Lenovo Ideapad C340 2-in-1 Laptop Ditenagai AMD Ryzen, Begini Spesifikasinya

Lenovo Ideapad C340 2-in-1
Laptop Lenovo Ideapad C340 2-in-1. Foto: Istimewa

Lenovo Ideapad C340 2-in-1 merupakan laptop yang mempunyai engsel 360 derajat. Layar dapat dilipat penuh ke belakang. Dengan demikian, dapat difungsikan sebagai tablet maupun notebook.

Lenovo pada akhir 2019 telah memperbarui laptopnya di seri Ideapad. Sebelumnya, Ideapad C340 menggunakan chip dari Intel, namun kini pilihan diperluas dengan chipset AMD Ryzen.

Spesifikasi Lenovo Ideapad C340 2-in-1

Lenovo Ideapad C340 hadir dalam dua varian. Pertama, model 14 inci dan yang kedua adalah mode 15,6 inci.

Jika menginginkan real estate layar ekstra, maka model khusus Intel 15,6 inci dapat anda jadikan pilihan. Aplikasi yang ditampilkan akan lebih besar, baterai lebih besar dan saat dibawa bepergian daya tahannya lumayan lama.

Anda juga dapat memilih CPU Intel 10th gen untuk menunjang produktivitas. Sementara pada Intel 14 inci hanya mempunyai prosesor generasi ke-8.

Baca juga: Lenovo Thinkpad X1 Fold, Laptop Layar Lipat Pertama di Dunia

Namun, chipnya sangat kuat dengan dukungan AMD 14 inci yang dilengkapi Ryzen 3 3200U terbaru dengan konfigurasi 2-Core/4-Thread.

Selain itu, pada Lenovo Ideapad C340 2-in-1 juga ditanamkan GPU Radeon Vega 3 Graphics atau unit pengolah grafis.

Laptop yang ditawarkan dengan harga 8 jutaan ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut:

Desain

Desain Lenovo ini sangat menarik dan cantik sekali. Konsep two in one tipis dan elegan, cocok untuk pasar yang akan dituju yaitu para pekerja dengan mobilitas tinggi.

Meskipun mempunyai desain ultrathin, namun laptop ini sangat kokoh. Dibalut dengan material metal pada hampir seluruh body.

TCL

Balutan tersebut membuat laptop stylish dan kuat. Tidak hanya bagian luar, pada bagian dalam pun dibalut dengan metal.

Finishing doff tetap membuat laptop terlihat elegan. Laptop akan tampak berkilau bila dilihat dari sudut-sudut tertentu karena seperti bertaburan glitter pada material catnya.

Bobotnya 1,6 kg dengan dimensi 328 x 229 x 17,9 mm. Tidak terlalu berat dan bisa dibawa bepergian dengan praktis.

Baca juga: Lenovo Yoga 5G dengan Qualcomm Snapdragon 8cx

Lenovo Ideapad C340 2-in-1 menggunakan konsep layar bezeless dengan warna kaca tepian hitam yang lebih gelap. Pada bagian tepi kiri dan kanan disematkan bezel tersebut.

Sementara di atas dan bawahnya menyisakan area lega untuk memperbesar layar. Pada keyboard tidak mempunyai numerik pad dikarenakan didesain lebih ringkas.

Lampu keyboard berwarna putih dengan LED backlight. Adanya lampu tersebut akan membuat para pengguna tidak perlu khawatir soal pandangan mata ke arah keyboard.

Lampu keyboard dapat dinyalakan sesuai dengan kebutuhan saja sehingga akan lebih menghemat daya.

Layar touch screen dapat disentuh dengan menggunakan jari atau pena stylus bawaan. Sementara pada koneksi Lenovo Ideapad C340 2-in-1 terdapat 2 USB 3.1, 1 Port USB Type-C, Card Reader, HDMI, Audio Jack serta port daya DC.

Pada area trackpad diletakkan agak ke kiri, tidak pas di tengah. Material lebih nyaman dan mempunyai respon gerak yang baik.

Performa

Prosesor yang dibenamkan adalah AMD Ryzen yang dilengkapi dengan RAM 8 GB DDR4-2400. Selain itu, juga telah dikonfigurasi dengan dual channel yang membuat performa perangkat lebih optimal.

Pada Storage SSDnya mempunyai kapasitas 256 GB. Laptop ini sangat cocok bila digunakan oleh para kreatif yang memerlukan aneka software editting, baik tingkat dasar maupun menengah.

Multimedia

Layar 14 inci pada Lenovo Ideapad C340 2-in-1 ini didukung dengan material IPS dengan diagonal FHD 1920 x 1080 piksel. Kecerahan layar maksimum hingga 250 nits.

Untuk kebutuhan foto dan video conference, telah tersedia webcam pada bagian atas layar. Sementara audionya menggunakan dual audio dari Dolby Audio.

Baca juga: Lenovo ThinkBook 14 Harga Rp 7 Jutaan Pas Buat Gen Z Indonesia

Speaker ditempatkan pada bagian bawah dalam mode penggunaan nontablet. Tersedia Equalizer Dolby yang dapat digunakan untuk menyetting output bass, vokal dan treble.

Gaming

Game dengan spesifikasi yang tinggi dapat anda jalankan dengan laptop ini. Akan tetapi, anda akan bermain dengan pengaturan grafis yang rendah.

Graphics yang dihasilkan hanya 1.293 saat diuji dengan aplikasi 3D Mark Fire Strike. Detail graphic tes pertama 6,78 FPS dan tes kedua 5,98 FPS.

Sementara pada game yang lebih ringan direfleksikan pada 3D Mark Night Raid, dengan detail graphics yang pertama 21,86 FPS dan tes kedua 20,10 FPS. Untuk game kelas menengah cukup berjalan dengan baik.

Cobalah Lenovo Ideapad C340 2-in-1 untuk meningkatkan kinerja dan memperlancar multitasking anda. Laptop ini sangat bermanfaat untuk komputasi sehari-hari dengan berbagai mode, seperti mode Tent, mode Stand atau mode Tablet. (R10/HR-Online)

Loading...