Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaArtikelManfaat Daun Sirih Merah untuk Obati Berbagai Penyakit

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Obati Berbagai Penyakit

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan sudah dibuktikan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Daun sirih merah terbukti mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit ringan ataupun kronis.

Daun sirih merah mengandung berbagai zat baik yang baik untuk kesehatan. Daun yang tumbuh menjalar yang biasa kita temui di pekarangan rumah ini mengandung, saponin, eugenol, tannin serta berbagai minyak esensial.

Karena memiliki sifat anti-inflamasi ,anti-septik, dan pendingin kulit, khasiat daun sirih merah tak hanya untuk luka luar tubuh saja, tapi juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang ada dalam organ dalam tubuh kita.

Anda bisa membuat rebusan daun sirih merah untuk merasakan khasiatnya. Anda bisa merebus dua hingga tiga lembar daun sirih merah. Setelah itu, dinginkan air rebusan tersebut lalu minum. Minumlah secara rutin setiap pagi dan sore hari untuk merasakan manfaat daun sirih merah.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Berikut ini kami uraikan beberapa beberapa khasiat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh anda:

  1. Atasi Diabetes

Manfaat daun sirih merah yang pertama yakni bisa mengatasi diabetes. Mengandung molekul aktif bernama tanin/antidiabetes, daun sirih merah dipercaya mampu menurunkan kadar glukosa darah. Kandungan alkaloid pada sirih juga menghambat penyerapan glukosa dalam usus.

2. Mengobati Tukak Lambung

Daun sirih merah ternyata mampu mengobati tukang lambung. Daun sirih merah mengandung vitamin C dan antiseptik yang ampuh melawan kuman penyebab tukak lambung.

3. Obat asam urat

Manfaat daun sirih merah selanjutnya yaitu mampu menjadi obat asam urat. Daun sirih merah yang memiliki sifat anti inflamasi, mampu meredakan nyeri otot dan melepaskan zat kristal asam urat dalam tubuh.

4. Mengobati Batuk

Daun sirih merah dipercaya sejak lama mampu mengatasi batuk. Anda hanya cukup merebus daun sirih merah dua hingga tiga lembar saja. Cuci dulu daun sirih merah, lalu rebus dalam 300 ml air hingga mendidih. Diamkan sampai tidak terlalu panas, lalu minum rutin sehari dua kali.

5. Mengobati Sakit Perut

Manfaat daun sirih merah lainnya yaitu mampu mengobati sakit perut. Kandungan terpenoid dan lavikula pada daun sirih merah dipercaya ampuh mengobati sakit perut. Untuk anda yang mengalami sakit perut bisa mencoba ramuan herbal rebusan daun sirih merah. Anda cukup merebus 5-7 daun sirih merah, lalu minum air rebusannya secara teratur hingga sakit perut anda mereda.

6. Mengobati Bronkitis

Daun sirih merah ternyata mampu mengobati sakit bronkitis. Konsumsi air rebusan daun sirih maksimal 3 kali sehari, dan anda akan merasakan perbedaannya.

7. Mengobati Tumor Ringan

Manfaat daun sirih merah selanjutnya yakni mampu mengobati tumor ringan. Daun sirih merah mengandung antioksidan, terpenoiddan flavonoid yang dipercaya mampu mengatasi tumor ringan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang meningkat akan membuat sel darah putih mudah menghancurkan zat pemicu tumor.

8. Obati Penyakit Jantung

Daun sirih merah bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit jantung/koroner. Anda bisa mencobanya dengan cara menghaluskan daun sirih terlebih dahulu, lalu campurkan dengan buah kemukus, bawang merah dan jintan. Endapkan ramuan yang sudah dicampurkan tersebut dengan air panas, lalu minum secara rutin.

9. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun sirih merah berikutnya yaitu mampu mengatasi masalah darah tinggi. Kandungan minyak alami pada daun sirih merah, mampu menurunkan tensi darah anda. Anda cukup merebusa beberapa lembar daun sirih merah, lalu minum pagi dan sore hari.

10. Memperlancar Buang Air Kecil

Jika anda mengalami masalah buang air kecil, cobalah membuat ramuan berbahan dasar daun sirih merah. Haluskan daun sirih merah lalu campurkan dengan segelas susu-madu. Konsumsi secara rutin, lalu anda akan merasakan manfaatnya yakni memperlancar buang air kecil.

11. Menghentikan Mimisan

Mengandung fenil popies dan terpene, manfaat daun sirih merah berikutnya yaitu bisa menghentikan mimisan pada hidung. Anda cukup menggulung sirih merah lalu masukan ke lubang hidung yang berdarah/mimisan.

12. Mengobati Luka Bakar Ringan

Karena mengandung alkaloid, antioksidan, dan vitamin C, daun sirih merah mampu mengobati luka bakar ringan. Apabila anda mengalami luka bakar ringan, cukup ambil beberapa lembar daun sirih merah lalu hancurkan dan tempelkan ke bagian tubuh yang terbakar.

13. Mengobati Gusi Berdarah

Manfaat daun sirih merah lainnya yaitu mampu meredakan pendarahan pada gusi. Hal tersebut karena daun sirih merah mengandung saponin,  kalsium, fosfor dan tanin, yang mampu meredakan pendaraan karena peradangan pada gusi. Anda cukup merebus beberapa lembar daun sirih merah, lalu air rebusan tersut pakai untuk berkumur minimal sehari tiga kali.

14. Mengobati Peradangan Prostat

Peradangan pada prostat dapat diobati dengan meminum rebusan daun sirih merah. Kandungan saponin, tanin dan hydroxychavico pada daun sirih merah mampu mengenerasi sel-sel di kelenjar prostat.

15. Daun Sirih Merah untuk Kecantikan

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan ternyata cukup menakjubkan. Sifat antiseptik yang terkandung pada daun sirih merah mengandung berbagai zat seperti minyak atsir, saponin, tanin dan flavonoid. Daun sirih merah dapat menghaluskan kulit, mencegah tumbuhnya jerawat, atasi gatal pada kulit dan mencegah penuaan dini.

Anda bisa mengonsumsi air rebusan atau menempelkan langsung daun sirih merah pada kulit untuk mendapatkan khasiat kecantikan.

Demikian kami sampaikan beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. Perlu menjadi catatan juga, jika Anda akan menggunakan sirih merah sebagai ramuan pengobatan penyakit yang anda derita, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter, agar segala kemungkinan bisa diminimalisir. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img