Jumat, Mei 20, 2022
BerandaArtikelLowongan Kerja PT KAI Lulusan SMA/SMK, Siapa Mau Kerja di Kereta Api?

Lowongan Kerja PT KAI Lulusan SMA/SMK, Siapa Mau Kerja di Kereta Api?

Lowongan kerja PT KAI (Kereta Api Indonesia) Persero memberi kesempatan bagi lulusan SMA dan SMK untuk mengisi formasi operasional pemeliharaan sarana prasarana.

PT KAI Persero membuka 8 lowongan kerja (loker), diantaranya untuk poisisi kondektur dan petugas pemeriksa jalur. Masih terbuka kesempatan bagi Anda untuk mendaftarkan diri, lantaran loker dibuka sampai 19 Januari 2020.

Lalu posisi apa saja yang dibutuhkan oleh PT KAI Persero dan syarat serta dokumen apa saja yang diperlukan? Dikutif HR Online dari situs resmi PT KAI, Jum’at (17/1/2020), berikut posisi, syarat, dan dokumen yang diperlukan untuk melamar kerja di Kereta Api.

Daftar Posisi Lowongan Kerja PT KAI Persero

Kondektur. Posisi ini dibuka untuk lulusan SMA/MA dari jurusan IPA maupun IPS. Sementara untuk SMK diutamakan lulusan jurusan Pariwisata.

Masinis. Poisisi ini diperuntukkan lulusan SMA/MA dari jurusan IPA. Jika Anda lulusan SMK/MAK maka yang diperlukan berasal dari jurusan listrik, mesin, dan otomotif.

Pekerja Operasi Prasarana. Untuk lulusan SMA/MA dari jurusan IPA maupun IPS. Untuk lulusan SMK/MAK berasal dari jurusan listrik, mesin, dan otomotif.

Petugas Negative Check Sintesis dan LAA. Untuk lulusan SMA/MA khusus jurusan IPA. Sementara untuk lulusan SMK/MAK berasal dari jurusan elektronika, telekomunikasi, tenaga listrik, dan mekatronika.

Petugas Pemeriksa Jalur. Lowongan kerja PT KAI Persero posisi petugas pemeriksa jalur ini dibuka khusus untuk lulusan MA/MA dari jurusan IPA. Untuk lulusan SMK/MAK berasal dari jurusan mesin, listrik, teknik sipil, dan teknik bangunan.

Operator KPJR dan Pelaksana UPT Mekanik JJ. Posisi ini khusus untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA dan lulusan SMK/MAK jurisan mesin, listrik, tenik sipil, dan teknik bangunan.

Pemeliharaan Sarana sebagai Teknisi Kereta API (TKA). Posisi ini hanya untuk lulusan SMK/MAK jurusan control jaringan, listrik, tenaga listrik, mesin, otomotif, dan elektronika.

Pemeliharaan Sarana sebagai Teknisi Depo dan Balai Yasa. Khusus untuk lulusan SMK/MAK jurusan kontrol jaringan, listrik , otomotif, mesin, tenaga listrik, dan elektronika.

Syarat Lowongan Kerja PT KAI Persero

Syarat mendaftar lowongan kerja PT KAI Persero sebagai berikut:

  1. WNI
  2. Lowongan terbuka untuk pria maupun wanita.
  3. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK dibuktikan dengan ijazah dengan nilai UN (Ujian Nasional) minimal rata-rata 7,0.
  4. Batas usia minimal 18 tahun per 1 Februari 2020, maksimal 25 tahun.
  5. Disyaratkan memiliki badan ideal, dengan tinggi badan minimal 165 cm untuk pria pada posisi kondektur, masinis, pekerja operasi sarana, operator KPJR, pelaksana UPT Mekanik JJ dan Teknisi Kereta Api.
  6. Tinggi badan untuk pria formasi lainnya minimal 160 cm. Juga disyaratkan memiliki berat badan ideal.
  7. Untuk formasi masinis bagi wanita tinggi minimal 160 cm didukung berat badan yang ideal.

Selain persyaratan lowongan kerja PT KAI Persero di atas, pelamar juga harus berpenampilan menarik, tidak punya tato maupun tindikan, berkelakuan baik, tidak pernah terlibat narkoba maupun psikotropika.

Pelamar juga tidak pernah terlibat kejahatan yang membuatnya dihukum dengan putusan pengadilan yang incraht (punya kekuatan hukum tetap).

Selain tidak pernah dihukum penjara, pelamar juga tidak pernah diberhentikan karena masalah disiplin di institusi lainnya.

Dokumen yang Harus Disiapkan Pelamar

Untuk mendaftar lowongan kerja PT KAI Persero, berikut dokumen yang harus disiapkan oleh pelamar:

Ijazah SMA/MA/SMK/MAK asli atau fotocopy tapi sudah dilegalisir, SKHUN atau Nilai Ujian Nasional asli atau bisa juga fotocopy legalisir.

Siapkan juga KTP atau Suket yang masih berlaku dan pas foto paling baru dengan latar belakang biru dan memakai kemeja putih.

Lokasi Seleksi Rekrutmen PT KAI

Setelah mendaftar lowongan kerja PT KAI, Anda akan melewati seleksi yang diselenggarakan PT KAI. Di situs resminya, PT KAI merilis daftar lokasi seleksi di sejumlah daerah.

Para pelamar yang telah mendaftar akan di seleksi di Daop (Daerah Operasi) 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 4 Semarang, Daop 6 Yogyakarta, Daop 8 Surabaya, Divre (Divisi Regional) I Sumatera Utara, Divre III Palembang, dan Divre IV Tanjungkarang.

Jadi bagi Anda yang berasal dari luar Jawa, jangan khawatir, lantaran seleksi tidak hanya digelar di kota-kota di Pulau Jawa saja.

Baca Juga: Cara Daftar Lowongan PT KAI Bagi Lulusan SMA/SMK, Hanya Dilakukan Secara Online

Nah, jika Anda berminat mengisi lowongan kerja PT KAI Persero ini, atau Anda punya impian bekerja di Kereta Api, Anda bisa mengecek laman resmi PT KAI untuk informasi lebih lanjut. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -