Lenovo ThinkPad X395, Laptop Bisnis Praktis dan Minimalis

Lenovo ThinkPad X395
Lenovo ThinkPad X395. Foto: Net/Ist

Lenovo ThinkPad X395 dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis. Sehingga mempunyai body yang minimalis serta daya tahan baterai yang lama.

Pengguna akan dimudahkan saat membawanya. Laptop dimasukkan ke dalam tas akan lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat karena bodynya yang ramping.

Daya tahan baterai yang lama akan memberikan keuntungan bagi para pengguna karena tidak harus sering melakukan isi ulang. Performa laptop ini juga sangat handal, cocok bagi anda para pebisnis.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X395

Peningkatan pada chipset AMD Radeon Vega 10 terintegrasi dan prosesor AMD Ryzen, membuat sistem pada laptop ini siap untuk bisnis.

Tampilan dapat disesuaikan dengan adanya engsel 180 derajat. Berikut spesifikasi Lenovo ThinkPad X395 secara lengkap.

Desain Minimalis

Laptop yang hadir dengan seri ThinkPad ini didesain secara minimalis. Lebih gagah lagi dengan desain warna hitam.

Ukuran laptop 312 x 217,2 x 17,8 mm dan bobotnya 1,28 kg. Layar mempunyai ukuran 13,3 inci membuatnya lebih praktis saat dibawa bepergian.

Meskipun pada tepi bezel sisi kanan dan kiri agak tipis, namun pada sisi atas dan bawah cukup tebal. Bezel yang lebar pada bagian atas dirancang khusus untuk menempatkan komponen seperti penutup keamanan kamera, kamera dan mikrofon.

Penutup Lenovo ThinkPad X395 yang tebal sangat kuat untuk perlindungan laptop. Kemiringan layar hingga 180 derajat dengan dukungan engsel yang kokoh.

Engsel tersebut memungkinkan untuk mengakses internet dalam beberapa mode. Pada bagian kiri laptop terdapat beberapa port untuk USB-C atau transfer data dan sambungan ke monitor.

Ada juga USB-C untuk pengisian daya baterai, USB 3.1, HDMI, Native Ethernet Port serta jack mikrofon atau headphone. Sementara pada bagian kanan hanya terdapat satu port yaitu USB 3.1.

Software

Lenovo ThinkPad X395menghadirkan aplikasi Lenovo Vantage yang akan memudahkan saat melakukan pengaturan pada laptop. Terdapat System Update, Hardware Settings dan Hardware Scan dalam aplikasi ini.

Laptop ini juga mempunyai sub kategori Power pada pilihan Hardware Settings. Fungsinya adalah untuk mengetahui status baterai dan hemat daya serta audio atau visual untuk settingan temperatur warna dan kecerahan layar.

Selain itu, juga terdapat Automatic Eye Care Mode yang akan mengaktifkan Eye Care sesuai dengan waktu matahari terbit dan terbenam serta berdasarkan lokasi secara otomatis.

Pada kamera juga dapat diatur kecerahan dan kontrasnya. Sementara pada audio telah didukung Dolby Audio dengan beberapa preset. Misalnya saja, Movie, Music, Gaming, Voipce dan Dynamic.

Namun, anda dapat menggunakan Application Based apabila menginginkan preset manual. Microfon dapat dioptimalisasi dengan Only My Voice, Normal, Multiple Voices serta Voice Recognition yang bermanfaat untuk melakukan panggilan video.

Mode Suppress Keyboard Noise juga dihadirkan untuk mengurangi suara bising keyboard supaya tidak ditangkap oleh microfon.

Daya Tahan Baterai

Saat anda pergi dengan membawa Lenovo ThinkPad X395, tidak perlu khawatir untuk mencari outlet listrik. Hal ini dikarenakan laptop mempunyai daya tahan baterai hingga 14,5 jam.

Dukungan teknologi Rapid Charge mampu memberikan kapasitas 80% dalam waktu satu jam saja. Dengan demikian, apabila anda melakukan pengisian 60 menit, maka baterai akan meningkat pemakaiannya lebih dari 11,5 jam.

Daya tahan baterai dipengaruhi oleh penggunaan, pengaturan dan faktor lainnya. Pengisian cepatnya akan memerlukan adaptor dengan daya 56W.

Prosesor AMD Ryzen Pro Gen 2 serta grafik Vega mampu meningkatkan frekuensi CPU dan kinerja GPU. Daya AMD tersebut akan meningkatkan kinerja audio dan penggunaan baterai sehingga akan berjalan lebih efisien.

AMD FreeSync pada layar lebih optimal, saat bermain game dan menonton video akan lebih menyenangkan. Telah lulus uji militer dari 200 pemeriksaan sehingga akan tahan terhadap debu.

Harga Lenovo ThinkPad X395

Laptop kelas premium yang dirancang khusus untuk para pebisnis ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Bagi anda yang akan mencari laptop ini harus merogoh kocek lebih dalam.

Lenovo membanderol harga 1.089 US Dollar atau sekitar 15,6 juta. Harga tersebut sudah sebanding dengan prosesor AMD Ryzen Pro 3000 yang dibenamkan pada Lenovo ThinkPad X395. Bodynya pun cukup minimalis, ringan, dan tangguh. (R10/HR-Online)