Makanan Penambah Darah Ini Paling Ampuh Atasi Anemia

makanan penambah darah
Ilustrasi makanan penambah darah. Foto: Istimewa

Mengkonsumsi makanan penambah darah merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi anemia. Kandungan nutrisi dalam makanan sangat dibutuhkan untuk merangsang pembentukan sel darah dan penambah darah yang dibutuhkan tubuh.

Anemia atau kurang darah adalah kondisi saat jumlah sel darah merah yang sehat dalam tubuh di bawah normal. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kekurangan hemoglobin, protein dalam sel darah merah pembawa oksigen.

Kondisi semacam ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Baik karena tubuh kehilangan banyak darah, rendahnya produksi sel darah merah ataupun karena kekurangan kadar zat besi dalam tubuh.

Sedangkan zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan dalam memproduksi hemoglobin.

Oleh karena itu, ketika tubuh mengalami kekurangan zat besi, sel darah merah akan kekurangan hemoglobin.

Sehingga tubuh tidak memperolah oksigen yang cukup dan memicu timbulnya rasa lemas, lelah, maupun sesak nafas.

Daftar Makanan Penambah Darah Paling Ampuh

Untuk meredakan dan mengatasi anemia salah satunya dengan mengatur asupan agar asupan zat besi terpenuhi.

Selain itu, Anda juga bisa membantu melengkapi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi suplemen zat besi seperti SANGOBION Vita-Tonik.

Sangobion Vita Tonic
Presented by SANGOBION

SANGOBION Vita-Tonik diformulasikan dengan sediaan zat besi Ferrazone yang memiliki penyerapan baik di dalam tubuh, vitamin B kompleks, dan mineral lainnya.

Kandungan ini sangat penting untuk kesehatan darah, sehingga dengan mengonsumsi SANGOBION Vita-Tonik dua sendok makan per hari, dapat membantu membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda dan seluruh anggota keluarga serta mengurangi resiko anemia.

TCL

Berikut ini daftar makanan paling ampuh untuk menambah darah yang bisa Anda pilih untuk mengatasi anemia.

Tahu

Tahu yang dibuat dari kedelai juga kaya kalsium, magnesium dan tiamin yang dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin darah. Kandungan nutrisi dalam makanan ini juga sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Bayam

Sayuran bayam diketahui kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Sayuran ini pun kaya dengan vitamin C dan zat besi yang sangat baik sebagai makanan penambah darah dan meningkatkan hemoglobin.

Brokoli

Brokoli juga merupakan jenis sayuran penambah darah karena banyak mengandung vitamin C, zat besi dan mineral yang penting dalam pembentukan hemoglobin. Kandungan antioksidannya juga berguna untuk menangkal radikal bebas.

Biji Labu

Biji labu sering dimanfaatkan untuk dibuat menjadi kuaci. Bahan makanan penambah darah ini kaya zat besi, seng, mangan dan vitamin K yang dibutuhkan untuk produksi hemoglobin darah dan menyuplai oksigen darah.

Daging

Daging, khususnya daging merah seperti daging sapi sangat kaya dengan zat besi jenis heme yang sangat baik dalam pembentukan heboglobin. Masukkan menu makanan ini dalam diet Anda untuk mencegah dan mengatasi anemia.

Dark Cokelat

Coklat selain memberikan efek relaksasi juga mengandung banyak nutrisi. Terlebih jenis dark coklat yang kaya zat besi, magnesium, probiotik yang diketahui sebagai makanan penambah darah paling ampuh untuk mencegah anemia.

Buah Kurma

Buah yang populer saat bulan Ramadan ini memang kaya khasiat. Rasanya yang manis mencerminkan kandungan glukosa yang mampu mengembalikan energi tubuh. Buah ini kaya zat besi yang dibutuhkan untuk meningkatkan hemoglobin.

Buah Alpukat

Buah alpukat kaya serat dan lemak tak jenuh dan juga banyak mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin darah. Makanan penambah darah yang aman untuk lambung ini ampuh menurunkan kolesterol.

Buah Jeruk

Selain kaya dengan vitamin C, buah jeruk juga mengandung asal folat yang cukup tinggi. Kandungan ini penting untuk penyerapan zat besi dalam tubuh dan mendukung pembentukan sel darah merah baru untuk tubuh.

Buah Delima

Buah delima juga diketahui sebagai makanan penambah darah yang berkhasiat. Buah ini diketahui banyak mengandung zat besi, kalsium, vitamin C dan nutrisi lain yang penting untuk meningkatkan suplai oksigen dalam darah.

Buah Mangga

Buah mangga sangat populer dan disukai hampir semua orang. Buah dengan rasanya yang manis ini kaya dengan kandungan vitamin B,C, E, K dan juga zat besi. Nutrisi ini penting dalam proses pembentukan hemogobin darah.

Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu makanan penambah darah paling ampuh. Selain tinggi vtamin A dan C, buah ini juga kaya zat besi dan asam folat yang penting dalam pembentukan sel darah merah.

Buah Bit

Buah yang rasanya sedikit manis menyegarkan ini diketahui banyak mengandung zat besi, kalium dan asam folat yang sangat penting dalam proses pembentukan hemoglobin darah. Selain enak dimakan langsung juga bisa dibuat jus.

Itulah berbagai jenis makanan penambah darah paling ampuh yang sebaiknya Anda masukkan ke dalam menu diet Anda. Dengan mengkonsumsi makanan ini baik untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia. (R9/HR-Online)

Loading...