Manfaat Kacang Edamame, Super Food yang Enak dan Bergizi

Manfaat kacang edamame
Manfaat kacang edamame. Foto: Istimewa

Manfaat kacang edamame untuk kesehatan tubuh mungkin belum banyak dikenal secara umum. Padahal edamame termasuk menu makanan yang sangat populer dan banyak disajikan di restoran Jepang.

Edamame populer dengan sebutan kacang kedelai Jepang. Karena sering digunakan untuk masakan Jepang. Kacang polong ini umumnya dikukus atau direbus dan ditaburi garam ataupun untuk campuran sayur sup.

Manfaat kacang edamame yang juga dikenal sebagai super foods ini sangat baik dikonsumsi. Kandungan nutrisinya terbilang beragam dan tinggi kadarnya. Seperti kandungan energi, karbohidrat, protein, asam amino, serat, lemak dan gula.

Kedelai ini juga kaya vitamin, seperti vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, asam folat, vitamin B6, vitamin E dan tokoferol. Mineralnya meliputi kalsium, kalium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, fosfor, natrium dan mangan.

Manfaat Kacang Edamame untuk Kesehatan

Kandungan nutrisinya yang tinggi dan beragam membuat sayuran ini sangat berguna dikonsumsi secara rutin. Berikut ini segudang manfaat kacang edamame untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Edamame yang kaya nutrisi, vitamin dan antioksidan sangat berguna dikonsumsi karena bisa menguatkan sistem imunitas tubuh. Super food ini disarankan dikonsumsi rutin untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat edamame untuk kesehatan juga berkhasiat menguatkan tulang. Kacang ini kaya dengan kandungan kalsium, zat besi, fosfor dan vitamin E yang penting untuk membuat tulang lebih padat dan kuat sekaligus menangkal osteoporosis.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kacang edamame yang menarik adalah khasiatnya dalam menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas. Isoflavonnya efektif untuk membuat kulit lebih cerah, lebih halus dan jauh dari kerutan.

Meningkatkan Kesehatan Paru

Penelitian menemukan kandungan asupan genistein dalam edamame berkhasiat dalam memperbaiki dan meningkatkan fungsi paru. Karena itu makan secara rutin kacang edamame sangat baik untuk paru-paru Anda.

Bersifat Menenangkan untuk Atasi Depresi

Manfaat kacang edamame juga dari kandungan asam folat yang bersifat menenangkan, sehingga baik untuk meredakan stres dan depresi. Konsumsi edamame secara rutin bisa mencegah produksi homosistein berlebihan.

Menurunkan Berat Badan

Ngemil kacang edamame sangat baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan seratnya tinggi, rendah kalori dan nutrisinya sangat baik untuk mendukung program diet.

Menambah Kesuburan

Harvard Medical School’s Harvard Health Publications melaporkan konsumsi edamame efektif meningkatkan kesuburan wanita yang ingin hamil. Kandungan zat besi dan nutrisinya penting untuk Anda yang ingin cepat hamil.

Melancarkan Pencernaan

Seperti kacang-kacangan lainnya, manfaat kacang edamame juga efektif untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi sayuran ini secara rutin berguna untuk menjauhkan tubuh dari diare, sembelit dan gangguan perut lainnya.

Menangkal Gangguan Mental

Penelitian menemukan orang yang makan edamame dalam porsi lebih banyak memiliki risiko lebih rendah terhadap gangguan mental. Sifat antioksidan dan nutrisinya berkhasiat dalam melindungi dan menguatkan sistem syaraf.

Menangkal Tumor dan Kanker

Manfaat kacang edamame yang tak kalah pentingnya adalah menangkal dan mengatasi tumor dan kanker. Nutrisi kedelai Jepang ini bersifat anti kanker yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker prostat.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Sebuah studi tahun 2006 menyimpulkan konsumsi edamame mampu mengendalikan dan menurunkan kadar gula darah. Sayuran ini juga berkhasiat menguatkan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Memanjangkan Umur

Kandungan daidzein dalam edamame bersifat antioksidan yang kabarnya mampu membuat umur lebih panjang. Karena itu sangat penting mengonsumsi kacang ini secara rutin untuk membuat tubuh jauh dari penyakit.

Itulah beragam manfaat kacang edamame untuk kesehatan dan kecantikan yang begitu besar. Konsumsi rutin kacang kedelai Jepang ini akan membuat tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit. (R9/HR-Online)

Loading...