Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Bunga Saffron, Herbal Termahal yang Baik untuk Otak Hingga Vitalitas

Manfaat Bunga Saffron, Herbal Termahal yang Baik untuk Otak Hingga Vitalitas

Di balik harganya yang sangat mahal, manfaat bunga saffron untuk kesehatan tubuh juga terbilang menakjubkan. Bunga saffron ternyata selama ini lebih sering digunakan orang Barat sebagai penyedap rasa masakan. Yang membuat istimewa dari tanaman ini adalah harganya yang tidak murah.

Asal tahu saja, harga bunga saffron di pasaran saat ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Luar biasa mahal untuk sebuah tanaman.

Namun mahalnya tanaman ini mungkin sepadan dengan proses produksinya yang tidak mudah. Tahapan dari sejak penanaman, perawatan, hingga panen harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak gampang.

Di balik manfaat bunga saffron, ternyata tenaman ini mekarnya hanya sekali saja saat musim gugur. Itupun waktu mekarnya hanya selama seminggu. Karena itulah tidak mudah mendapatkan bunga ini karena termasuk langka.

Bunga saffron (Crocus Sativus) yang berasal dari Asia Barat Daya ini juga dikenal dengan sebutan bunga kuma-kuma. Tanaman hias ini mungkin kurang populer bagi masyarakat Indonesia, namun cukup dikenal di Barat sebagai rempah.

Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan

Bunga saffron cukup dikenal di Asia karena sering digunakan sebagai penyedap rasa saat memasak nasi briyani. Warna kuning pada bunga ini juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami.

India dan Iran termasuk negara yang menghasilkan bunga saffron terbanyak di dunia. Berikut ini beragam manfaat bunga saffron untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Anti Kanker dan Tumor

Manfaat saffron yang paling terkenal adalah untuk menangkal dan mengatasi penyakit kanker dan tumor. Kandungan karsinogenik dalam tanaman ini diketahui efektif dalam menangkal pertumbuhan sel-sel kanker maupun tumor.

Meredakan Stres dan Depresi

Manfaat bunga saffron juga dari kandungan safranal dan crocin yang ampuh dalam menenangkan emosi serta meredakan stres dan depresi. Minum rebusan teh bunga saffron bisa memberikan efek relaksasi.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Herbal ini juga diketahui kaya dengan kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imunitas tubuh. Bunga ini juga mengandung zat antimutagenik yang dapat mencegah mutasi gen.

Mencerdaskan Otak

Salah satu manfaat bunga saffron yang penting adalah untuk otak. Penelitian menemukan bahwa konsumsi herbal ini efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak anak sekaligus mengatasi penyakit penderita Alzheimer dan Parkinson.

Mencegah Gangguan Jantung dan Stroke

Kandungan nutrisi bunga saffron yang kaya senyawa aktif juga baik untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi tanaman ini juga berguna untuk mencegah dan menangkal stroke.

Untuk Kesuburan Wanita dan Pria

Manfaat bunga saffron ternyata juga baik untuk meningkatkan kesuburan baik wanita maupun pria. Hal ini karena kandungan herbal ini seperti protein, serat, natrium, asam folat, vitamin A, B dan C berguna untuk kesuburan.

Meningkatkan Libido Pria

Herbal ini juga memberikan manfaat saffron untuk pria karena fungsinya sebagai viagra alami. Kandungannya juga berfungsi sebagai afrodisiak yang berguna menambah libido dan semangat di atas ranjang.

Menghaluskan Kulit dan Wajah

Manfaat bunga saffron untuk kecantikan karena efektif untuk perawatan kulit dan wajah. Anda bisa menggunakan air rebusan atau masker bunga saffron untuk perawatan wajah agar lebih halus, kencang dan mengatasi jerawat.

Menurunkan Berat Badan

Bagi yang menjalankan program diet juga perlu memasukkan bunga saffron dalam menu diet Anda. Sebab kandungan serat dan mineral dalam tanaman ini efektif untuk membuat perut kenyang lebih lama.

Selain itu manfaat bunga saffron untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengobati sakit tenggorokan, meredakan radang paru-paru, mengatasi sakit kepala, asam lambung, gangguan pencernaan dan melancarkan haid. (R9/HR-Online)

- Advertisment -