Mahasiswa KKN UNPAD Pangandaran Baksos Cek Kesehatan Bagi 100 Warga Cintaratu

Kegiatan pemeriksaan kesehatan itu merupakan salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Keperawatan UNPAD PSDKU Pangandaran, yang berlangsung di Aula Desa Cintaratu, Rabu (29/01/2020).
Kegiatan pemeriksaan kesehatan itu merupakan salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Keperawatan UNPAD PSDKU Pangandaran, yang berlangsung di Aula Desa Cintaratu, Rabu (29/01/2020). Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Sebanyak 100 orang warga yang berada di Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan itu merupakan salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Keperawatan UNPAD PSDKU Pangandaran, yang berlangsung di Aula Desa Cintaratu, Rabu (29/01/2020).

Adanya pemeriksaan kesehatan tersebut disambut antusias masyarakat setempat, karena selama ini mereka harus pergi ke Puskesmas atau bidan untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Sekretaris Desa Cintaratu, Konda, mengatakan, dengan adanya program KKN mahasiswa UNPAD PSDKU di Pangandaran, dan atas Program Pengabdian Masyarakat sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan cek kesehatan gratis.

“Saya harap dengan adanya cek kesehatan ini tidak hanya di tahun sekarang, tapi bisa berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya. Karena saya ingin dengan adanya UNPAD yang kebetulan bertempat di Desa Cintaratu ini, dapat merambah ke desa terdekat dulu sebelum ke desa-desa lainnya,” kata Konda.

Sementara itu, Ketua KKN mahasiswa Keperawatan UNPAD PSDKU Kabupaten Pangandaran, Reza Alviani, mengatakan, 100 warga yang memeriksakan kesehatannya dalam kegiatan tersebut terdiri dari 50 orang lansia, dan 50 balita yang berasal dari berbagai dusun di Desa Cintaratu.

“Harapan dari kegiatan ini dapat merekatkan tali silaturahmi antara masyarakat dengan adanya UNPAD PSDKU di Pangandaran, juga masyarakat Desa Cintaratu dapat menyadari akan pentingnya kesehatan diri,” terangnya.

Terutama bagi para lansia yang memiliki penyakit supaya dapat mencegah kambuhnya penyakit yang diderita, seperti diabetes, hipertensi dan asam urat.

Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, lanjut Reza, terlebih dahulu memberikan penyuluhan mengenai hidup “CERDIK” (Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rutin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, Kelola stres) di masa tua.

Kemudian, dilanjutkan ke tahap pemereksaan kesehatan dengan melakukan pengecekan kadar gula darah dan asam urat pada lansia.

“Selain itu, pemeriksaan kesehatan gratis kepada balita juga dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan balita di Desa Cintaratu,” kata Reza. (Cenk/R3/HR-Online)