Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaArtikelManfaat Daun Hantap, Ampuh Atasi Panas Dalam, Sariawan Hingga Sembelit

Manfaat Daun Hantap, Ampuh Atasi Panas Dalam, Sariawan Hingga Sembelit

Manfaat daun hantap untuk kesehatan, sudah banyak diketahui masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat. Daun hantap yang memiliki nama ilmiah Sterculia Oblongata R. Brown ini, tumbuh subur di berbagai dataran.

Selain dikenal dengan nama daun hantap, di beberapa daerah daun ini dinamai kalumpang (Sumatera)  dan lomes (Sulawesi).

Manfaat daun hantap yang paling sering digunakan masyarakat yaitu untuk mengatasi panas dalam. Dilansir dari berbagai sumber, daun hantap mengandung serat, alkaloid, tanin dan senyawa lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh tubuh.

Daun hantap ini berukuran cukup lebar dan besar, hampir menyerupai daun mangga. Cara mengkonsumsi daun hantap cukup mudah. Anda tinggal mengambil beberapa helai daun hantap, cuci sampai bersih, lalu masukan kedalam air dalam gelas besar, setelah itu peras daun hantap hingga warna air berubah kehijauan dan sedikit berlendir. Air perasan ini minum secara rutin, hingga gejala panas dalam anda mereda.

Selain mampu meredakan panas dalam, manfaat daun hantap juga terbukti ampuh mengobati sariawan, sembelit, bahkan sakit tenggorokan. Khasiat ajaib dari daun hantap ini karena dalam daun hantap terkandung zat fitokimianya dan klorofil yang baik untuk kesehatan tubuh.

Saking berkhasiatnya daun hantap, berbagai ilmuan telah mengembangkan daun hantap menjadi produk minuman jeli praktis yang dicampur perasan lemon.

Manfaat Daun Hantap untuk Kesehatan

Berikut ini kami rangkum beberapa manfaat daun hantap yang baik untuk kesehatan tubuh:

1.Obat Panas Dalam

Sudah disampaikan diatas, bahwa daun handap sangat ampuh untuk meredakan panas dalam. Anda bisa memeras daun hantap didalam gelas berisi air, kemudian saring lalu minum. Anda juga bisa merebus daun hantap, setelah beberapa saat, tiriskan air rebusan tersebut sampai hangat dan lalu minum secara rutin, hingga gejala panas dalam anda mereda.

2. Mengatasi Sariawan

Manfaat daun hantap lainnya yaitu ampuh mengobati dan mencegah sariawan. Sariawan terjadi akibat panas dalam. Anda bisa memanfaatkan khasiat daun hantap dengan cara persis seperti untuk mengobati panas dalam.

3. Melancarkan Buang Air Kecil

Daun hantap juga dipercaya ampuh melancarkan buang air kecil. Jika anda mengalami masalah sulit buang air kecil, cobalah meminum air perasan daun hantap secara rutin.

4. Menyehatkan Saluran Kemih

Selain melancarkan buang air kecil, manfaat daun hantap juga menyehatkan saluran kemih. Daun hantap dengan berbagai zat baik didalamnya, ampuh mengusir berbagi kuman jahat dalam saluran kemih.

5. Sumber Antioksidan

Daun hantap mampu menangkal radikal bebas karena mengandung anti oksidan. Jika anda rutin mengonsumsi daun hantap, maka anda tidak akan mudah terpapar penyakit yang diakibatkan radikal bebas.

6. Menyehatkan Pencernaan

Karena mengandung banyak serat, manfaat daun hantap terbukti ampuh menyehatkan pencernaan. Anda jangan ragu rutin mengonsumsi daun hantap, agar terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit dan lain sebagainya.

7. Baik untuk Kesehatan Usus

Anda dapat menjaga kesehatan usus dengan memanfaatkan daun hantap. Daun hantap terbukti sebagai tanaman obat yang mampu menjaga usus dari berbagai gangguan penyakit, seperti peradangan dan penyakit lainnya yang mengganggu sistem pencernaan.

8. Menyehatkan Lambung

Selain bagus untuk kesehatan usus, manfaat daun hantap juga baik untuk kesehatan lambung. Lambung yang sehat akan memproses makanan dan menarik berbagai nutrisi untuk masuk kedalamnya.

9. Obat Maag

Jika anda penderita sakit maag, cobalah untuk menggunakan khasiat daun hantap. Daun hantap yang sudah dijadikan minuman, terbukti ampuh menetralkan asam lambung yang menjadi penyebab utama sakit maag.

10. Membantu Proses Persalinan

Manfaat daun hantap yang terakhir yaitu mampu melancarkan proses persalinan. Bagi Ibu hamil yang akan melahirkan, tidak ada salahnya mencoba meminum perasan daun hantap. Banyak orang yang merasa mudah melalui proses persalinan, sesudah mereka mengonsumsi daun hantap. Demikian rangkuman tentang khasiat daun hantap, semoga bermanfaat. Selamat mencoba! (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img