Manfaat Buah Ceri, Si Imut yang Ampuh Atasi Kanker, Insomnia Hingga Asam Urat

Manfaat buah ceri
Ilustrasi Manfaat buah ceri. Foto: Istimewa

Manfaat buah ceri biasanya lebih identik sebagai toping kue atau es krim. Warnanya yang merah menyala dengan bentuk buah ceri yang imut membuatnya terlihat sangat cantik untuk hiasan kue. Namun buah ini pun ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Ceri atau dalam bahasa Inggris disebut cherry merupakan jenis buah yang populer di dunia. Buah ini cocok tumbuh di kawasan beriklim dingin hingga sedang dengan musim panen yang singkat, sehingga termasuk buah mahal.

Buah dengan rasa asam manis ini banyak jenisnya. Buah ini juga masih satu keluarga dengan tanaman bunga sakura yang terkenal di Jepang. Rasanya yang enak dan bentuknya yang lucu membuatnya banyak disukai orang.

Yang menarik, di balik bentuknya yang imut ternyata kandungan nutrisinya sangat beragam. Nutrisi ini tentunya akan memberikan banyak manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh.

Buah cherry mengandung energi, protein, karbohidrat, kolesterol, lemak, serat, vitamin A, C, E, vitamin K, kalsium, kalium, natrium, magnesium, tembaga, fosfor, besi, mangan dan zinc.

Buah ini juga mengandung beta karoten, lutein-zeaxanthin, asam folat, asam pantotenat, piridoksin, niasin, riboflavin dan tiamin. Ceri juga kaya senyawa aktif, seperti antioksidan, melatonin dan antosianin.

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Di balik bentuknya yang mungil dan rasa asam manisnya, ada banyak manfaat buah ceri untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini informasinya.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan senyawa antioksidan polifenol (flavonol, anthocyanin, dan katekin) dan potasium dalam buah ceri sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi dengan kalium yang juga berguna untuk menguatkan jantung.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat buah ceri juga penting dalam mengontrol dan menurunkan kadar gula darah. Kandungan anti-inflamasi dan indeks glikemiknya yang rendah baik dikonsumsi penderita diabetes.

Mengobati Asam Urat

Penelitian Ludwig Blau terhadap penderita asam urat menemukan perubahan signifikan setelah mereka mengonsumsi buah ceri. Kandungan senyawa aktifnya berkhasiat mengatasi penyakit ini.

Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat buah ceri juga efektif untuk mencegah dan mengobati kanker. Kandungan zeaxanthin, lutein dan beta karoten ampuh menangkal radikal bebas serta senyawa perillyl alcohol (POH) yang mampu menghentikan perkembangan sel kanker.

Meredakan Sakit Cedera Otot

Mengonsumsi jus buah ceri ternyata efektif untuk meredakan sakit akibat cedera otot. Penelitian yang dilakukan University of Vermont terhadap mahasiswanya membuktikan khasiat dan manfaat buah ceri ini.

Mengatasi Insomnia dan Sakit Kepala

Buah ceri juga mengandung melatonin yang sangat baik untuk otak. Selain memberikan efek relaksasi, makan buah ini secara rutin berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi insomnia dan sakit kepala.

Mencerdaskan Otak

Buah ceri juga merupakan sumber anthocyanin yang dibutuhkan untuk meningkatkan memori dan daya ingat. Mengonsumsinya akan memberkan manfaat buah ceri untuk bayi dan anak-anak agar makin cerdas.

Memulihkan Tenaga Setelah Berolahraga

Buah ceri yang kaya energi juga banyak dikonsumsi atletuntuk memulihkan tenaga setelah berolahraga. Kandungan anti-inflamasi dan antioksidan buah ini juga efektif untuk meredakan nyeri otot saat berolahraga.

Menghaluskan Kulit dan Anti Penuaan Dini

Kandungan antioksidan ceri berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Begitupun beragam senyawa aktifnya juga memberikan manfaat buah ceri untuk wajah. Gunakan ceri sebagai masker untuk mengencangkan kulit dan mengatasi penuaan dini.

Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Buah ceri selain rendah kalori juga kaya serat dan banyak vitamin. Kandungan airnya juga baik untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Karena itu masukkan buah imut ini dalam menu diet sehat Anda.

Itulah berbagai manfaat buah ceri untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Makan buah mungil sangat baik dilakukan secara rutin untuk memberikan manfaat yang optimal untuk tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...