Manfaat Mahkota Dewa, Beracun Tapi Ampuh Atasi Diabetes, Tumor dan Penyakit Kulit

manfaat mahkota dewa
Manfaat mahkota dewa. Foto: Istimewa

Manfaat mahkota dewa pernah menjadi topik yang kontroversial mengingat khasiat sekaligus ancaman bahaya dibaliknya. Selain berkhasiat obat, tanaman mahkota dewa ini juga mengandung racun yang mematikan.

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) termasuk tumbuhan yang masuk dalam keluarga Thymelacceae. Tanaman ini merupakan herbal asli Nusantara yang berasal dari Papua atau Irian Jaya.

Tanaman ini juga terkenal dengan sebutan makuto rojo, makuto ratu, makuto ratu, obat dewa, makutadewa atau simalakama. Dalam bahasa Inggris disebut Crown of God.

Buah mahkota dewa inilah yang sejatinya ditunjuk dalam peribahasa yang terkenal itu. Sebab dibalik khasiatnya, buah ini juga mengandung racun terutama jika salah dalam mengolahnya.

Tumbuhan ini sering dijadikan sebagai tanaman peneduh karena ketinggiannya yang tanggung, yaitu sekitar 2 hingga 3 meter. Buahnya berwarna merah menyala seukuran bola tenis atau lebih kecil.

Manfaat Mahkota Dewa untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat mahkota dewa untuk dijadikan herbal adalah bagian daun dan buahnya. Hal ini karena kedua bagian ini kaya dengan kandungan alkaloid, saponin, polifenol dan flavonoid.

Daun mahkota dewa juga mengandung antihistamin. Sedangkan dalam kulit buahnya terdapat tanin, sterol, fenol, lignan dan minyak atsiri. Senyawa aktif ini sangat berkhasiat dalam mengobati dan meredakan berbagai penyakit.

Alkaloid bersifat detoksifikasi yang ampuh dalam menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan polifenol berfungsi sebagai anti histamin (anti alergi).

Polifenol adalah jenis senyawa sisquiterpen yang berfungsi memperbaiki melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan akibat kolesterol, tekanan darah tinggi atau penyakit lain.

Saponin yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti virus, berguna meningkatkan vitalitas dan sistem kekebalan tubuh, mencegah penggumpalan darah serta menurunkan kadar gula darah.

Flavonoid bersifat antioksidan, anti inflamasi (anti radang), mengurangi rasa sakit, mencegah penyumbatan dan melancarkan peredaran darah, menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah, sehingga menekan risiko penyakit jantung koroner.

Dengan kandungannya itu manfaat mahkota dewa berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Diantaranya:

  1. Menangkal radikal bebas
  2. Meningkatkan kerja metabolisme tubuh
  3. Meningkatkan sistem imunitas dan kekebalan tubuh
  4. Sifat analgesiknya berkhasiat mengatasi sakit kepala
  5. Mengatasi penyakit flu dan batuk
  6. Sebagai antivirus dan antibakteri serta mengatasi penyakit karena virus dan bakteri
  7. Manfaat mahkota dewa juga efektif mengobati penyakit tumor dan kanker.
  8. Meningkatkan vitalitas, khususnya kaum pria karena sifat afrodisiaknya.
  9. Mengeluarkan racun dan melancarkan sistem pencernaan
  10. Mengontrol dan menurunkan kolesterol jahat
  11. Membantu mencegah terjadinya pengentalan darah yang bisa memicu penggumpalan darah.
  12. Menurunkan dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner dan stroke.
  13. Sifat anti histaminnya dapat mengatasi alergi seperti gatal, rhinitis, ruam, pembengkakan, memerah, hingga sulit bernapas.
  14. Menyembuhkan infeksi dan gatal pada kulit
  15. Meredakan dan mengatasi asam urat dan nyeri sendi.
  16. Menyembuhkan penyakit diabetes dengan mengontrol kadar gula darah.

Cara Mengolah dan Aturan Minum Mahkota Dewa

Sebagai bahan herbal yang telah dikenal di dunia atau dalam dunia pengobatan tradisional, tak sedikit masyarakat yang merasakan langsung manfaat mahkota dewa dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Namun, karena adanya kandungan racun di dalam herbal ini, maka tentunya harus diwaspadai efek samping minum air rebusan mahkota dewa. Namun sangat sarankan untuk tidak memakan langsung buah ini.

Untuk cara mengolah buah mahkota dewa yang disarankan adalah dikeringkan terlebih dahulu. Selain untuk membuang kandungan air, juga berguna untuk mengurangi kadar racunnya.

Selain itu konsumsi air rebusan mahkota dewa hanya untuk mengobati penyakit dan segera berhenti setelah sembuh. Konsumsi herbal ini dalam jangka lama justru bisa merusak organ tubuh.

Itulah manfaat mahkota dewa untuk kesehatan yang sangat ampuh dalam mengobati berbagai penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit seperti yang sudah diulas di atas. (R9/HR-Online)

Aegis Boost Pro