Manfaat Labu Kuning yang Bikin Awet Muda, Atasi Insomnia Hingga Kontrol Gula Darah

manfaat labu kuning
Ilustrasi manfaat labu kuning. Foto: Istimewa

Manfaat labu kuning sudah tergambarkan dari bentuknya yang besar. Yaps, buah labu kuning tak hanya enak untuk campuran es buah atau kolak, namun juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Labu kuning (Cucurbita) juga populer dengan sebutan waluh atau pumpkin dalam bahasa Inggris. Tanaman merambat yang masuk keluarga suku labu-labuan (Cucurbitaceae) ini diketahui berasal dari Amerika.

Nama labu kuning sebenarnya kurang tepat mengingat warna buah ini bukan kuning melainkan oranye. Daging buah labu kuning juga berwarna oranye dengan rasa manis namun agak asam dan renyah.

Warna oranye buah ini ternyata berhubungan dengan kandungan beta-karotena yang bersifat antioksidan. Nah, manfaat labu kuning untuk kesehatan tentunya berhubungan dengan nutrisinya yang penting.

Buah labu kuning mengandung vitamin A, C, E, B2, B3, B5, vitamin B6 dan asam folat. Buah ini juga kaya mineral seperti kalium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, zinc dan fosfor.

Yang menarik, labu kuning juga mengandung sejumlah senyawa yang sangat penting untuk kesehatan. Diantaranya karotenoid (lutein dan zeaxhantin) serta asam amino omega-3 dan omega-6 yang jarang terdapat dalam buah lain.

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bukan hanya rasanya yang enak dan cukup renyah, namun kandungan nutrisinya juga agak berbeda dengan buah lainnya. Berikut ini segudang manfaat labu kuning untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Sangat Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam labu kuning sangat tinggi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dikutip dari Health Line, mengonsumsi labu kuning 100 gram saja mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Meningkatkan Imunitas dan Menangkal Kanker

Manfaat labu kuning juga karena kandungan vitamin C dan B yang sangat baik dalam meningkatkan imunitas dan melindungi tubuh. Sifat anti oksidan buah ini juga penting untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Melancarkan Pencernaan Tubuh

Buah labu kuning juga kaya serat dan senyawa aktif yang penting dalam melancarkan pencernaan. Konsumsi buah ini berguna untuk mengatasi gangguan perut, seperti diare, sembelit dan problem BAB.

Mengatasi Insomnia

Labu kuning juga baik dikonsumsi karena kandungan asam aminonya. Nutrisi ini dapat merangsang produksi hormon serotonin yang memberikan efek relaksasi. Selain anti stres dan depresi, buah ini berguna untuk atasi insomnia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat labu kuning yang juga sangat besar adalah melindungi dan meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kalium, serat dan vitamin C buah ini mampu menangkal kolesterol jahat dan mencegah kerusakan sel pembuluh darah.

Mengontrol Gula Darah Diabetes

Buah labu yang kaya serat dan rendah indeks glikemiknya termasuk makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Selain bisa sebagai pengganti nasi, buah ini juga kaya senyawa penting untuk menjaga kadar gula darah.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat labu kuning untuk bayi dan anak-anak juga besar. Kandungan kalsium dan fosfor dalam labu ini dibutuhkan anak-anak untuk menguatkan tulang dan gigi. Buah ini juga bisa menangkal osteoporosis.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat tinggi buah ini sangat penting untuk Anda yang sedang diet. Konsumsi labu kuning bukan saja akan melancarkan pencernaan, namun juga efektif untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

Menjaga Kesegaran Kulit dan Bikin Awet Muda

Kandungan beta-karoten dari warna oranye labu kuning ini berfungsi sebagai tabir surya alami untuk melindungi kulit. Kandungan vitamin C dan E juga merangsang produksi kolagen yang membuat kulit kencang dan awet muda.

Itulah berbagai manfaat labu kuning untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat besar. Konsumsi labu kuning secara rutin sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. (R9/HR-Online)