Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Sirsak Matang yang Berkhasiat Atasi Asam Urat, Liver Hingga Hipertensi

Manfaat Buah Sirsak Matang yang Berkhasiat Atasi Asam Urat, Liver Hingga Hipertensi

Manfaat buah sirsak matang tak kalah ampuhnya dibandingkan daunnya. Selain rasanya yang asam manis dan enak untuk minuman es buah, buah sirsak matang juga efektif meningkatkan daya tahan tubuh dan mengusir penyakit. Buah ini juga tidak menimbulkan efek samping apabila rutin dikonsumsi.

Buah yang dihasilkan dari tanaman sirsak (Annona muricata) ini juga populer dengan sebutan nangka Belanda atau durian Belanda, nangka sebrang, nangka landa, nangka walanda, sirsak, srikaya jawa, nangka buris atau durian betawi.

Penyebutan nama Belanda ini berhubungan dengan penyebarannya yang dibawa Belanda. Sirsak berasal dari kata Belanda zuurzak yang artinya kantung asam. Tanaman ini berasal dari kawasan Karibia dan Amerika Tengah. Manfaat buah sirsak matang untuk kesehatan pun sudah dikenal sejak zaman penjajahan dulu.

Buah sirsak berbentuk unik dengan duri lunak di kulitnya. Daging buahnya berwarna putih yang tebal dengan biji berwarna hitam yang mirip biji sawo. Tanaman ini banyak dibudidayakan secara komersial untuk diambil buahnya.

Buah sirsak bukan jenis buah sejati. Karena merupakan kumpulan buah yang saling berhimpitan. Setiap buah agregat berisi sebuah biji tunggal. Manfaat buah sirsak matang banyak diambil untuk dibuat sirup, jelly, jenang dodol dan lainnya.

Selain rasanya yang enak, kandungan buah sirsak juga kaya nutrisi yang baik untuk tubuh. Diantaranya mengandung karbohidrat (fruktosa), kalori, protein, lemak, serat, vitamin C, vitamin B1, B2 dan vitamin B6.

Selain itu buah sirsak juga banyak mengandung senyawa dan mineral folat, riboflavin, asam pantotenat, niasin, thiamin, tembaga, magnesium, potasium, fosfor dan zat besi.

Manfaat Buah Sirsak Matang untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisinya bukan saja baik untuk kesehatan, namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut ini berbagai manfaat buah sirsak matang untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rasa asam buah ini sangat baik untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Apalagi buah ini mengandung muricapentocin dan acetogenins yang sangat baik untuk melindungi tubuh terhadap serangan penyakit.

Sumber Energi untuk Tubuh

Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dalam buah ini berguna untuk menambah tenaga dan memulihkan energi. Makan buah atau jus sirsak terutama setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat.

Mengatasi Stres dan Insomnia

Manfaat buah sirsak matang juga efektif untuk meredakan stres dan depresi. Makan buah ini efektif mengatasi gangguan tidur dan insomnia serta akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak juga berkualitas.

Mengatasi Hipertensi dan Jantung

Makan buah sirsak segar baik untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain karena kandungan vitamin C-nya, mineral lainnya juga ampuh dalam menjaga kesehatan jantung.

Mencegah Pengeroposan Tulang (Osteoporosis)

Buah sirsak kaya kandungan fosfor dan kalsium hingga ampuh dalam mengatasi dan meredakan nyeri akibat osteoporosis. Mengkonsumsi buah ini secara rutin akan menguatkan tulang.

Menangkal Kanker

Manfaat buah sirsak matang juga berkhasiat dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit kanker. Karena dalam buah asam manis ini terdapat kandungan vitamin C dan antioksidan.

Selain bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, makan buah ini juga baik untuk menangkal radikal bebas.

Mengatasi Asam Urat

Buah walanda ini juga ampuh adalah untuk meredakan dan mengatasi penyakit asam urat. Anda bisa makan langsung dalam bentuk segar atau dibuat jus dan dikonsumsi secara teratur.

Mencegah Dehidrasi

Kandungan air dan serat yang cukup tinggi dalam buah sirsak membuatnya sangat baik untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi tubuh. Tinggal makan saja buah ini, rasakan Manfaat buah sirsak matang dalam mengembalikan cairan tubuh.

Mengatasi Penyakit Liver

Di balik rasanya yang asam manis, buah sirsak juga ampuh dalam meredakan dan mengatasi penyakit liver. Senyawa aktif dalam buah ini bisa dimanfaat dengan dibikin dalam bentuk jus buah sirsak dan minum secara teratur.

Itulah berbagai manfaat buah sirsak matang untuk kesehatan yang bisa digunakan untuk mengatasi dan meredakan berbagi gangguan penyakit. Konsumsi buah ini secara berkala sangat berguna untuk menjaga kesehatan. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img