Manfaat Makan Oatmeal, Sumber Energi Sehat dan Baik untuk Diet

manfaat makan oatmeal
Manfaat makan oatmeal. Foto: Istimewa

Ada banyak sekali manfaat makan oatmeal untuk kesehatan. Selain mengenyangkan, oatmeal juga seperti layaknya nasi yang kaya karbohidrat dan protein atau asupan gizi yang berguna mengembalikan energi tubuh.

Oatmeal adalah sejenis makanan yang dibuat dari gandum kering atau gandum utuh yang ditumbuk kasar. Untuk menambah rasa agar lebih nikmat, biasanya ditambahkan susu sapi atau susu nabati dan air.

Di pasaran juga telah banyak dijual produk oatmeal instan yang siap seduh. Selain ditambahkan susu, ada juga oatmeal instan yang ditambahkan dengan buah-buahan dan rempah.

Pamor oatmeal belakangan makin populer karena disarankan untuk dikonsumsi pasien dan penderita penyakit jantung dan diabetes. Manfaat makan oatmeal sangat baik karena kandungan nutrisinya yang sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Oatmeal mengandung energi, protein, karbohidrat, serat, lemak, thiamine (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), pantothenic acid (B5), folat (B9), vitamin E, vitamin K, kalsium, magnesium, potassium, zat besi, mangan, fosfor, zinc dan sodium.

Manfaat Makan Oatmeal untuk Kesehatan

Oatmeal juga dikenal sebagai superfood untuk menggantikan nasi, khususnya buat yang menjalankan program diet atau sedang dalam pemulihan pasca sakit. Berikut ini beragam manfaat makan oatmeal yang wajib Anda tahu.

Sumber Energi Tubuh

Sarapan pagi merupakan waktu makan paling penting untuk kesehatan tubuh. Sarapan dengan makanan yang berkualitas dan bergizi akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk mengoptimalkan semua fungsi tubuh.

Manfaat makan oatmeal tidak hanya mencukupi kebutuhan karbohidrat, namun juga protein dan energi. Berbeda dengan sarapan nasi yang membuat ngantuk, makan oatmeal tidak membuat ngantuk karena diubah menjadi energi yang tahan lama.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Oatmeal termasuk makanan dengan kandungan protein, vitamin dan mineral yang lengkap dan tinggi. Bahkan kandungan nutrisi mikro dalam makanan ini juga memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Khususnya buat orangtua yang anak-anaknya sulit makan sayur atau buah, sarapan dengan oatmeal sangat baik untuk mensubtitusi kurangnya asupan sayuran anak.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain itu, manfaat makan oatmeal ternyata efektif untuk menurunkan kadar kolesterol total. Sejumlah penelitian juga menemukan manfaat oatmeal untuk jantung karena kandungan beta-glukan yang berkhasiat menurunkan kolesterol jahat.

Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Oatmeal kaya dengan kandungan serat larut yang sangat baik untuk Anda yang menjalankan program diet. Manfaat oatmeal untuk diet bukan saja akan membuat tenaga bertambah, namun juga membuat kenyang lebih lama.

Sangat Disarankan untuk Penderita Diabetes

Oatmeal diketahui mengandung beta-glukan, jenis serat larut yang baik untuk menurunkan gula darah dan meningkatkan respon insulin. Sejumlah penelitian menemukan pengaruh yang signifikan dari manfaat makan oatmeal bagi penderita diabetes.

Namun agar konsumsi makanan ini tidak berdampak negatif, hindari menambahkan gula atau pemanis buatan lainnya. Atur juga porsinya agar tidak berlebihan dan efektif dalam mengendalikan kadar gula darah.

Mengatasi Insomnia

Oatmeal memang ideal untuk sarapan. Namun manfaat makan oatmeal pada malam hari juga berguna mengatasi insomnia. Jika Anda mengalami gangguan tidur atau gelisah, cobalah makan semangkok oatmeal pada malam hari.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat beta-glukan dalam oatmeal berkhasiat dalam melancarkan pencernaan. Sarapan dengan makanan ini juga berguna untuk melindungi pencernaan dari serangan infeksi bakteri.

Cara Membuat Oatmeal untuk Sarapan

Besarnya manfaat makan oatmeal bisa dimasukkan dalam menu sarapan sehat harian buat keluaga di rumah. Untuk cara membuat oatmeal sarapan juga mudah.

Didihkan saja sekitar 1,5 gelas susu hingga mendidih lalu tambahkan dengan secangkir oatmeal. Masak sebentar sambil diaduk lalu angkat dan sajikan di mangkuk.

Anda bisa menambahkan toping sesuai selera agar rasanya lebih enak, seperti madu, kismis, kacang almond atau kenari, telur rebus atau buah-buahan segar.

Itulah berbagai manfaat makan oatmeal sebagai menu sarapan sehat yang bisa Anda sajikan setiap hari. Konsumsi oatmeal bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak agar selalu sehat dan jauh dari penyakit. (R9/HR-Online)