Makan Malam Sehat untuk Keluarga

Makan Malam Sehat untuk keluarga

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Makan malam sehat untuk keluarga. Tidak semua makanan mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Sebagian makanan justru menjadi sebuah pantangan, karena dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Selain sarapan, makan malam juga menjadi hal penting. Namun Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan apa yang cocok untuk menu makan malam. Berikut ini tipsnya;

Tips Makan Malam Sehat

Pilih Makanan Tinggi Protein

Alasan mengapa Anda perlu memilih menu makanan dengan tinggi protein adalah karena protein sangat bermanfaat bagi kesehatan otot dan tulang.

Makanan berprotein tinggi misalnya ikan, daging sapi, atau daging ayam. Selain itu makanan tersebut juga dapat memperbaiki keseimbangan hormon dan enzim dalam tubuh. Protein juga sangat baik bagi kesehatan kulit dan rambut.

Kesalahan yang paling umum adalah cara pengolahan daging. Biasanya daging diolah dengan cara digoreng. Padahal proses ini justru dapat menghasilkan lemak yang tinggi dan membuat makanan berubah menjadi tidak sehat.

Kandungan protein tidak hanya ada di dalam daging, Anda bisa juga mengkonsumsi makanan dari tumbuhan. Contohnya adalah edamame, tahu, dan tempe.

Konsumsi Sayuran

Tips makan malam sehat berikutnya adalah dengan menambahkan sayuran pada menu makan malam Anda.

Selain mengandung protein, sayuran juga mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan Anda.

Sayuran yang bisa Anda pilih diantaranya adalah brokoli, kubis brussel, bayam, atau asparagus. Ingat, jangan digoreng dan hindari menambahkan keju atau mayonaise.

Selain itu, Anda bisa mengganti nasi dengan kentang. Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga mampu mengenyangkan lebih lama.

Kentang juga mengandung kalium yang baik untuk mengontrol tekanan darah. Tidak hanya kentang, Anda juga bisa memilih lobak dan ubi jalar sebagai asupan karbohidrat Anda di malam hari.

Minum Air Putih

Tips makan malam sehat selanjutnya adalah mengonsumsi air putih. Setelah menyajikan hidangan makanan yang sehat, selanjutnya adalah melengkapinya dengan minuman yang sehat juga. Minuman yang sehat sekaligus murah yaitu air putih.

Selain menghilangkan dahaga, air putih juga berfungsi untuk menghidrasi seluruh organ tubuh. Sebaiknya Anda minum air putih sekitar 8 gelas perhari.

Jika Anda bosan dengan air putih, Anda bisa menggantinya dengan teh tanpa pemanis buatan atau gula pasir. Jika ingin manis, bisa ditambahkan dengan madu murni.

Madu juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun ingat, berlebihan minum air putih atau teh di malam hari dapat menyebabkan produksi air kencing menjadi lebih banyak.

Demikian tips makan malam sehat yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Setelah makan malam sehat, jangan buru-buru untuk tidur, tunggu minimal 2 jam agar makanan dapat terserap oleh tubuh. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...