Manfaat Kunyit untuk Kecantikan, Cegah Penuaan Dini Hingga Atasi Ketombe

Manfaat kunyit untuk kecantikan selain dapat mencerahkan wajah juga memiliki fungsi lain, seperti mengatasi hiperpigmentasi dan masalah ketombe.
Manfaat kunyit untuk kecantikan selain dapat mencerahkan wajah juga memiliki fungsi lain, seperti mengatasi hiperpigmentasi dan masalah ketombe. Photo: Net/Ist.

Manfaat kunyit untuk kecantikan selain dapat mencerahkan wajah juga memiliki fungsi lain, seperti mengatasi hiperpigmentasi dan masalah ketombe. Selain itu, manfaat kunyit untuk kecantikan sangat efektif melawan jerawat membandel.

Dirangkum dari berbagai sumber, sifat antioksidan yang baik dalam curcumin yang merupakan kandungan warna kuning pada kunyit mampu mengurangi radikal bebas, anti jamur, anti peradangan, dan anti bakteri, menjadikan kunyit sebagai bahan efektif melawan jerawat.

11 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

Karena adanya senyawa aktif curcumin di dalamnya, sehingga sejak ratusan tahun silam, kunyit digunakan sebagai bahan untuk kecantikan dan juga penyembuh.

Mencegah Sel Kulit Mati

Kunyit mampu mengangkat sel-sel kulit wajah yang mati. Kunyit bermanfaat sebagai eksfoliasi lantaran kandungan dan teksturnya dapat mengelupaskan sel kulit yang mati secara lembut.

Campurkan bubuk kunyit dan tepung kacang arab atau kacang garbanzo dengan sedikit air sampai menjadi scrub.

Kemudian, aplikasikan secara merata ke wajah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan rutin 2 kali seminggu.

Mencegah Keriput dan Penuaan Dini

Manfaat kunyit untuk kecantikan berikutnya bisa mencegah keriput dan penuaan dini akibat paparan sinar UV yang menjadi musuh besar bagi kulit wajah.

Paparan langsung sinar UV dapat menyebabkan kulit wajah terbakar, memunculkan garis halus, keriput, hiper pigmentasi hingga kanker kulit.

Sebuah studi menyebutkan, antioksidan yang terkandung pada kunyit dapat membantu mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari, serta turunkan risiko penuaan dini.

Sebab, kunyit bisa mencegah terbentuknya enzim elastase yang dapat mengurangi kemampuan kulit dalam memproduksi elastin. Ini bermanfaat menjaga elastisitas kulit serta kekenyalannya.

Wajah Bercahaya

Kunyit memiliki kandungan senyawa anti pembengkakan dan antioksidan. Kedua senyawa tersebut akan membantu wajah lebih cerah alami dan tentunya sehat.

Sebuah penelitian menyebutkan, kunyit terbukti dapat mencerahkan kulit hanya dalam waktu 3 minggu. Kunyit bisa mencerahkan kulit secara alami dan tidak berbahaya.

Gunakan kunyit secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal, sehingga kulit wajah kamu akan tetap bersih, segar dan cantik.

Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat kunyit untuk kecantikan salah satunya dapat mengatasi masalah minyak berlebih di wajah. Karena, kunyit bisa membantu mengontrol produksi minyak yang tinggi dan sebum pada pori-pori wajah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan kunyit sebagai bahan dasarnya. Kemudian, campurkan kunyit bubu sebanyak 2 sendok makan dengan 3 sendok makan air lemon atau jeruk nipis yang telah matang.

Setelah itu, oleskan secara merata di wajah, lalu diamkan 15 menit. Selanjutnya, basuh dengan air hangat sampai bersih.

Anti Jerawat

Manfaat kunyit untuk kecantikan berikutnya adalah mengatasi jerawat yang membandel dan menyembuhkan luka bekas jerawat.

Bahan aktif curcumin akan membantu kamu mengurangi jerawat, whiteheads, blackheads, dan pustules.

Studi yang dilakukan tahun 2013 menyebutkan bahwa, cara terbaik untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan mengkombinasikan kunyit dengan asam lauric.

Mengatasi Pigmentasi

Efek antiseptik dan anti-inflamasi yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk mengatasi masalah pigmentasi pada kulit, sekaligus mendinginkan kulit akibat terbakar paparan sinar matahari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, cukup campurkan bubuk kunyit dengan jus timun segar sebanyak 20-30 menit. Lakukan dengan rutin hingga warna kulit kamu kembali normal.

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Jika kamu terlalu sering terkena paparan sinar UV, maka hal itu bisa merusak kulit wajah kamu. Agar terlindung dari paparan sinar matahari, kombinasi masker kunyit harus memakai bahan alami.

Penelitian lainnya menyebutkan, kunyit yang dikombinasikan dengan tomat dan yogurt bermanfaat untuk mendinginkan kulit setelah terpapar sinar UV.

Menyembuhkan Luka

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya yaitu dapat menyembuhkan luka di wajah yakni memakai obat-obatan mahal.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga menyebutkan kalau kunyit  ternata bisa berdampak baik pada jaringan kolagen dan tisu.

Kolagen inilah yang dapat menyebabkan kulit beregenerasi secara baik yang membuat kulit jadi tampak lebih muda dan kenyal.

Melembabkan Kulit Wajah

Bekerja di luar maupun di dalam ruangan yang ber AC bisa membuat kulit wajah menjadi lebih gampang kering.

Untuk mengatasinya, coba gunakan kunyit sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah agar tetap lembap berkat adanya nutrisi vitamin yang terkandung dalam kunyit.

Masker Wajah

Manfaat kunyit untuk kecantikan salah satunya dapat digunakan sebagai masker wajah. Campurkan kunyit, madu atau yogurt.

Kemudian, aplikasikan masker wajah dalam waktu 15 sampai 20 menit. Hal ini dapat mengurangi peradangan, mencegah kerutan, dan menghilangkan noda.

Mengatasi Ketombe

Kunyit mengandung anti peradangan yang luar biasa, sehingga tak heran bila bahan  ini juga bisa meredakan kulit kepala yang iritasi.

Campurkan kunyit dan minyak kelapa, lalu oleskan ke kepala dan biarkan selama 1 sampai 3 jam, setelah itu bilas pakai air hangat. Cara ini mampu mengatasi kulit kepala, termasuk masalah ketombe dan kunyit. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...