Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Menguatkan Tulang, Bikin Cantik Hingga Atasi Ejakulasi Dini

manfaat cengkeh untuk kesehatan
Manfaat cengkeh untuk kesehatan. Foto: Istimewa

Mungkin ada yang bingung bagaimana mungkin ada manfaat cengkeh untuk kesehatan. Karena cengkeh selama ini lebih dikenal untuk pembuatan rokok. Asal tahu, manfaat cengkeh sangat besar karena merupakan rempah asli Indonesia.

Selain untuk campuran dalam rokok, cengkeh juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan. Baik untuk bumbu masakan, bahan tambahan pembuatan kue hingga untuk minuman.

Cengkeh (Syzygium aromaticum) juga populer dengan sebutan cengkih atau cloves dalam bahasa Inggris. Rempah asli Indonesia ini populer untuk bumbu masakan pedas di Eropa.

Cengkeh mengeluarkan aroma harum yang khas dengan rasa agak manis. Manfaat cengkeh untuk kesehatan terutama karena kandungan nutrisinya, seperti energi, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalsium, mangan dan magnesium.

Cengkeh juga kaya dengan kandungan kimianya, seperti eugenol, resin, tanin, flavonoid, fenilpropanoid, glukosida sterol, asetilugenol, cinnamaldehida, asam galat, asam oleanolat, rhamnetin, lipid dan minyak atsiri.

Segudang Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain digunakan untuk penambah rasa makanan, kandungan nutrisinya sangat baik untuk tubuh. Berikut segudang manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan yang sebaiknya Anda tahu.

Menguatkan Tulang

Cengkeh juga mengandung ekstrak hidrokarbon dan senyawa fenolik (eugenol, flavon, flavonoid, dan isoflavon). Senyawa ini berkhsiat dalam meningkatkan kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

Mengobati Mual dan Muntah

Rasa mual dan muntah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan minyak cengkeh. Kandungannya ternyata efektif memberikan efek tenang dan meredakan rasa mual.

Melindungi Fungsi Hati

Manfaat cengkeh untuk kesehatan juga karena kandungan antioksidannya yang berkhasiat dalam melindungi hati. Apalagi cengkeh juga bersifat hepatoprotektif yang berfungsi melindungi fungsi hati dari radikal bebas.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan cengkeh berguna dalam merangsang sekresi enzim pencernaan, menyembuhkan iritasi lambung, mengatasi perut kembung, dispepsia atau mual. Konsumsi cengkeh juga efektif untuk mengobati diare dan disentri kronis.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Konsumsi cengkeh juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dan nutrisinya berguna dalam menambah jumlah sel darah putih serta mengusir racun dari dalam tubuh.

Meredakan Nyeri dan Peradangan

Kandungan cengkeh yang bersifat anti-inflamasi berkhasiat dalam mengobati dan menyembuhkan berbagai rasa nyeri akibat peradangan. Sejumlah penelitian menemukan ampuhnya manfaat cengkeh untuk kesehatan ini.

Mampu Membunuh Bakteri

Cengkeh juga bersifat antibakteri yang ampuh membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi. Bahkan minyak dari cengkeh kabarnya efektif membunuh bakteri E.coli maupun kuman di kulit.

Menyembuhkan Tukak Lambung

Gangguan tukak lambung ternyata juga bisa diatasi dengan herbal cengkeh ini. Minyak esensial cengkeh mampu merangsang produksi lendir lambung yang berguna untuk melindunginya dari luka akibat asam lambung.

Meredakan Sakit Gigi

Kandungan eugenol dalam cengkeh juga berguna meredakan nyeri gusi dan gigi. Untuk mengambil manfaat cengkeh untuk kesehatan ini Anda bisa merebus beberapa kuncup bunga cengkeh dalam air lalu gunakan airnya untuk berkumur.

Mencegah dan Mengatasi Ejakulasi Dini

Selain menambah rasa pada rokok ternyata rempah ini juga memberikan manfaat cengkeh untuk kejantanan pria. Dengan mengoleskan krim yang mengandung cengkeh dan ginseng berguna mencegah serta mengatasi ejakulasi dini.

Mengatasi Guratan Keriput pada Kulit

Minyak cengkeh juga diketahui efektif dalam menghalau noda hitam maupun guratan keriput pada kulit wajah. Bahkan minyak herbal ini mampu menghaluskan kulit dari bekas luka atau bekas jerawat.

Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat cengkeh untuk kecantikan juga bisa mengatasi rambut rontok. Kandungan senyawa aktif cengkeh berguna merangsang kesuburan rambut agar lebih tebal dan sehat. Oleskan minyak cengkeh pada kulit kepala untuk hasil yang optimal.

Itulah berbagai manfaat cengkeh untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui. Semoga informasi ini berguna dan menambah referensi Anda tentang rempah berkhasiat obat asli Indonesia. (R9/HR-Online)

Loading...