Manfaat Biji Selasih yang Berkhasiat Kontrol Gula Darah, Jantung Hingga Wajah Cantik

Manfaat biji selasih
Manfaat biji selasih dan tanamannya yang berkhasiat atasi berbagai keluhan kesehatan dan perawatan kecantikan kulit dan wajah. Foto: Istimewa

Manfaat biji selasih mungkin belum banyak diketahui orang. Selain untuk bahan minuman es, biji selasih tak sepopuler buah nangka atau rumput laut. Padahal buah ini bisa membuat es campur atau minuman olahan manis lainnya menjadi enak.

Selasih (Ocimum basilicum L. atau  Ocimum album L) dikenal dengan sejumlah nama yang berlainan di berbagai daerah. Ada yang menyebutnya telasih, selaseh, kukuru atau amping. Selasih masuk dalam keluarga tanaman Labiatae.

Biji selasih diketahui sangat kaya dengan kandungan nutrisi dan senyawa yang sangat penting untuk kesehatan. Diantaranya terdapat protein, zat besi, vitamin K dan serat. Biji selasih juga sangat kaya dengan senyawa kimia yang lengkap.

Manfaat biji selasih juga karena senyawa kimianya seperti polifenolik, planteose, phytochemical, vicentin, orientin dan beberapa jenis asam lemak (fatty acids) yaitu asam oleat, asam palmitat, asam linoleat dan asam stearat.

Dalam daun herbal ini juga terkandung minyak menguap seperti eucalyptole, ocimene, linalool, 1,8 cineole, alpa-pipene, limonene, geraniol, methylchavicol, alpha-cinere, methyl cinnamate, anethole, eugenole, eugenol methyl ether, 3-octanone, 3-hexen-1-ol dan furfural.

Dengan begitu, banyaknya senyawa dan nutrisi dalam herbal ini membuatnya sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit dan wajah. Utamanya sebagai analgetik (menghilangkan rasa sakit), diuretik (peluruh air seni) dan diaphoretic (peluruh keringat), 

Selain itu herbal ini juga bersifat absorpsi (merangsang penyerapan), membersihkan racun, menguatkan tulang dan gigi, melancarkan peredaran darah, mendinginkan tubuh, mencegah penyakit infeksi dan meningkatkan ketajaman mata.

Cek Harga Biji Selasih di Shopee dan Cek di Lazada

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sifat adem dalam biji selasih membuat campuran minuman es bukan hanya makin enak, namun juga menyegarkan dan membuat adem. Berikut ini berbagai manfaat biji selasih untuk kesehatan dan kecantikan yang cukup banyak.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan senyawa aktif dalam biji selasih sangat berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Selain akan meningkatkan kolesterol baik, herbal ini juga akan menyerap penumpukan lemak dan menyingkirkan kolesterol jahat.

Mengontrol Asam Lambung

Meskipun tidak begitu berbahaya, gangguan dan naiknya asam lambung bisa mengganggu kesehatan. Sifat adem dalam biji selasih sangat ampuh dalam meredakan dan mengontrol asam lambung.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat biji selasih ternyata juga ampuh dalam mengontrol sekaligus turunkan kadar gula darah. Bahkan biji buah ini mampu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga mampu memanfaatkan gula menjadi energi dan efeknya ampuh mengatasi diabetes.

Menangkal Inflamasi

Kandungan biji selasih juga bersifat anti inflamasi. Mengonsumsi herbal ini secara rutin berkhasiat dalam mengatasi inflamasi, menguatkan organ tubuh dan menjauhkan tubuh dai berbagai penyakit.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sifat antioksidan dari biji selasih membuatnya sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh dan melindunginya dari radikal bebas. Minum secara rutin biji enak ini sangat berguna untuk menjauhkan tubuh dari berbaai jenis penyakit.

Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Tulang

Manfaat biji selasih juga ampuh untuk menguatkan tulang dan gigi. Herbal ini kaya dengan mineral kalsium, zat besi dan magnesium yang juga berkhasiat mengatasi gangguan osteoporosis serta sakit gigi.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Biji selasih juga kaya dengan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Minum herbal ini secara rutin selalu terbukti ampuh dalam menangkal katarak, degenerasi makula dan gangguan mata lainnya.

Mendinginkan dan Meredakan Stres

Sifat dingin biji selasih sangat berguna dalam meredakan ketegangan tubuh. Biji selasih juga berguna untuk melancarkan pencernaan, mendinginkan perut dan menurunkan demam. Minum herbal ini berguna membuat tubuh lebih rileks dan tak lagi stres.

Kulit Cantik dan Awet Muda

Manfaat biji selasih untuk kecantikan cukup dikenal di kalangan kaum hawa. Kandungan mineral herbal ini efektif dalam merangsang pembentukan kolagen tubuh yang akan membuat kulit lebih kencang, lebih cerah dan awet muda.

Untuk Perawatan Rambut Sehat

Selain diminum, biji selasih juga bisa ditumbuk untuk dijadikan sebagai masker rambut. Kandungan mineral herbal ini diketahui ampuh dalam menyuburkan rambut dan membuat rambut lebih sehat dan lebih tebal.

Itulah berbagai manfaat biji selasih untuk kecantikan maupun kesehatan yang ampuh mengatai berbagai gangguan penyakit. Minum biji selasih secara rutin bukan saja menyegarkan dan menenangkan, namun juga membuat tubuh tidak mudah sakit. (R9/HR-Online)

Loading...