Dirancang khusus untuk para pecinta fotografi hitam putih.

Pada seri sebelumnya, Leica mempunyai kamera dengan sensor CCD 18 MP. Kamera tersebut adalah Leica M Typ 240.

Namun kini telah disempurnakan dengan Typ 246 dengan sensor CMOS 24 MP tanpa filter AA. Hasilnya pun lebih maksimal dan tajam.

Sensor tidak menangkap warna, foto yang dihasilkan hanya hitam putih saja. Sama dengan kamera pada generasi sebelumnya.

Pesona Filter Hitam Putih Kamera Leica M10 Monochrom 2020

Kamera Leica merupakan salah satu kamera digital yang kontroversial. Masalahnya kamera ini tidak dapat memotret foto berwarna.

Body kamera ini mempunyai bentuk yang ramping dan konektivitas nirkabel. Kamera hitam putih dibekali dengan sensor 40 MP.

Sensor CMOS yang disematkan menghasilkan fitur baru. Sebut saja Live View dan merekam video dengan kemampuan seperti Full HD.

Tingkat ISOnya naik menjadi ISO 320-25000. Pada kamera versi sebelumnya hanya sampai ISO 1000.

Peningkatan Leica M10 Monochrom 2020 juga terdapat pada kecepatan proses data dan penampungan sementara menjadi 2 GB.

Leica berpendapat jika Monochrom akan menghasilkan gambar hitam putih yang lebih bagus. Karena telah dikonversi dari kamera warna dengan jangkauan yang lebih dinamis, lebih detail dan tampilan unik.

Kamera lain tidak akan bisa mereplika kamera ini. Selain itu, perusahaan juga telah memenangkan setidaknya tiga generasi dari garis Monochrom daru fotografer.

Dua kamera Monocrom pertama telah dimodifikasi. Monochrom yang baru menggunakan sensor unik yang dirancang secara khusus untuk fotografi hitam putih.

Pada chip full framenya baru, yakni 40 MP dan mempunyai resolusi tertinggi dari setiap kamera M. Hal ini berbeda dengan sensor warna 47 MP dari kamera Leica Q2 dan SL2.

Rentangnya lebih besar, baik dari ujung rendah maupun tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Rentang sensitivitasnya berupa ISO 160 hingga 100.000.

Layar Leica M10 Monochrom 2020

Layar LCD pada Leica telah ditingkatkan kualitasnya jadi 3 inci 921.000 titik. Selain itu, juga dilapisi Sapphire Crystal Screen anti gores.

Body yang tipis dari generasi sebelumnya menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu, juga memakai lapisan cat matte.

Fitur lainnya adalah konektivitas WiFi bawaan, layar sentuh, shutter M 10-p yang lebih halus dan tidak ada fitur video apapun.

Fitur video dihapuskan karena banyak pelanggan yang tidak menggunakannya. Fitur Leica M10 Monochrom 2020 tersebut akan ditambahkan pada kamera generasi terakhir.

Bagian depan kamera dihilangkan pada titik merah Leica klasik dan detail yang disorot menggunakan cat merah. Seperti pengaturan kecepatan rana otomatis dan pengaturan ISO otomatis.

Kamera ini juga mempunyai tombol yang dihitamkan dan tombol pelepas lensa. Fungsinya adalah untuk menjaga estetika hitam putih.

Hanya Leica yang sampai saat ini berani memproduksi kamera digital dengan sensor Black and White. Dengan kamera ini, fotografer dapat memakai berbagai filter.

Misalnya saja, saat mengubah tonalitas foto seperti ketika mengenakan kamera film pada masa lampau. Tonal hitam putih berbeda-beda dan rata-rata filter warna yang dihasilkan akan mengurangi exposure sekitar 1 sampai 3 stop.

Filter Leica M10 Monochrom

Leica M10 Monochrom 2020 dibekali dengan beberapa filter. Filter Kuning berguna untuk menggelapkan warna langit biru.

Dengan demikian, detail awan akan lebih jelas. Filter ini juga membuat gambar semakin jelas meskipun cuaca sedang berkabut.

Bagi para fotografer landscape, filter Kuning menjadi favorit karena menghasilkan gambar yang alami.

Filter Merah pada Leica M10 Monochrom 2020 akan memberikan efek yang dramatis. Warna merah akan menjadi putih, sementara biru langit menjadi hitam.

Sebagai contoh apabila anda memotret bunga mawar, maka bunga mawar merah akan menjadi putih dan daunnya yang hijau jadi lebih gelap.

Sementara pada Filter Orange, kinerjanya hampir sama dengan filter merah. Hanya saja akan memberikan efek yang tidak sedramatis pada filter Merah.

Filter Biru akan lebih menerangkan warna biru. Namun warna seperti kuning, orange dan merah akan lebih gelap.

Mood foto akan lebih dalam dari efek kabut yang ada. Filter ini juga dapat dipakai untuk mengkoreksi warna dari sumber cahaya lampu yang sangat mencolok seperti kuning dan orange.

Leica M10 Monochrom 2020 yang mempunyai kemampuan dan fitur yang lebih, membuat harganya lebih mahal. Saat ini Leica membanderol dengan harga 8.295 US Dollar atau sekitar 113 juta rupiah. (R10/HR-Online)

Loading...