Manfaat Buah Anggur Merah untuk Menghaluskan Kulit Hingga Mencerdaskan Otak

manfaat buah anggur merah
Manfaat buah anggur merah. Foto: Istimewa

Di balik rasanya yang manis segar, manfaat buah anggur merah untuk kesehatan belum banyak diketahui masyarakat. Buah anggur merah lebih sering dimakan untuk cuci mulut atau suguhan dalam menjamu tamu istimewa. Padahal buah ini bisa dijadikan herbal alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Buah anggur merah termasuk jenis buah eksklusif karena harganya yang relatif mahal, meskipun disukai banyak orang dari berbagai usia. Buah anggur merah memang berbeda dengan jenis anggur hitam atau hijau.

Selain rasanya yang manis, buah ini juga kaya dengan kandungan nutrisnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi buah ini meliputi kandungan energi, protein, karbohidrat, lemak, serat pangan dan gula.

Manfaat buah anggur merah juga karena banyak mengandung tiamin (vit B1), riboflavin (vit B2), niasin (vit B3), asam pantotenat (vit B5), vitamin B6, asam folat (vit B9), vitamin C dan vitamin K.

Buah ini juga diketahui kaya dengan mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, natrium, mangan, fosfor dan zink. Selain kaya nutrisi, buah ini juga mengandung sejumlah fitonutrien yang baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Anggur Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan

Buah anggur selain enak dimakan langsung bisa juga dibuat jus, dibuat jelly atau untuk campuan es buah. Berikut ini beragam manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Mencegah dan Mengatasi Kanker

Buah anggur merah kaya dengan kandungan antioksidan, asam elagik, acutimissin, restavarol dan petrostilbene berkhasiat sebagai anti kanker. Buah ini bukan hanya mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker, namun juga mengobati kanker.

Sumber Energi Tubuh

Manfaat buah anggur merah yang kaya energi dan vitamin C berguna untuk menyuplai tenaga terutama setelah berolahraga atau beraktivitas fisik. Kandungan glukosanya juga mampu mengembalikan tenaga tubuh yang terkuras.

Meredakan Gangguan Osteoporosis

Kandungan boron dalam buah ini berkhasiat dalam menguatkan tulang sekaligus mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Makan buah ini secara rutin yang diimbangi olahraga yang cukup akan mampu menguatkan tulang dan otot tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan jenis fenol membuat manfaat buah anggur merah sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Makan buah ini juga efektif untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah sekitar jantung.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Kandungan zat metolin dan kalium dalam buah anggur merah berkhasiat dalam menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Kandungan serat buah ini berguna membersihkan lemak dan kolesterol yang menumpuk dalam pembuluh darah.

Mencerdaskan Otak dan Menangkal Penyakit Neurodegeneratif

Manfaat buah anggur merah juga sangat penting untuk kesehatan otak. Penelitian menemukan konsumsi buah ini mampu merangsang hippocampus yang berfungsi mengingat. Kandungan resveratrol buah ini pun efektif menangkal Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif.

Mengatasi Gangguan Tidur (insomnia)

Kandungan melatonin dalam buah anggur merah berguna dalam merangsang saraf otak menjadi lebih rileks dan tenang. Makan buah ini sebelum tidur akan membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Menghaluskan Wajah Cantik

Manfaat buah anggur merah untuk kecantikan juga bisa sebagai masker wajah. Kandungan nutrisinya efektif menghaluskan dan membuat wajah lebih kencang dan halus. Masker anggur merah bisa ditambahkan madu dan lakukan secara rutin.

Mencegah Penuaan Dini

Khasiat  anggur merah juga karena kandungan antioksidan dan senyawa aktif yang sangat penting dalam proses regenereasi sel-sel kulit. Makan buah ini secara rutin akan membuat kulit dan wajah selalu segar dan sehat atau mencegah penuaan dini.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandingan vitamin C dan antioksidan buah ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh. Makan buah anggur merah secara teratur akan menjauhkan tubuh dari penyakit.

Selain itu manfaat buah anggur merah juga berkhasiat meredakan sakit kepala, mengatasi sembelit, baik untuk penderita diabetes, menyehatkan mata, meredakan nyeri lutut, menurunkan berat badan, memutihkan gigi dan menguatkan kuku. (R9/HR-Online)

Loading...