Makanan Penyebab Wasir ini Perlu Diwaspadai!

Makanan Penyebab Wasir ini Perlu Diwaspadai

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Makanan Penyebab Wasir ini Perlu Diwaspadai! Wasir merupakan salah penyakit yang banyak disepelekan. Padahal jika dibiarkan dapat membuat kondisi menjadi lebih fatal.

Anda dapat mencegah wasir dengan mengetahui makanan penyebab wasir yang harus dihindari. Apa saja makanan tersebut? berikut adalah ulasannya.

Makanan Penyebab Wasir

Gorengan dan Makanan Berlemak

Makanan berlemak memang menjadi salah satu penyebab wasir atau ambeien. Untuk mencerna makanan berlemak, tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan makanan jenis lainnya.

Sehingga, jika Anda mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebih, maka akan membuat proses pencernaan menjadi terhambat.

Apabila proses pencernaan terhambat dan lama, maka akan membuat kotoran tersebut semakin keras sehingga sulit dikeluarkan. Akibatnya dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati, sakit perut dan wasir.

Makanan berlemak yang harus dihindari antara lain jajanan gorengan, kentang goreng, chicken nugget hingga susu berlemak tinggi.

Makanan Pedas

Makanan penyebab wasir sealnjutya makanan pedas. Makanan pedas memang menjadi favorit banyak orang.

Apalagi makanan kekinian yang sedang hits dan banyak menawarkan menu pedas berlevel. Tampilannya juga sangat menggiurkan untuk dicicipi.

Namun dibalik rasanya yang nagih, makanan pedas dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah masalah pencernaan. Seperti diare dan wasir.

Maka dari itu, Anda dapat mengurangi konsumsi makanan pedas untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan tersebut.

Makanan dengan Kandungan Serat Rendah

Makanan penyebab wasir selanjutnya adalah makanan dengan kandungan serat yang rendah.

Mengkonsumsi makanan jenis ini mungkin tidak langsung menyebabkan wasir atau ambeien, namun bisa membuat masalah pencernaan semakin parah.

Apalagi jika Anda mengalami sembelit, maka akan memperbesar kemungkinan terjadinya wasir.

Contoh makanan rendah serat yang konsumsinya harus dikurangi antara lain nasi putih, margarin, mentega, wafel, permen, daging sapi, telur, daging ikan, pasta dan lain sebagainya.

Susu dan Keju

Makanan penyebab wasir selanjutnya adalah susu dan keju. Keju mungkin menjadi makanan favorit beberapa orang. Namun, ternyata keju termasuk dalam daftar makanan yang menyebabkan wasir.

Hal ini dikarenakan keju dapat membuat sistem pencernaan memproduksi gas, sehingga menimbulkan rasa sakit dan kram pada perut.

Selain itu, kandungan serat pada keju juga rendah. Untuk penderita wasir atau ambeien sebaiknya mengurangi konsumsi keju dan olahan susu lainnya

Apel Hijau dan Jeruk

Siapa sangka jika buah ini menjadi salah satu makanan yang menyebabkan wasir. Jeruk memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Namun buah berwarna orange ini juga memiliki rasa asam yang tinggi dan bisa meningkatkan asam lambung. Sehingga jeruk bukan buah yang tepat untuk dikonsumsi penderita ambeien atau wasir.

Selain jeruk buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita ambeien atau wasir adalah apel hijau.

Tidak jauh berbeda, kandungan asam dalam apel hijau juga sangat tinggi sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan.

Beberapa Makanan penyebab wasir diatas harus dihindari untuk mencegah terjadinya wasir. Tentu saja mencegah akan lebih baik dari pada mengobati. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...