Manfaat Jawer Kotok, Ampuh Obati Wasir dan Sembelit

Manfaat Jawer Kotok, Ampuh Obati Wasir dan Sembelit
Jawer kotok yang biasa dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Foto:Ist/net

Manfaat jawer kotok untuk kesehatan mungkin belum banyak orang yang tahu. Nama jawer kotok pun sepertinya asing di telinga masyarakat. Jawer Kotok lebih dikenal sebagai tanaman hias oleh masyarakat Jawa Barat atau masyarakat sunda.

Nama latin dari jawer kotok adalah plectranthus scotellaroides. Tanaman herbal ini tumbuh subur di pekarangan rumah, ladang atau pun kebun. Memiliki warna ungu dan hijau yang cerah dan indah, banyak masyarakat yang menjadikan jawer kotok sebagai tanaman hias. Tanaman ini tumbuh dimana saja, dan mudah dibudidayakan. Anda tinggal menanam batang tanaman ini (stek), lalu jawer kotok akan tumbuh dengan sendirinya.

Bentuk daunnya sendiri menyerupai hati, dan dibagian sisi daunnya berbentuk gerigi. Tidak hanya menjadi tanaman hias, manfaat jawer kotok ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh dan obat dari berbagai penyakit.

Jawer kotok memiliki sifat anti-radang alais dan anti-inflamasi. Berdasarkan hasil penelitian para ahli menyebut, jawer kotok mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, antiseptic, anti-hipertensi, dan juga anti-kanker. Tanaman ini pun memiliki kandungan  mineral, zat pati, zat alkaloids, dan minyak terbang yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jawer Kotok Sebagai Tanaman Obat

Setelah kita jelaskan apa itu jawer kotok, telah kita rangkum pula beberapa manfaat jawer kotok untuk mengobati penyakit yang mungkin anda derita:

1. Ambeien atau Wasir

Jawer kotok dipercaya sejak dulu ampuh mengobati sakit ambeien atau wasir. Jika anda penderita wasir, ada baiknya mencoba ramuan jawer kotok. Selain menyiapkan jawer kotok sebagai bahan utama, sediakan pula kunyit dan daun ngokilo. Rebus bahan-bahan tadi dalam air mendidih. Minum air rebusan tersebut sehari tiga kali.

2. Sembelit

Selain untuk pengobatan sakit ambeien, manfaat jawer kotok ternyata sangat ampuh mengobati sembelit.  Jika sembelit tak kunjung diobati, maka akan berpotensi menyebabkan ambeien.

3. Mengobati Luka

Jika anda mengalami luka ringan seperti tersayat pisau dan lainnya, anda tidak usah repot-repot mencari atau membeli obat merah. Cukup remas-remas daun jawer kotok beberapa helai saja, setelah hancur, tempelkan ke bagian tubuh yang terluka.

4. Radang Anak Telinga

Manfaat jawer kotok selanjutnya, yakni bisa dijadikan obat tetes radang anak telinga. Anda bisa menyiapkan beberapa helai daun jawer kotok dengan air secukupnya. Haluskan daun jawer kotok, lalu tambahkan beberapa sendok air, setelah itu peras. Air perasaan tersebut teteskan ke anak telinga yang mengalami peradangan.

5. Atasi Masalah Keputihan

Mengalami masalah keputihan pada wanita tentu sangat mengganggu kenyamanan penderitanya.  Untuk menghilangkan keputihan, anda bisa memanfaatkan ramuan jawer kotok. Caranya ambil beberapa helai daun jawer kotok, rebus dengan air secukupnya. Tunggu hingga dingin lalu saring dan minum secara rutin, bisa dicampur madu atau gula.

6. Atasi Terlambat Datang Bulan

Bagi kaum hawa yang kesulitan atau terlambat datang bulan (haid), bisa mencoba manfaat jawer kotok. Untuk mendapat khasiatnya, anda hanya perlu merebus beberapa helai daun jawer kotok dengan air, lalu setelah dingin saring dan minum sehari satu kali. Beberapa orang telah membuktikan khasiat jawer kotok bisa mempercepat datang bulan.

7. Bisul

Selain bisa digunakan untuk obat luka luar, daun jawer kotok pun bisa digunakan untuk mengobati bisul. Caranya, ambil beberapa helai daun jawer kotok yang sudah dibersihkan, lalu olesi dengan minyak kelapa. Sesudah itu, garang dalam tungku api hingga hangat. Setelah hangat, tempelkan daun jawer kotok tersebut pada bagian tubuh yang mengalami bisul.

8. Radang Usus

Manfaat jawer kotok yang tak kalah pentingnya adalah mampu meredakan peradangan pada usus. Anda cukup merebus beberapa helai daun jawer kotok, campurkan dengan kunyit dan madu secukupnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari, sampai sakit radang usus anda mereda.

9. Obati Sakit Mata dan Mata Merah

Untuk mengobati sakit mata menggunakan daun jawer kotok, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, anda bisa merebus langsung beberapa helai daun jawer kotok lalu meminumnya secara langsung. Kedua, anda bisa menempelkan langsung daun jawer kotok yang sudah dibersihkan dan dihasulkan di bagian sisi tepi, llau tempelkan ke bagian mata yang sakit.

Demikianlah rangkuman manfaat jawer kotok yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat. Namun apabila anda ragu-ragu mengggunakan ramuan daun jawer kotok sebagai tanaman obat, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Meski belum ditemukan efek samping dari penggunaan daun jawer kotok, namun ada baiknya anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi jawer kotok, untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...