Makanan Penyebab Osteoporosis Perlu Anda Kenali dan Batasi Konsumsinya

makanan penyebab osteoporosis
Ilustrasi makanan penyebab osteoporosis. Foto: Istimewa

Menghindari makanan penyebab osteoporosis merupakan salah satu langkah bijak agar terhindar dari penyakit keropos tulang ini. Selain makanan, tentu saja ada banyak faktor penyebab osteoporosis yang juga wajib dikenali. Setelah tahu sebaiknya Anda bijak dalam memilih makanan atau setidaknya membatasi jumlah dan frekuensi konsumsinya.

Osteoporosis adalah jenis penyakit yang menyerang bagian tulang. Selain menimbulkan rasa nyeri yang sangat, penyakit ini juga bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah dan rapuh. Bahkan bisa menimbulkan kelumpuhan.

Osteoporosis ditandai adanya pengoroposan tulang akibat terganggunya proses regenerasi jaringan. Selain karena kekurangan asupan nutrisi yang mendukung penguatan tulang, kondisi ini juga bisa terjadi karena asupan makanan penyebab osteoporosis yang melemahkan tulang.

Meskipun umumnya tidak muncul gejala saat terjadinya pengeroposan tulang, namun biasanya osteoporsis ditandai dengan rasa nyeri di bagian punggung. Nyeri ini terasa saat membungkuk, mendapat tekanan atau mengangkat beban tertentu.

Menurut medis, umumnya seseorang mengalami massa tulang tertinggi setelah berusia 20 tahun. Dengan bertambahnya usia, maka masa dan kepadatan tulang akan berkurang.

Daftar Makanan Penyebab Osteoporosis

Menjaga asupan makanan merupakan salah satu langkah tepat menghindari risiko terkena oseoporosis. Ini dia daftar makanan penyebab osteoporosis yang sebaiknya Anda hindari dan jauhi.

Telur

Telur diketahui kaya protein dan vitamin yang sangat baik untuk kekebalan tubuh dan membangun energi. Telur juga kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun konsumsi berebihan ternyata bisa memicu osteopororsis.

Roti Gandum

Mengkonsumsi roti gandum terlalu banyak ternyata bisa menyebabkan kerapuhan tulang. Meskipun makanan ini baik untuk mencegah obesitas dan penyakit kardiovaskular, namun kandungan natrium yang relatif tinggi tidak baik untuk tulang.

Makanan Manis dan Instan

Anda juga perlu membatasi makanan manis ataupun makanan instan buatan pabrik. Asupan jenis ini termasuk makanan penyebab osteoporosis baik karena kandungan zat tambahannya maupun pemanis buatan yang dapat menghambat penyerapan kalsium.

Sereal

Sereal diketahui mengandung natrium. Konsumsi sereal secara berlebihan bisa membuat terjadinya penumpukan natrium dalam tubuh. Mineral yang berlebihan justru dapat membuang kalsium yang penting untuk tulang. Karena itu batasi konsumsi sereal.

TCL

Sebagai solusinya Anda bisa makan sereal sesuai kebutuhan saja. Sedangkan yang perlu diperbanyak adalah minum susu yang kaya kalsium dan baik untuk menjaga kekuatan tulang.

Sosis

Sosis juga termasuk makanan penyebab osteoporosis yang wajib diwaspadai. Makanan ini diketahui mengandung banyak natrium yang buruk untuk tulang. Kalau untuk menyedapkan sayur sup agar lebih gurih dan hanya sesekali saja mungkin tak masalah.

Hati

Hati juga kaya dengan protein dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Namun makan jeroan ini dalam jumlah banyak bisa memicu nyeri sendi dan peradangan pada tulang belakang. Karena batasi asupannya.

Fast Food atau Makanan Cepat Saji

Jika Anda ingin menjaga kesehatan tulang sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan cepat saji atau fast food. Selain banyak mengandung zat tambahan yang buruk untuk tubuh, makanan jenis ini juga kaya natrium yang bisa menyebabkan osteoporosis.

Daging Merah

Daging merah diketahui kaya protein yang baik untuk sumber energi tubuh. Namun buat Anda yang tak ingin terkena osteoporsis sebaiknya batasi jumlah konsumsinya. Ini juga termasuk makanan penyebab osteoporosis yang harus dibatasi.

Tape

Tape juga diketahui mengandung unsur alkohol dan senyawa kimia yang dapat memicu pengeroposan tulang. Apalagi jika Anda mengkonsumsi makanan ini dalam jumlah atau frekuensi yang sering bisa menumpuk dan menyebabkan osteoporosis.

Coklat

Makanan yang disukai banyak orang ini diketahui mengandung senyawa kimia yang bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat berakibat buruk pada tulang. Terlebih jenis coklat batangan yang banyak dijual sebaiknya dibatasi konsumsinya.

Itulah berbagai makanan penyebab osteoporosis yang sebaiknya diwaspadai dan dibatasi jumlah konsumsinya. Kesehatan tulang sangat penting dijaga karena berfungsi menyangga tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...