Manfaat Bunga Pukul Empat, The Beauty of The Night yang Berkhasiat Atasi Berbagai Penyakit

Manfaat bunga pukul empat
Manfaat bunga pukul empat. Foto: Istimewa

Manfaat bunga pukul empat memang lebih dikenal sebagai tanaman hias. Bentuk dan tampilan bunga pukul empat yang indah dengan warna merah muda sangat cocok dijadikan bunga hias di pot rumah. Namun, siapa sangka bunga ini ternyata berkhasiat mengatasi berbagai penyakit.

Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) berasal dari Peru, Amerika Selatan. Seperti namanya, bunga ini biasanya akan mekar pada sore pukul empat hingga pagi keesokan harinya yang akan menutup lagi.

Sebelum membahas manfaat bunga pukul empat, sebaiknya kenali dulu ciri dari bungai ini. Untuk diketahui, Ada beberapa warna yang dimiliki tanaman ini. Selain merah, juga ada yang berwarna kuning dan putih. Perbedaan ini tergantung gen masing-masing. Persilangan akan menghasilkan warna lain yang tak kalah indahnya.

Bentuk bunga pukul empat seperti terompet yang lebih kecil dari kembang sepatu. Jika kembang sepatu tak berbau, kembang pukul empat mengeluarkan bau yang harum sekali. Sehingga banyak orang yang memetiknya untuk hiasan di rumah.

Selain indah dan harum, manfaat bunga pukul empat juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Bunga ini mengandung betaxanthis, zat asam minyak dan zat asam lemak yang bersifat diuretik serta melancarkan sirkulasi darah. Bunga ini lama dikenal dalam praktek pengobatan tradisional.

Tanaman bunga pukul empat juga populer dengan sebutan kembang pukul empat, pukul ampa (Minahasa), kembang asar (Lampung), kupa oras (Ambon), noja (Bali) dan cako rana (Ternate). Dalam bahasa asing disebut four o’clock plant atau four o’clock flower (Inggris).

Tanaman ini juga disebut gul adnan (Urdu), laleh abbasi (Persia), oshiroi-bana (Jepang), nachtschone (Belanda), purple jasmine (Hong Kong), bella di notte (Italia) atau Belle de nuit (Prancis) yang artinya “beauty of the night”.

Khasiat dan Manfaat Bunga Pukul Empat untuk Kesehatan

Selain kandungan senyawa yang berkhasiat obat, bunga ini juga telah lama dikenal sebagai herbal. Berikut ini berbagai khasiat dan manfaat bunga pukul empat untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Mengatasi Keputihan

Kandungan senyawa aktifnya serta baunya yang harum membuat bunga sore hari ini telah lama dimanfaatkan untuk meredakan dan mengatasi keputihan pada wanita. Bunga ini juga baik untuk menjaga organ kewanitaan.

Menangkal Kanker

Sifat antioksidan senyawa dalam bunga pukul empat berkhasiat menangkal radikal bebas dan mengatasi kanker. Rebus saja beberapa kuntum bunga herbal ini lalu saring dan minum airnya.

Mengatasi Sakit Maag

Manfaat bunga pukul empat juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi penyakit tukak lambung atau maag. Senyawa aktif dalam kandungan bunga ini berkhasiat mengatasi luka atau radang pada lambung.

Mengusir Jerawat

Kandungan zat tepung yang terdapat dalam bunga pukul empat juga ampuh mengatasi jerawat. Dengan menumbuk bunga ini sebagai masker wajah berguna mengatasi gangguan kulit dan membuat wajah lebih cerah dan sehat.

Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Manfaat bunga pukul empat juga ampuh dalam mengatasi dan menyembuhkan infeksi saluran kencing. Minum saja rebusan beberapa lembar bunga ini untuk mengatasi nyeri saat buang air kecil.

Mengatasi Batuk Darah

Batuk berdarah atau hemoptisis juga bisa diatasi dengan bunga pukul empat. Buat saja jus bunga pukul empat dengan air secukupnya dan tambahkan madu untuk meredakan penyakit TBS ini.

Menyembuhkan Batu Empedu

Manfaat bunga pukul empat juga dipercaya mampu mengatasi batu empedu. Kandungan aktif herbal ini berkhasiat menghancurkan batu yang terbentuk di saluran empedu dan memulihkannya.

Mengatasi Bisul

Kandungan kimia dalam bunga pukul empat juga efektif meredakan sakit dan radang pada bisul. Masyarakat telah lama menggunakan tumbukan bunga herbal ini untuk ditempelkan pada bisul yang sakit.

Selain itu manfaat bunga pukul empat juga berkhasiat mengatasi penyakit disentri, meredakan radang sendi akut, mengatasi diabetes, prostatitis, difteri, menyembuhkan amandel dan radang tenggorokan dan sebagai obat memar. (R9/HR-Online)