Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh, Bisa Serap Racun Lho

Manfaat Arang Aktif
Manfaat arang aktif. Foto : istimewa

Manfaat arang aktif untuk kesehatan tubuh sepertinya belum banyak diketahui. Masyarakat hanya mengetahui arang aktif atau karbon aktif ini bermanfaat untuk menyaring atau memurnikan air agar jernih dan tidak bau.

Padahal, arang aktif ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan maupun perawatan tubuh. Diantaranya untuk perawatan yaitu pasta gigi, mengusir bau badan dan masih banyak lagi.

Sedangkan manfaat arang aktif untuk kesehatan tubuh, karbon aktif ini juga bisa bermanfaat sebagai penawar racun, mencegah penuaan dini, mengatasi diare dan sebagainya.

Arang aktif sendiri berasal dari bahan arang tulang, biji zaitun, dan tempurung kelapa  berwarna hitam yang dibubukkan menjadi halus.

Sementara untuk ‘mengaktifkan’ arang hitam ini dilalui berbagai proses, dan memakai suhu tinggi yang merubah struktur internal pada arangnya.

Masyarakat pada umumnya mungkin beranggapan bahwa arang aktif ini sama dengan arang biasa. Hal itu dikarenakan warna yang sama yaitu hitam, serta prosesnya juga melalui suhu tinggi.

Padahal, meski dalam proses atau cara pembuatannya tersebut tidak jauh berbeda, akan tetapi arang biasa ini di dalamnya terkandung racun yang berbahaya untuk tubuh.

Sedangkan karbon aktif sudah teruji melalui banyak penelitian. Sehingga tidak salah jika manfaat arang aktif ini bisa berguna untuk tubuh.

Arang atau karbon aktif yang dijual di toko atau apotek untuk perawatan dan kesehatan tubuh biasanya berbentuk serbuk atau pil.

Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan Tubuh

Penawaran Racun

Yang paling terkenal dari arang aktif yaitu bermanfaat untuk menyerap atau menawar racun. Ternyata kegunaan tersebut sudah diketahui dan terkenal semenjak tahun 1800-an.

Sehingga tidak heran jika hampir di setiap instalasi gawat darurat, biasanya disediakan arang aktif ini.

Arang aktif juga bisa bermanfaat menyerap racunnya adalah dengan mengikat zat kimia beracn seperti pestisida atau merkuri yang ada di dalam tubuh.

Hal itu disebabkan karena tekstur pada karbon arang aktif ini mempunyai muatan negatif. Jadi, sanggup mengikat molekul positif termasuknya gas dan racun.

Setelah dikonsumsi, kemudian diserap oleh tubuh dan masuk ke usus halus, yang akhirnya keluar melalui feses atau urine, sebab karbon aktif ini tak bisa dicerna oleh tubuh.

Meski manfaat arang aktif ini sangat baik sebagai penawar racun, namun tidak semua jenis racun bisa terikat atau oleh karbon aktif ini. Contohnya, keracunan sianida, alkohol, lithium, asam serta alkali.  

Mengatasi Diare

Manfaat arang aktif lainnya yaitu bisa menjadi rujukan untuk yang terkena diare. Karena, seperti diulas di atas bahwa karbon aktif ini dapat mengikat racun.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Medical Research and Opinion, bahwa karbon aktif ini bisa memerangi bakteri penyebab diare.

Meski manfaat arang aktif ini bisa menjadi solusi mentasi diare, namun cenderung memiliki efek samping ketimbang obat diare lainnya yang ada di apotek.

Bukan hanya itu, manfaat arang aktif ini juga bisa meredakan masuk angin serta perut kembung. Karbon aktif ini dapat mengikat zat penghasil gas berlebih di sistem pencernaan.

Arang aktif dalam bentuk pil juga dapat membersihkan sisa-sisa racun atau zat yang beresiko memicu reaksi alergi, serta membersihkan saluran pencernaan.

Sehingga dengan begitu dapat membantu mengurangi nyeri sendi, menignkatkan energi, dan menambah kesehatan mental.

Manfaat Arang Aktif Lainnya

Karbon aktif juga diklaim bisa digunakan untuk perawatan tubuh Anda, salah satunya adalah mengatasi jerawat.

Kemampuan karbon aktif baik dalam bentuk pembersih muka atau masker ini memiliki kemampuan menarik partikel sangat kecil, misalnya debu, racun, kotoran, serta bakteri ke permukaan kulit.

Setelah sampai ke permukaan kulit, maka debu dan lain sebagainya ketika dibasuh bisa menyingkirkannya dengan mudah, sehingga partikel yang kecil itu tidak lagi menyumbat pori-pori kulit.

Solusi Bau Badan

Manfaat arang aktif untuk perawatan anggota tubuh juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang bau badan. Itu dibuktikan dengan tidak sedikit deodoran yang di dalamnya terkandung activated charcoal.

Kandungan tersebut diklaim bisa menyerap bau badan yang tidak sedap. Selain itu, karbon aktif ini pula dipercaya bisa mengendalikan kelembapan pada anggota tubuh.

Meski manfaat arang aktif sangat baik untuk kesehatan dan perawatan tubuh yang mujarab, akan tetapi kemungkinan juga menimbulkan efek samping yang bisa saja terjadi.

Sebagai contoh adalah risiko terkena dehidrasi. Untuk itu, jika Anda memakai arang aktif baik jadi obat luar atau dalam, maka tidak boleh lupa untuk minum air putih yang banyak.

Selain itu, edek samping lainnya adalah mual serta muntah. Dan, berisiko sembelit serta feses yang dikeluarkan setelah mengkonsumsi karbon aktif ini akan berwarna hitam.

Saran lainnya, walaupun manfaat arang aktif ini luar biasa, namun saat mengkonsumsi obat dari dokter maka sebaiknya dihindari penggunaan arang aktif tersebut. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...