Lenovo Thinkpad X1 Fold, Laptop Layar Lipat Pertama di Dunia

Lenovo Thinkpad X1 Fold
Laptop Lenovo Thinkpad X1 Fold. Foto: Istimewa

Lenovo Thinkpad X1 Fold merupakan laptop layar lipat atau folding laptop pertama yang ada di dunia. Tidak hanya smartphone saja, perangkat laptop kini juga dibekali dengan teknologi layar yang dapat dilipat.

Pihak Lenovo memperkenalkan seri laptop ini dalam pameran Consumer Electronics Show atau CES 2020.

Lenovo Thinkpad X1 Fold, Laptop Layar Lipat Pertama di Dunia

Dalam pameran CES 2020 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat bulan Januari ini, mengenalkan Thinkpad X1 Fold sebagai laptop yang menggunakan layar lipat pertama kali di dunia.

Lenovo telah mengikuti konsep laptop dengan menggunakan layar lipat yang sebelumnya dikenalkan oleh Samsung Galaxy Fold.

Perbedaannya Lenovo mengaplikasikannya dalam perangkat laptop. Berbeda halnya dengan arsitektur pada smartphone. Terdapat tiga model penggunaan pada Thinkpad X1 Fold. Pertama bisa dipakai sebagai tablet.

Berita Terkait: Lenovo Yoga 5G dengan Qualcomm Snapdragon 8cx

Ukurannya 13,3 inci dengan desain keyboard Bluetooth yang sepenuhnya terbuka. Kedua, dapat dipakai setengah terbuka seperti laptop yang memiliki keyboard virtual.

Terakhir, digunakan setengah dilipat. Kondisi keyboard fisiknya dapat disembunyikan setengah dari layar.

Perhatian utama ditujukan pada ketahanan layar. Komponen telah diuji ketahanannya bersama dengan mitra yang memasoknya, yakni LG. Laptop Lenovo Thinkpad X1 Fold telah lulus uji tes seperti laptop Thinkpad lainnya.

Layar berukuran 13,3 inci fleksibel QXGA OLED dengan resolusi 2048 x 1536, 300 nit dan DCI-P3 95% sentuh.

Sementara untuk memori hingga 1TB PCIe-NVMe M.2 2242 SSD. Kelengkapan port terdapat 1 buah port USB Type-C Gen 1 yang ditambah DisplayPort, 1 buah port USB Type C Gen 2, dan 1 buah SIM Card.

Pada koneksinya ada WLAN 802.11 AX, LTE CAT 20 dan Bluetooth 5.0. Dimensi laptop ini dapat dibuka 299,4 x 236,0 x 7,8 mm tanpa penutup. Kemudian 11,5 mm dengan penutupnya.

Layar dapat dilipat 158.2 x 236.0 x 27.8 mm dengan penutup. Bobot hanya 999 gram, terbilang sangat ringan dan mudah untuk dibawa kemana-mana serta tidak membutuhkan tempat yang luas.

Konsep layar yang sedemikian rupa akan menjadikan laptop ini lebih unggul dari yang lain. Para pengguna akan lebih mudah saat menggunakan sesuai dengan kebutuhan.

Desain Lenovo Thinkpad X1 Fold

Laptop ini dapat dilipat secara alami dan dengan sendirinya. Sehingga akan lebih praktis bagi para pengguna.

X1 Fold mempunyai bezel yang lebih lebar. Penggunaan engsel torsi tunggal yang agak menonjol pada dua sisi di bagian tengah perangkat dipakai sebagai jaringan ikat yang kondusif untuk membengkokkan.

Lenovo Thinkpad X1 Fold masih dalam fase prototipe, terdapat lingkaran yang bisa digunakan untuk memasukkan stylus.

Berita Terkait: Lenovo ThinkBook 14 Harga Rp 7 Jutaan Pas Buat Gen Z Indonesia

Tampilan belakang laptop ditutup dengan sampul kulit yang hampir mirip dengan folio atau buku. Saat anda menggunakan laptop dan melepasnya, cashing akan bergerak sehingga akan memudahkan saat membukanya.

Estetika sebuah laptop sangat penting, apalagi jika harganya terbilang sangat tinggi. Layar tidak hanya bisa digunakan dengan dukungan pena, akan tetapi multitouch. Namun dalam CES 2020, desain pena belum selesai.

Performa Lenovo Thinkpad X1 Fold

Thinkpad 1 Fold telah ditempatkan Lenovo untuk para eksekutif dan profesional. Laptop ini akan bekerja dengan baik dan handal.

Secara pasti kinerja Thinkpad X1 Fold belum diungkap. Kekuatan baterai sebesar 5 Whr diklaim mempunyai daya tahan hingga 11 jam.

Kemungkinan laptop Lenovo ini akan dilengkapi dengan Lakefield yang pertama kali beredar di pasar. Prosesor Intel Lakefiel ini merupakan kandidat yang sempurna untuk laptop lipat yang kekinian.

Berita Terkait: Lenovo Z6 Segera Hadir, Ini Bocoran Spesifikasinya

Dengan demikian, komputer faktor bentuk kecil yang hampir sama dengan silikon telepon pada seluruh sistem pada chip atau SOC. Jadi, Lenovo Thinkpad X1 Fold ini akan menjadi satu-satunya laptop yang dilengkapi dengan Lakefield.

Spesifikasi yang handal dalam perangkat ini akan membuat kinerja semakin cepat. RAM sebesar 16 GB dan SSD yang cepat merupakan dukungan yang terbaik.

Harga yang ditawarkan mungkin akan mengurungkan banyak orang untuk terjun ke teknologi  lebih canggih.

Mungkin hanya para eksekutif dan penggemar teknologi dengan kantong lebih yang akan mencoba platform ini. Tawaran harga yang diberikan memang terbilang cukup tinggi.

Pada pertengahan tahun 2020, laptop ini akan mulai dirilis oleh Lenovo. Lenovo Thinkpad X1 FoldĀ  akan dijual dengan harga mulai 2.499 Dollar AS atau sekitar 34,7 juta rupiah. (R10/HR-Online)

Loading...