Manfaat Leunca untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jadi Alat Kontrasepsi Juga

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan yang jarang diketahui.
Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan yang jarang diketahui. Photo: Net/Ist.

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan yang jarang diketahui. Tak hanya sebagai lalapan, tapi ada beragam manfaat leunca untuk kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Leunca ini termasuk jenis tanaman buah dan masih serumpun dengan terong. Sebelumnya eunca tumbuh di wilayah Asia Barat, lalu menyebar ke beberapa wilayah lain di Asia, termasuk Indonesia.

Bahkan sudah menyebar hingga benua Eropa dan Amerika. Tanaman tersebut sering dimanfaatkan sebagai lalapan, terutama dalam masakan Sunda.

Leunca atau dalam bahasa Latin bernama Solanum Nigrum L memiliki rasa yang pahit tapi menyegarkan. Oleh karena itu leunca sering dijadikan sebagai kombinasi lalapan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/01/2020), leunca mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Berikut ini penjelasannya.

10 Manfaat Leunca untuk Kesehatan

Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala paling umum dialami oleh setiap orang. Sakit kepala munculnya bisa secara bertahap atau bisa juga secara mendadak.

Nyerinya sering terasa di satu bagian sisi kepala, dan penyakit yang biasanya disepelakan ini dapat mengganggu aktivitas kita.

Leunca mampu meringankan masalah sakit kepala karena di dalamnya terkandung analgetik. Di negara Mexico, leunca biasa digunakan untuk obat sakit kepala.

Obat Alami Demam

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh berikutnya yaitu sebagai obat alami demam karena tanaman jenis buah ini mempunyai sifat antipiretik yang mampu menurunkan panas.

Diketahui bahwa di dalam obat penurun panas atau demam biasanya terkandung zat antipiretik yang berfungsi menghambat sintesa serta pelepasan prostaglandin E2.

Mencegah Kanker

Leunca juga memiliki manfaat sehat untuk mencegah kanker sebagai penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang.

Rutin mengonsumsi leunca secara teratur dapat mencegah munculnya penyakit kanker. Hal itu berkat adanya solasonine, solanine, solamargine, dan solasodine yang terkandung dalam buah leunca.

Empat senyawa tersebut dinyakini mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh yang tidak terkendali.

Ada beberapa jenis penyakit kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi leunca, seperti kanker payudara, lambung, kanker saluran pernapasan, hingga kanker leher rahim.

Mencegah Hipertensi

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mencegah hipertensi. Bagi Anda yang suka mengonsumsi leunca, selain bisa menambah selera makan, lalapan ini juga bermanfaat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Dengan begitu, tubuh pun akan terhindar dari hipertensi (tekanan darah tinggi). Seperti diketahui bahwa tidak lancarnya aliran darah dalam tubuh menjadi salah satu penyebab terjadinya hipertensi.

Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu untuk mencegah serta menyembuhkan infeksi pada saluran kemih, karena leunca mengandung senyawa antidiuretik.

Penting diketahui bahwa penyakit infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri di organ saluran kencing.

Bakteri yang menjadi penyebab infeksi ini memengaruhi kandung kemih, ginjal, serta tabung yang mengalir di antara organ tersebut.

Infeski saluran kemih lebih sering dialami oleh wanita dibanding pria, karena wanita punya uretra lebih pendek.

Gejala yang muncul seperti nyeri saat kencing, kerap buang air kecil atau biasa disebut anyang-anyangan, urin keruh dan berbau, hingga terdapat darah atau nanah dalam urin.

Menjaga Kesehatan Kulit

Leunca juga bermanfaat untuk kesehatan kulit karena leunca mengandung vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C.

Sebuah studi mengungkap bahwa vitamin C yang terkandung dalam buah leunca mampu menjaga serta merawat kesehatan kulit.

Khasiat tersebut dipengaruhi vitamin C yang punya sifat antioksidan untuk menghalau radikal bebas sebagai penyebab terjadinya kerusakan sel-sel kulit.

Ketika sel kulit rusak tentu akan berimbas terhadap berbagai masalah kulit, misalnya muncul flek hitam, kerutan, dan garis-garis halus di wajah.

Merawat Kesehatan Mata

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh salah satunya untuk merawat kesehatan mata, karena leunca juga menjadi sumber vitamin A paling baik. Diketahui buah tersebut mengandung 1,900 SI vitamin A.

Membentuk dan Merawat Tulang

Mineral berupa kalsium yang terkandung dalam leunca dinilai sangat efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang, termasuk merawat kekuatan tulang dan menjaga kesehatannya.

Jadi, beruntunglah bagi Anda yang ‘doyan’ makan leunca, karena tanpa disadari Anda sudah terbiasa merawat kesehatan tulang.

Mengatasi Peradangan

Manfaat leunca berikutnya yaitu untuk mengatasi masalah peradangan atau inflamasi. Hal itu tak lepas berkat adanya senyawa kimia alami yang terkandung di dalam leunca.

Senyawa tersebut mempunyai sifat anti-inflamasi. Namun, untuk mempercepat proses penyembuhan peradangan harus didukung oleh cara mengatasi peradangan lainnya. Tidak bergantung sepenuhnya pada leunca.

Alat Kontrasepsi Alami

Jika Anda tengah menjalani program KB (Keluarga Berencana), leunca dapat dijadikan alternatif sebagai alat kontrasepsi.

Percaya ataupun tidak, namun manfaat leunca salah satunya dapat mencegah kehamilan. Leunca dipercaya mampu mengurangi kualitas serta kuantitas sperma, dengan begitu maka potensi bisa membuahi rahim dapat diminimalisir.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada penelitian secara spesifik yang bisa membuktikan hal tersebut.

Untuk mencegah kehamilan, sebaiknya Ada tidak bergantung pada buah tersebut. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...