Manfaat Buah Kawista yang Berkhasiat Mengusir Demam, Diare Hingga Lancarkan Haid

Manfaat Buah Kawista
Khasiat dan Manfaat Buah Kawista. Foto: Istimewa

Manfaat buah kawista memang tak sepopuler buah jeruk. Meski kedua buah ini masih satu keluarga. Buah Kawista biasanya sering dijadikan bahan olahan sirup. Apalagi buah ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Kawista (Limonia acidissima syn) merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi. Tanaman yang masuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae) ini juga masih berkerabat dengan buah maja.

Kawista diketahui berasal dari India selatan hingga Jawa dan Nusa Tenggara. Buah ini dikenal dengan sebutan buah batok (Aceh), kawi (NTB), buah kawis (Jawa) atau dalam bahasa Inggris disebut wood appel atau bael fruit.

Masyarakat di Aceh atau di Bima NTB sering menggunakan buah ini untuk dijadikan rujak. Budidaya tanaman ini yang masih minim dan karena kurang populer membuatnya sulit ditemukan.

Manfaat buah kawista sebenarnya sangat baik untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya. Rasanya yang manis dan aromanya yang wangi mengindikasikan nutrisinya yang baik untuk tubuh.

Buah kawista mengandung protein, kalsium, kalium, zat besi, asam sitrat dan minyak. Minyak buah ini terdiri dari oleat, palmitat, linoleat, asam linolenat, asam palmitoleat dan stearat.

Biji buahnya juga mengandung minyak unsaponifiable seperti beta-sitosterol, beta-Amirin, stigmasterol, dan lupeol. Buah kawista juga mengandung senywa penting seperti flavonoid, saponin, glikosida, tanin, kumarin dan derivat tiramin yang berkhasiat sebagai antioksidan.

Manfaat Buah Kawista untuk Kesehatan Tubuh

Buah ini bisa dimakan langsung karena rasanya yang manis. Khasiat buah ini telah dikenal lama dalam pengobatan tradisional. Berikut ini berbagai manfaat buah kawista untuk kesehatan.

Menyembuhkan Disentri dan Diare

Ekstrak buah kawista mentah bersifat antibakteri yang efektif untuk meredakan dan menyembuhkan diare, disentri, sembelit dan gangguan pencernaan yang disebabkan bakteri.

Mengatasi Radang Usus

Kandungan senyawa dan mineral dalam buah kawista ampuh dalam mengatasi radang usus. Makan buah ini dalam bentuk segar juga ampuh mengobati kolitis dan Crohn yang menyerang usus.

Menyembuhkan Batuk

Manfaat buah kawista dipercaya ampuh dalam mengatasi dan menyembuhkan sakit batuk. Hal ini karena kandungan cola dan senyawa lain yang berkhasiat. Anda juga bisa makan buah segar atau minum dari sirup kawista.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa konsumsi buah kawista berguna untuk mengendalikan dan mengontrol kadar gula dalam darah. Selain aman dikonsumsi penderita diabetes, buah ini juga berguna menurunkan kadar gula.

Melancarkan Haid

Makan buah kawista juga ampuh dalam mengatasi keluhan haid tidak teratur. Bahkan buah ini dipercaya dapat meredakan nyeri saat datang bulan. Manfaat buah kawista juga telah dipraktekkan dalam pengobatan tradisional.

Menambahkan Tenaga dan Energi

Buah kawista juga kaya dengan kandungan glukosa yang berguna menambah dan memulihkan energi tubuh. Karena itu buah ini sangat baik dikonsumsi untuk berbuka puasa ataupun sehabis bekerja keras.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan buah kawista yang kaya dengan senyawa kimianya sangat ampuh dalam mengontrol kolesterol dan lemak jahat. Konsumsi buah ini secara teratur maka berkhasiat meningkatkan kesehatan jantung.

Mengobati Demam

Manfaat buah kawista dalam menyembuhkan demam telah dipraktekkan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Karena itu saat tubuh demam cobalah makan langsung buah ini untuk membuktikannya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah kawista kaya dengan vitamin C dan antioksidan yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menangkal radikal bebas. Makan buah atau sirup kawista yang manis secara berkala dan dipercaya baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Itulah berbagai manfaat buah kawista untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi buah ini secara berkala tentunya akan sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengusir penyakit lainnya. (R9/HR-Online)

Loading...