Manfaat Daun Singkong, Salah Satunya Untuk Cegah Stroke

Manfaat Daun Singkong, Salah Satunya Untuk Cegah Stroke
Daun singkong ternyata bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Foto:Jujang/HR

Manfaat daun singkong sebenarnya sudah banyak diketahui masyarakat Indonesia sejak dulu. Daun dari tanaman umbi-umbian ini dipercaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun singkong diketahui kaya akan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat, asam amino esensial, vitamin A dan B1, serta zat besi. Semua zat tersebut memiliki manfaat berbeda-beda yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat daun singkong yang mungkin belum banyak diketahui orang, yakni dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke. Hal tersebut karena daun singkong mengandung senyawa isoflavon yang dipercaya mampu mencegah seseorang terkena stroke.

Karena mudah didapat dan harganya terjangkau, masyarakat Indonesia sejak dulu memanfaatkan tanaman singkong untuk berbagai olahan makanan, mulai dari umbi, batang termasuk daunnya.

Banyak dari anda yang mungkin tidak menyadari, bahwa daun singkong memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut kami rangkum berbagai khasiat daun singkong yang perlu anda ketahui.

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat daun singkong pertama yakni mampumeningkatkan imunitas tubuh. Daun singkong diketahui mengandung folat dan vitamin C, sehingga dipercaya ampuh melawan bakteri dan virus yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

2. Menjernihkan Penglihatan

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan penglihatan mata, anda bisa mencoba mengonsumsi daun singkong secara rutin. Olah masakan daun singkong dengan bawang putih dan garam, kemudian anda bisa mengonsumsinya bersama nasi.

3. Manfaat Daun Singkong bagi Kesehatan Ibu Hamil

Daun singkong sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Zat besi yang terkandung pada daun singkong bisa membantu ibu hamil untuk mengatasi masalah anemia.

Selain itu, dengan mengonsumsi daun singkong, ternyata bisa membantu perkembangan janin dalam kandungan, hal ini karena daun singkong mengandung folat dan vitamin C yang tinggi. Ibu hamil bisa mengolah daun singkong menjadi sayur, dan konsumsi secara teratur.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika anda rutin mengonsumsi daun singkong, jangan kaget apabila nafsu makan anda bertambah. Anda bisa mengolah daun singkong menjadi sayur, juga langsung meminum rebusan air daun singkong dicampur jahe.

Obati Berbagai Penyakit

Selain baik untuk kesehatan tubuh, manfaat daun singkong juga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit.

1. Meredakan Rematik

Kandungan magnesium yang tinggi pada daun singkong dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko rematik. Anda bisa merebus 150 gram daun singkong lalu menambahkan irisan akar jahe, garam, dan daun jeruk.

2. Mengobati Stroke

Khasiat daun singkong yang mungkin belum banyak diketahui orang, yakni dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke. Hal tersebut karena daun singkong megandung senyawa isoflavon yang dipercaya mampu mencegah seseorang terkena stroke.

3.Mencegah Penyakit Kwashiorkor

Manfaat daun singkong selanjutnya, yakni mampu mengobati penyakit Kwashiorkor. Penyakit tersebut terjadi karena seseorang megalami kekurangan protein yang parah. Kandungan protein tinggi dalam daun singkong mampu mencegah anda terserang penyakit Kwashiorkor, terutama pada anak-anak.

4. Mengobati Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan ternyata bisa diobati dengan mengonsumsi daun singkong. Caranya anda cukup merebus daun singkong secukupnya hingga matang. Air rebusan daun singkong yang sebelumnya di cuci bersih, bisa anda konsumsi secara rutin untuk obat cacingan.

5. Manfaat Daun Singkong Untuk Meredakan Arthritis

Sama halnya dengan penyakit rematik, penyakit arthritis merupakan penyakit yan terjadi akibat adanya peradangan pada area sendi akibat masalah autoimun.  Anda bisa mengobati penyakit arthritis dengan mengonsumsi daun singkong dengan pengolahan yang sama, yakni dengan merebus 150 gram daun singkong lalu menambahkan irisan akar jahe, garam, dan daun jeruk.

6. Obati Luka Bakar Ringan

Daun singkong tak hanya bisa dimanfaatkan rebusannya saja, namun daun singkong bisa juga dimanfaatkan langsung mentah-mentah, untuk mengobati luka ringan seperti terbakar atau terkena benda panas. Anda cukup menghaluskan daun singkong, lalu tempelkan ke bagian luka yang terbakar.

7. Mengatasi Diare

Manfaat daun singkong lainnya yakni dapat mengatasi sakit diare. Anda cukup merebus daun singkong lalu mengonsumsinya secara rutin, sampai sakit diare yang anda derita hilang dan tidak sakit lagi.

8. Meredakan Sakit Kepala

Air rebusan daun singkong tak hanya mampu mengobati sakit diare, namun juga terbukti mampu mengatasi sakit kepala. Anda bisa mencoba meminum air rebusan daun singkong  yang sudah matang.

9. Mengobati Luka Bernanah

Anda bisa mencoba manfaat daun singkong untuk mengobati luka bernanah. Anda cukup menghaluskan daun singkong, lalu tempelkan ke luka yang bernanah tersebut kemudian balut dengan perban ataupun kain.

Meski begitu banyak manfaat daun singkong, namun anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi daun singkong. Konsumsi sewajarnya saja jangan berlebihan., untuk menghindari efek samping dari daun singkong. Bagi penderita penyakit kolesterol, asam urat dan hipertensi, sebaiknya menghindari olahan makanan yang berbahan daun singkong. Karena jika dikonsumsi, akan memperparah kondisi anda. Akan lebih baik juga, bila anda berkonsultasi ke dokter sebelum mencoba mengonsumsi daun singkong. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...