Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Pala yang Ternyata Berkhasiat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pala yang Ternyata Berkhasiat untuk Kesehatan

Tak banyak yang mengetahui manfaat buah pala selain sebagai rempah. Padahal, buah pala yang telah dicuri para penjajah dari bumi Nusantara ini diketahui berkhasiat obat yang ampuh atasi berbagai jenis penyakit.

Pala (Myristica fragrans) merupakan rempah yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku dan telah dikenal sebagai komoditas perdagangan yang penting sejak jaman Romawi. Buah dan biji tanaman ini yang sangat bernilai.

Saat ini Indonesia menyuplai sebanyak 60 % kebutuhan pala dunia. Terdapat 21 senyawa dalam minyak atsiri pala yang dibutuhkan industri. DIantaranya alpha-pinene, alpha-thujene, beta-pinene, beta-myrcene, alpha-terpineol, alpha-phellandrene, camphene, myristicin, safrole, dan linalool.

Manfaat buah pala juga sering digunakan untuk menyedapkan roti atau kue, saus, puding, sayuran dan minuman penyegar. Biji pala banyak mengandung minyak atsiri, termasuk untuk campuran parfum, sabun, obatan, kosmetik, hingga makanan.

Buah pala diketahui kaya dengan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin A, C, B1, kalsium, sodium, asam oleanolat dan minyak atsiri. Buah pala bersifat anti jamur, anti bakteri dan anti radang.

Daging buah pala sering diolah untuk aneka makanan dan minuman yang enak, seperti sirup, manisan, ataupun dibuat permen. Kulit buahnya juga sering digunakan sebagai obat nyamuk.

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Selain sebagai rempah untuk menyedapkan masakan, pala juga berkhasiat obat yang sangat ampuh. Berikut ini beragam manfaat buah pala untuk kesehatan yang bisa Anda digunakan.

Melindungi Syaraf dan Mencerdaskan otak

Senyawa myristicin dan macelignan dalam buah pala berkhasiat melindungi sistem saraf dan fungsi kognitif. Sejumlah penelitian menemukan khasiat ini dalam mencegah kerusakan syaraf sekaligus meningkatkan kecerdasannya.

Meredakan Rasa Sakit

Buah pala mengandung senyawa mirip mentol yang berkhasiat mengurangi rasa sakit. Nah, jika Anda menderita radang, luka atau sakit pada tubuh tambahkan buah ini pada masakan untuk meredakan sakit yang ada.

Melindungi Fungsi Ginjal dan Hati

Manfaat buah pala juga berkhasiat dalam melindungi ginjal dan hati dan menjaganya agar fungsinya optimal. Makan buah pala secara rutin sangat baik untuk melindungi hati dan ginjal dari kerusakan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat dan senyawa dalam buah pala juga berguna mendorong gerakan peristaltik otot polos pada usus. Ini berguna untuk mengatasi dan mengobati gangguan pencernaan, seperti diare, perut kembung, sembelit atau BAB tak lancar.

Membuang Racun dari Tubuh

Buah pala juga bersifat tonik yang mampu membuang racun yang masuk ke tubuh. Termasuk racun makanan, radikal bebas atau polutan yang masuk tubuh akibat lingkungan yang buruk.

Mengatasi Hipertensi

Manfaat buah pala juga efektif dalam meredakan tekanan darah tinggi dan mengatasi hipertensi. Kandungan kaliumnya berguna melonggarkan pembuluh darah sekaligus meredakan ketegangan pada sistem kardiovaskular.

Mengatasi Insomnia

Kandungan magnesium yang cukup tinggi dalam buah pala berguna dalam mendorong pelepasan serotonin. Ini adalah hormon yang membuat rileks sehingga ikut mengatasi rasa gelisah dan gangguan insomnia.

Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi dan senyawa lain dalam buah pala juga berkhasiat dalam meningkatkan jumlah sel darah merah. Konsumsi buah pala berguna untuk mengatasi anemia dan gejala kekurangan zat besi.

Mencerahkan dan Menyehatkan Kulit

Manfaat buah pala untuk kecantikan belum banyak diketahui. Padahal masyarakat kita telah lama menggunakan buah ini untuk mengatasi cacar atau bisul, mengobati radang dan iritasi kulit, menyembuhkan jamur kulit dan membuat kulit lebih cantik.

Mengatasi Osteoporosis

Kandungan kalsium dalam buah pala efektif untuk menguatkan dan memadatkan tulang. Konsumsi buah ini juga berguna dalam memperbaiki jaringan baru sehingga bisa mengatasi osteoporosis.

Efek Samping Buah Pala

Meskipun manfaat buah pala untuk kesehatan sangat besar, namun konsumsi herbal ini tetap harus dibatasi. Sejumlah laporan menyebutkan bahwa konsumsi rutin buah pala bisa menyebabkan toksik bagi tubuh.

Selain itu kandungan miristisin dalam buah pala bisa menyebabkan mabuk jika dikonsumsi berlebihan. Bahkan konsumsi terlalu banyak bisa menimbulkan efek halusinasi dan berisiko terjadinya gangguan mental.

Efek samping buah pala yang juga sempat dilaporkan adalah mual, pusing, mulut kering dan jantung berdetak tidak teratur. Nah, agar manfaat buah pala optimal untuk tubuh sebaiknya digunakan sesuai kebutuhan saja. (R9/HR-Online)