Mencukur Bulu Ketiak Ternyata Ada Manfaatnya, Asal….

mencukur bulu ketiak
Ilustrasi mencukur bulu ketiak. Foto: Istimewa

Ada anggapan bahwa mencukur bulu ketiak tidak baik untuk kesehatan. Namun tak sedikit pula yang tidak tahu dan ikut memangkas habis bulu ketiak. Kebiasaan itu seperti banyak dilakukan para artis dan selebriti lainnya.

Masyarakat umumnya memahami bahwa apa pun yang diberikan Tuhan tidak boleh dihilangkan atau dibuang. Begitu juga dengan bulu ketiak yang memang dimiliki setiap manusia. Fungsinya tentunya juga banyak.

Keberadaan bulu ketiak merupakan tanda bahwa hormon reproduksi yang dimiliki tubuh masih berfungsi baik dan aktif. Melalui hormon androgen inilah jenis, bentuk, ketebalan serta cara mencukur bulu ketiak berbeda dengan orang lain.

Karena merupakan anugerah, bulu ketiak memang memiliki fungsi penting bagi kesehatan tubuh. Baik untuk melindungi tubuh dari racun atau bakteri yang akan masuk sekaligus ikut menjaga stabilitas suhu tubuh.

Namun keputusan untuk mencukur bulu ketiak atau tidak tak jarang bersifat dilematis. Meskipun mengetahui ada kerugian jika memangkasnya, namun tak sedikit yang melakukannya. Hal ini terutama karena faktor estetika.

Namun tahukah Anda jika memangkas bulu ketiak tak selalu buruk. Bahkan ada juga manfaatnya. Penasaran bagaimana hal ini malah berguna, yuk simak penjelasannya.

Manfaat Mencukur Bulu Ketiak

Seperti halnya rambut yang terdapat di kepala, seiring berjalannya waktu, bulu ketiak juga selalu tumbuh menjadi lebih panjang. Jika bulu ini tidak dipotong atau dipelihara tentunya bisa membuat bulu ketiak menjadi lebat.

Mencukur bulu ketiak juga memiliki risiko. Menurut sebagian orang, memotongnya justru akan membuat bulu di ketiak makin subur pertumbuhannya. Termasuk mencukurnya hingga gundul.

Karena itulah orang yang pernah melakukannya tak akan mengulanginya. Pemotongan itu pun biasanya hanya dilakukan untuk membatasi panjangnya saja.

Meskipun begitu, mencukur bulu ketiak ternyata ada faedahnya. Berikut ini manfaat mencukur bulu pada ketiak yang sebaiknya Anda tahu.

Menekan Jumlah Keringat

Bau ketiak yang menyengat berhubungan erat dengan jumlah keringat yang dihasilkannya. Namun dengan mencukurnya ternyata dapat menurunkan produksi keringat pada bagian ketiak.

Jumlah keringat yang semakin sedikit juga menurunkan tingkat bau yang disebabkannya. Karena itulah untuk mengurangi bau ketiak yang mengganggu anda bisa melakukannya dengan mencukur bulu ketiak.

Mencegah Terjadinya Infeksi Bakteri

Memangkas rambut yang tumbuh di ketiak juga berguna untuk mencegah dan meminimalisir risiko infeksi karena bakteri. Hal ini karena permukaan kulit di sekitar ketiak terdapat banyak kelenjar keringat.

Dengan memangkas bulu ketiak tentunya akan menurunkan jumlah produksi keringat. Ketiak yang bersih dari rambut juga lebih rendah risikonya terkena infeksi bakteri yang biasanya menyerang keringat yang tak segera dibersihkan.

Tips Aman Mencukur Bulu Ketiak

Meskipun menggunduli ketiak ada manfaatnya, namun dalam melakukannya sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Selain untuk mencegah terjadinya luka, memangkas rambut ketiak asal-asalan juga bisa mengundang penyakit.

Berikut ini beberapa tips mudah dalam mencukur bulu ketiak agar tidak menimbulkan dampak buruk untuk tubuh.

Basahi Ketiak

Sebelum mencukur sebaiknya ketiak dibasahi terlebih dahulu dengan air. Selain akan memudahkan dalam memotongnya, hal ini juga berguna agar tidak terjadi iritasi karena ketik kering saat dicabut rambutnya.

Sebaiknya Gunakan Gunting

Mencukur bulu ketiak sebaiknya dilakukan secara bertahap. Untuk langkah awal gunakan gunting khusus, terutama untuk memotong bulu ketiak yang masih panjang. Hindari langsung menggunakan pisau cukur.

Memangkas dengan langsung menggunakan pisau cukur berisiko terjadi luka. Apalagi jika pisau cukur yang Anda gunakan tumpul. Permukaan ketiak yang tidak datar atau rata berisiko terjadinya luka gores.

Gunakan Gel

Sebaiknya gunakan gel atau peeling saat mencukur permukaan ketiak dengan pisau cukur. Namun pastikan pisau cukur yang digunakan sudah bersih dan steril. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya infeksi jika terjadi luka.

Dengan memperhatikan beberapa tips mencukur bulu ketiak di atas, diharapkan berbagai risiko infeksi bisa dicegah. (R9/HR-Online)