Lenovo Yoga 5G dengan Qualcomm Snapdragon 8cx

Lenovo Yoga 5G
Laptop Lenovo Yoga 5G. Foto: Istimewa

Lenovo Yoga 5G merupakan laptop konvertibel keluaran terbaru. Laptop Windows pertama ini diberdayakan menggunakan ARM 5G.

Mengusung prosesor Snapdragon 8cx Qualcomm yang diberi nama Project Limitless. Meskipun hampir terlihat seperti laptop kelas menengah yang lainnya, akan tetapi spesifikasi internal yang dimiliki lebih handal.

Kelebihan Lenovo Yoga 5G dengan Qualcomm Snapdragon 8cx

Agar bisa terhubung dengan jaringan internet, pada Lenovo Yoga 5G terdapat slot kartu SIM nano. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mendukung jaringan 5G milimeter-gelombang, sub-6GHz dan LTE.

 Berita Terkait: Lenovo ThinkBook 14 Harga Rp 7 Jutaan Pas Buat Gen Z Indonesia 

Pilihan lainnya adalah penggunaan e-SIM. Ditambahkan pula dengan webcam IR, sensor sidik jari serta stylus Lenovo Active Pen.

Lenovo mengklaim jika laptop ini merupakan laptop 5G pertama yang dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon. Chip Qualcom ini akan memberikan pengalaman yang memuaskan saat berselancar di dunia maya.

Lenovo berpendapat bahwa, file yang besar tidak akan menjadi masalah saat anda akan mengunduhnya. Karena kecepatan unduh dari Lenovo Yoga 5G dapat mencapai 4 GB tiap detiknya. Lebih menariknya lagi, Lenovo ini juga dibekali dengan GPU Andreno 680 dan speaker Dolby Altmos.

Berita Terkait: Penting! Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Meskipin demikian, Yoga 5G tetap pada fungsi utamanya sebagai tablet, yaitu portable. Bodynya sangat ringan dan ramping sehingga memudahkan saat akan dibawa kemana-mana. Selain itu, juga tidak memerlukan tempat yang luas.

Lenovo Yoga 5G untuk Pengguna Bermobilitas Tinggi

Bagi anda yang mempunyai mobilitas tinggi, Lenovo Yoga 5G sangat cocok untuk digunakan. Selain mempunyai daya tahan baterai yang lama, laptop ini mempunyai desain dan body yang tipis dan ringan.

Bobotnya kurang lebih 1,3 kilogram. Performa semakin menarik dengan penggunaan layar sentuh IPS 14 inci yang beresolusi Full HD.

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar tersebut diklaim akan tampak nyata. Karena, sistem kecerahan layar hampir 400 knits.

Lenovo Yoga 5G memiliki layar yang unik, dapat dilipat hingga 360 derajat. Dengan demikian akan berubah menjadi tablet. Terdapat banyak posisi untuk melipat sehingga akan memudahkan pengguna untuk memakainya sesuai dengan kebutuhan.

Lenovo juga tidak kalah pintar untuk mendistribusikan antena radio. Jadi, dalam mode apapun internet pada laptop masih dapat berfungsi.

Akan tetapi, kecepatan internet sangat bergantung pada kecepatan jaringan 5G. Tentu saja setiap wilayah pengguna mempunyai kecepatan yang berbeda-beda.

Berita Terkait: Laptop Cepat Panas, Gunakan Aplikasi ini!

Lenovo Yoga 5G mempunyai dimensi 12.7 x 8.5 x 0.6 inci, sehingga membuat tampilan semakin ringkas. Disamping prosesor dan modem yang handal, spesifikasi lain yang menarik adalah bekal RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB atau 512 GB.

Selain itu, juga terdapat dua port USB-C, jack headphone dan slot Nano SIM yang mendukung 5G. Mengingat relatif kurangnya laptop ARM yang ada di pasaran, maka masih begitu sulit untuk dapat mengetahui apakah teknologi tersebut sudah ada.

Lenovo belum mengumumkan operator manakah yang akan mendukung Yoga 5G. Selain itu, banyak teknologi generasi selanjutnya yang secara keseluruhan belum teruji dan dicoba ke dalam satu perangkat.

Lenovo Yoga 5G kemungkinan akan hadir di kuartal pertama tahun 2020. Harga dari laptop tersebut akan dibanderol dengan harga sekitar 1.499 dollar AS atau sekitar 20 juta.

Akan tetapi, belum dapat dipastikan kapan Yoga 5G akan dihadirkan di Indonesia. Negara yang sudah pasti masuk dalam daftar adalah Amerika.

Daya Tahan Baterai 24 Jam

Lenovo yang sama dengan Qualcomm melalui Limitless, telah dirancang khusus dengan konsep mengedepankan daya tahan baterai. Daya tahan baterai yang cukup lama akan mampu terhubung ke jaringan internet seharian.

 Berita Terkait: Laptop Mini Terbaik 2019 yang Layak Dibeli, Ini Daftarnya 

Lenovo menjanjikan daya tahan baterai dapat bertahan hingga 24 jam. Selain itu, pengisian dayanya pun terbilang cepat.

Jadi bagi anda yang mempunyai mobilitas tinggi, daya tahan baterai pada Lenovo Yoga 5G dapat diandalkan. Dalam waktu seharian dapat menyalakan laptop tanpa harus ribet sambil mengisi daya.  Sehingga lebih praktis apabila akan digunakan di luar ruangan. (R10/HR-Online)

Loading...