Manfaat Bunga Wijaya Kusuma di Balik Mitos dan Keunikannya

manfaat bunga wijaya kusuma
Manfaat bunga wijaya kusuma. Foto: Istimewa

Manfaat bunga Wijaya Kusuma untuk kesehatan belum banyak diketahui secara luas. Bunga Wijaya Kusuma lebih populer dengan keindahannya.

Apalagi bunga ini lebih sering dikaitkan dengan mitos dan kepercayaan tertentu. Bunga Wijaya Kusuma (Epiphyllum oxypetalum) bukanlah tanaman asli Indonesia.

Tumbuhan yang berasal dari Venezuela, Amerika Selatan ini termasuk dalam keluarga Cactaceae yang berkerabat dengan kaktus.

Dalam dunia pewayangan, bunga ini kerap disebut sebagai pusaka Bathara Kresna, titisan dewa Wisnu yang dikenal sebagai pemelihara alam semesta. Karena itu pohon ini dianggap tanaman sakti.

Manfaat bunga Wijaya Kusuma juga sering dinikmati dari keindahan serta keunikannya. Bunga ini benar-benar unik. Karena hanya mekar sebentar pada malam hari sambil mengeluarkan bau yang sangat harum. Siapapun orang yang bisa menyaksikan saat bunga ini mekar, dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, bunga Wijaya Kusuma juga dianggap sebagai syarat yang harus dimiliki seorang raja yang akan naik tahta. Karena itulah bunga ini banyak menghiasi ragam hias rumah atau bangunan di Jawa.

Bunga Wijaya Kusuma kebanyakan berwarna putih, meski ada yang berwarna merah muda. Bunganya menjuntai dari tepi daunnya dengan tampilan yang sangat eksotik.

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Bunga wijaya kusuma diketahui mengandung sejumlah senyawa dan mineral yang berkhasiat untuk kesehatan. Diantaranya mengandung glukosa, asam sitrat dan mint. Berikut ini manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan.

Mengatasi Asma dan Sesak Nafas

Kandungan bunga wijaya kusuma yang kaya dengan senyawa kimianya juga berkhasiat dalam menyembuhkan sesak nafas karena asma. Dengan minum air rebusan bunga herbal ini secara rutin bisa meredakan penyakit ini.

Mengobati TBC dan Batuk Berdahak

Manfaat bunga wijaya kusuma telah dikenal dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan Tuberkolosis (TBC). Jenis batuk berdahak ini dinilai berbahaya karena jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan kematian.

TCL

Untuk menyembuhkan penyakit ini, Anda bisa merebus beberapa kuntum bunga wijaya kusuma bersama sedikit gula aren. Setelah rebusan airnya matang, siap untuk diminum. Kandungannya berkhasiat mengusir virus dan bakteri penyebab TBC.

Mengatasi Radang Tenggorokan

Gangguan yang terjadi pada tenggorokan, seperti radang atau serak juga bisa diatasi dengan tanaman herbal unik ini. Rasa mint dalam bunga cantik ini berkhasiat dalam melegakan serta membuat segar tenggorokan.

Mengatasi Bisul

Manfaat bunga wijaya kusuma juga ampuh dalam mengatasi dan menyembuhkan sejumlah penyakit luar, termasuk bisul. Buat Anda yang mengalami bisul, coba tumbuk kuntum bunga ini dan tempelkan pada bisulnya.

Menyembuhkan Luka

Luka karena jatuh, terkena benturan, ataupun terkena pisau bisa diatasi dengan bunga wijaya kusuma. Dengan menempelkan tumbukan bunga ini akan efektif membuat luka cepat kering dan mencegah infeksi.

Mencegah Penyakit Stroke

Manfaat bunga wijaya kusuma dipercaya ampuh dalam mencegah penyakit stroke. Kandungan herbal ini ternyata berkhasiat menangkal penggumpalan dan penyumbatan darah dalam tubuh yang menyebabkan stroke.

Mengatasi Gastritis dan Nyeri Lambung

Bunga wijaya kusuma memiliki PH netral dengan kandungan yang berkhasiat untuk meredakan sakit dan nyeri lambung. Jika lambung Anda bermasalah, cobalah minum rebusan bunga herbal ini dan rasakan hasilnya.

Mengharumkan Tubuh

Bau harumnya juga bisa memberikan manfaat bunga wijaya kusuma bagi kecantikan tubuh. Anda bisa melakukannya dengan mandi bunga wijaya kusuma untuk menghilangkan bau badan tak sedap sekaligus membuat tubuh menjadi wangi.

Mengatasi Pendarahan Rahim

Ibu yang sedang hamil dan mengalami pendarahan juga bisa diatasi dengan herbal bunga wijaya kusuma. Khasiat ini telah dibuktikan dalam pengobatan tradisional dengan meminum air rebusan bunga unik ini.

Demikianlah berbagai manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan dan kecantikan. Di balik mitos dan keunikannya, bunga herbal ini sudah lama dibuktikan dalam pengobatan tradisional. (R9/HR-Online)

Loading...