Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan dan Berkhasiat Cegah Penyakit Jantung, Kanker Hingga Diabetes

manfaat buah apel
Ilustrasi manfaat buah apel. Foto: Istimewa

Manfaat buah apel mungkin lebih pada rasanya yang enak dimakan dalam bentuk segar atau sebagai buah cuci mulut. Padahal buah apel juga banyak khasiatnya untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah ini juga baik dikonsumsi untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

Buah apel (malus domistica) seperti yang kita kenal sekarang sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari jenis apel liar yang berasal dari Asia Tengah. Khususnya dari jenis malus sieversii dan malus Sylvestris.

Apel termasuk jenis buah yang sangat istimewa. Bahkan apel dianggap sebagai buah surge, karena sering dikaitkan dengan mitologi dan kepercayaan. Buah ini juga menjadi sajian istimewa untuk para raja dan bangsawan di jaman dulu.

Apel dianggap sebagai buah keabadian seperti tercermin dalam kisah Adam dan Hawa. Manfaat buah apel juga dianggap sebagai buah kecantikan laksana dewi-dewi seperti tercermin dalam mitologi Yunani.

Buah apel banyak jenisnya, dari yang berwarna merah, hijau dan kuning. Rasanya yang manis dan sedikit asam sangat nikmat dimakan dalam bentuk segar. Apalagi kandungan airnya juga cukup banyak.

Kandungan nutrisi buah apel juga terbilang lengkap. Diantaranya ada energi, protein, karbohidrat, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, C, niasin, lemak dan serat.

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain kandungan nutrisi dan vitamin, buah apel juga mengandung sejumlah senyawa yang penting untuk tubuh. Berikut ini berbagai manfaat buah apel untuk kesehatan dan kecantikan.

Mencegah Kanker

Kandungan flavonoid dalam buah apel berkhasiat melindungi sel-sel individual tubuh dan mencegah kanker. Sejumlah penelitian membuktikan makan buah apel menurunkan risiko terkena penyakit kanker hingga 50 persen.

Mengatasi Asma

Makan buah apel secara rutin juga berkhasiat mengatasi gangguan saluran pernapasan, termasuk mengatasi penyakit asma. Hal ini karena kandungan quercetin yang cukup tinggi yang berfungsi sebagai anti-histamin dan antioksidan.

Mencegah Risiko Diabetes

Manfaat buah apel juga ampuh dalam mencegah diabetes. Hal ini karena kandungan pectin yang berguna dalam menekan kebutuhan tubuh terhadap insulin. Makan buah apel juga berguna mengontrol kadar gula darah.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan quercetin dalam buah apel terbukti ampuh dalam menekan risiko penyakit jantung. Karena itu makan buah apel secara teratur merupakan gaya hidup sehat untuk menekan risiko terkena gangguan jantung.

Mengatasi Anemia

Buah apel yang kaya dengan kandungan zat besi ampuh dalam mengatasi anemia. Makan saja beberapa buah apel dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan zat besi tubuh.

Menangkal Stroke

Manfaat buah apel juga ampuh dalam mencegah stroke. Journal of American Heart Association melaporkan kandungan karotenoid dan flavanoid dalam apel berkhasiat sebagai antioksidan yang ampuh menangkal stroke.

Baik untuk Program Diet

Buat anda yang ingin menurunkan berat badan wajib memasukkan buah ini dalam menu dietnya. Selain rendah lemak dan kolesterol, apel juga kaya energi dan serat yang bisa mempercepat menurunkan berat badan tanpa lemas.

Membuat Kulit Makin Sehat dan Cantik

Manfaat buah apel untuk kecantikan karena kandungannya yang berkhasiat membuat kulit lebih sehat. Makan apel secara teratur juga baik untuk membuat wajah cantik dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Melancarkan Pencernaan

Buah apel juga kaya dengan serat larut dan tidak larut yang berguna melancarkan pencernaan. Makan saja buah apel beserta kulitnya yang ampuh dalam mengatasi gangguan diare, buang air besar tidak lancar dan gangguan lainnya.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Mengkonsumsi buah apel bersama kulitnya ternyata ampuh dalam menguatkan tulang dan gigi. Kandungan phloridzin ampuh menangkal osteoporosis. Sifat anti virus apel juga berguna mencegah kerusakan gigi.

Itulah berbagai manfaat buah apel untuk kesehatan dan kecantikan. Namun agar khasiat buah surga ini optimal, sebaiknya konsumsi buah ini dengan kulitnya yang juga kaya dengan nutrisi penting. (R9/HR-Online)