Manfaat Infused Water, Minuman Detoks yang Sedang Populer

manfaat infused water
Ilustrasi manfaat infused water. Foto: Istimewa

Manfaat infused water belakangan sedang banyak menjadi pembicaraan lantaran banyak dikonsumsi artis, selebritis dan public figur lainnya. Infused water merupakan minuman alternatif yang terbuat dari kombinasi air mineral dan buah yang kaya nutrisi.

Pembuatan minuman ini pun sangatlah mudah. Cukup dengan menambahan potongan buah atau sayuran ke dalam air mineral.

Air mineral yang sudah dicampur buah atau sayuran kemudian diamkan atau simpan dalam kulkas selama beberapa jam atau lebih bagus semalaman agar nutrisi buahnya semakin menyatu dengan air.

Anda bisa menggunakan berbagai jenis buah atau sayuran untuk dijadikan infused water. Pemilihan jenis buah ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh agar khasiatnya lebih optimal.

Dengan kombinasi antara buah atau sayuran yang direndam dalam air mineral membuat manfaat infused water untuk kesehatan sangat luar biasa. Itu karena dua kombinasi sempurna antara air mineral dan buah atau sayuran yang menyuplai ke dalam tubuh.

Air mineral menyuplai cairan ke dalam tubuh. Sementara buah atau sayuran menyuplai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Rasanya juga tidak lagi tawar setelah tercampur kombinasi buah atau sayuran.

Infused water juga menjadi minuman alternatif bagi yang kurang senang air putih atau mineral. Dengan tambahan irisan buah rasanya akan lebih enak dan menyegarkan. Banyak wanita yang menyukai minuman rasa ini terutama untuk diet.

Manfaat Infused Water untuk Kebugaran Tubuh

Infused water tak hanya baik sebagai minuman detoks untuk diet, namun juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Berikut ini beragam manfaat infused water untuk kebugaran dan kesehatan tubuh yang bisa Anda pilih dan bikin sendiri.

Untuk Detoks Alami

Campuran air mineral dengan buah-buahan yang umumnya mengandung vitamin C dan mineral penting berguna sebagai detoks alami untuk membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Minum infused water juga merupakan cara mudah mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Mungkin akan sangat merepotkan jika Anda harus makan berbagai buah dan sayuran atau minum suplemen untuk mencukupi nutrisi tubuh.

TCL

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat infused water yang sangat penting adalah untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi minuman ini secara rutin berguna untuk menangkal berbagai serangan penyakit.

Menangkal Penuaan Dini

Banyak wanita yang menyukai infused water karena kandungan antioksidannya yang berkhasiat untuk membuat kulit lebih cerah dan kencang. Konsumsi minuman ini secara teratur berguna untuk menangkal penuaan dini yang kerap terlihat pada wajah.

Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang terjaga dan lacar sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagi ancaman infeksi. Untuk mendapatkan manfaat infused water secara optimal sebaiknya konsumsi minuman ini secara rutin.

Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Konsumsi infused water juga merupakan cara praktis yang lebih memudahkan dalam menjalankan program diet. Tubuh akan tercukupi kebutuhan cairannya dan kandungan nutrisinya pun tersuplai dari serat buah yang dicampurkan.

Meredakan Stres

Buat Anda yang sibuk dengan pekerjaan kantor atau bisnis tentunya memerlukan asupan yang bisa meredakan stres yang dialami. Anda bisa mengambil manfaat infused water lemon dan lavender yang bisa mengurangi kecemasan.

Pengganti Air Putih

Minum air putih yang cukup sangat dianjurkan untuk menjaga fungsi organ tubuh. Namun saran ini tidak mudah bagi orang yang tidak senang air putih. Karena itu infused water bisa menjadi alternatif pengganti air putih.

Cara Membuat dan Aturan Minum Infused Water dalam Sehari

Cara membuat infused water sangatlah mudah. Tambahkan saja potongan atau perasan buah atau sayuran ke dalam air putih. Yang penting diamkan beberapa jam sebelum diminum agar nutrisi dan rasanya menyatu dengan air.

Ada banyak jenis buah, sayuran atau rempah yang bisa digunakan untuk membuat infused water. Pemilihan ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan manfaat infused water yang Anda inginkan.

Diantaranya semangka, apel, jeruk, lemon, blueberry, stroberi, kiwi, mentimun, tomat dan lainnya. Untuk sayuran atau bahan lainnya Anda bisa menggunakan kemangi, mint, kayu manis, jahe atau yang lainnya.

Untuk aturan minum infused water dalam sehari sebenarnya tak ada ketentuannya. Yang penting tidak berlebihan untuk jenis buah tertentu. Sebaliknya, variasikan buah atau sayuran agar manfaat infused water lebih optimal. (R9/HR-Online)

Loading...