Longsor Terjang 4 Rumah di Desa Maparah Ciamis

Longsor Terjang 4 Rumah di Desa Maparah Ciamis
Warga bersama relawan Tagana Ciamis, membantu evakuasi material longsor yang menimpa empat rumah warga di Dusun Sukajaya, RT 35 RT 14, Desa Maparah, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Sabtu (25/1/2020). Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakya.com).- Sebanyak 4 rumah di Dusun Sukajaya, RT 35 RT 14, Desa Maparah, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tertimbun longsor Jumat (24/1/2020), sekitar pukul 17.00 WIB.

“Musibah longsor ini terjadi akibat hujan deras yang terus terjadi di wilayah Panjalu dan sekitarnya,” ujar Ketua FK Tagana Ciamis, Ade Waluya, Sabtu (25/1/2020).

Kata dia, rumah yang terdampak longsor yakni milik Juju, Acih, Darus dan Anah. Material tanah longsor menimpa dinding rumah mereka. “Keempat rumah tersebut berada di bawah tebing yang longsor, sehingga memang paling terdampak,” katanya.

Pasca kejadian longsor, anggota keluarga dari empat KK tersebut langsung dievakuasi ke rumah tetangga terdekat, karena ditakutkan muncul longsor susulan. “Beruntung tidak ada korban luka atau jiwa dalam musibah longsor di Desa Maparah ini, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah,” ungkapnya.

Bencana longsor tersebut, selain menimpa 4 rumah warga, juga mengancam 5 rumah warga lainnya yang berada tak jauh dari lokasi bencana. Rumah yang terancam yakni milik Sapnah, Nanta, Jamal, Didi dan Atang.

“Para penghuni rumah baik yang terdampak maupun yang terancam longsor, kita imbau agar mengungsi dulu apabila terjadi hujan lebat dengan waktu yang lama, ditakutkan longsor susulan terjadi lagi,” kata Ade Waluya.

Saat ini warga setempat dan relawan Tagana Ciamis, sudah melakukan evakuasi material longsor yang menimpa 4 rumah warga di Desa Maparah tersebut. “Alhamdulillah berkat gotong-royong, material tanah yang menimpa rumah warga bisa disingkirkan,” jelasnya. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...