Manfaat Menguyah Permen Karet, Salah Satunya Bisa Kurangi Stres

Manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan sangat beragam.
Manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan sangat beragam. Photo: Ilustrasi.

Manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan sangat beragam. Mengunyah permen karet bermanfaat dari mulai untuk kesehatan gigi hingga mengurangi stres.

Permen karet menjadi salah satu makanan favorit banyak orang dari berbagai usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai kudapan ini.

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Banyak yang menganggap permen karet bisa merusak kesehatan gigi karena termasuk jenis permen yang manis.

Padahal, tanpa disadari ada manfaat yang dapat diperoleh dari kebiasaan mengunyah permen karet. Seperti yang dirangkum HR Online dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya.

Mencegah Ngemil Berlebih

Dengan mengunyah permen karet dapat membantu kamu terhindar dari kebiasaan ngemil berlebihan. Ini sangat membantumu untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, saat mulut sibuk tengah mengunyah permen karet, maka keinginan untuk ngemil akan hilang. Namun, disarankan jenis permen karetnya yang rendah gula.

Mengatasi Kerusakan Gigi

Mengunyah permen karet bermanfaat untuk meminimalisir munculnya karang gigi. Tetapi, manfaat ini hanya bisa diperoleh dari permen karet yang memiliki rasa tertentu saja.

Seorang dokter gigi, Dr. Michelle Yanover, mengatakan, manfaat tersebut dapat diperoleh dari jenis permen karet yang mengandung xylitol dan tidak memiliki rasa manis atau tanpa gula.

Diketahui kandungan xylitol ini dapat menghambat berkembangnya bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Selain itu, air liur yang berfungsi menjaga kesehatan mulut juga akan meningkat.

Mengurangi Stres

Manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan lainnya yaitu dapat membantu menenangkan saraf dan mengurangi stres.

Berdasarkan penelitian di tahun 2014 yang diterbitkan Journal of Prosthodontic Research, diketahui mengunyah permen karet dalam waktu 10 menit atau lebih bisa turunkan tingkat hormon kortisol, dan efektif untuk menenangkan saraf.

Meningkatkan Kondisi Otak

Manfaat mengunyah permen karet juga berdampak positif untuk meningkatkan kondisi otak dan menghilangkan rasa kantuk. Aroma kuat dari mint mampu menstimulus beberapa bagian otak sehingga membantu kamu tetap terjaga.

Menurut peneliti, mengunyah permen karet membuat aktivitas selebral dan kewaspadaan meningkat dan otak juga bisa tetap fokus.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2015 mengungkap, mengunyah permen karet di waktu siang hari dapat meningkatkan produktivitas dan menurunkan masalah kognitif.

Mencerahkan Senyum

Manfaat mengunyah permen karet yang salunjutnya adalah bisa menjadi cara untuk mencerahkan senyum serta memutihkan gigi.

Dr. Yanover mengatakan, meski mengunyah permen karet tidak bisa memutihkan gigi seperti halnya perawatan pemutihan, atau seperti perangkat rumahan, tapi kamu bakal mendapatkan noda lebih sedikit.

Hal itu karena terjadi peningkatan air liur, sehingga noda yang ditinggalkan oleh makanan bisa dengan mudah dihilangkan dari dalam mulut.

Mengunyah permen karet yang bebas gula juga bisa mengurangi bakteri yang menumpuk dalam permukaan gigi. Hal ini dapat membantu warna gigi supaya tetap putih cemerlang.

Mengurangi Napas Tak Sedap

Manfaat mengunyah permen karet yang terakhir adalah bisa menghilangkan halitosis atau bau napas tak sedap, terutama yang disebabkan bakteri di dalam mulut.

Meski demikian, kamu juga harus memperhatikan jenis permen karet yang akan dikonsumsi. Karena, ada beberapa jenis permen karet yang justru bisa jadi penyebab munculnya bau napas.

Jangan mengonsumsi permen karet rasa mint yang mengandung gula di dalamnya, karena hal ini dapat meningkatkan bakteri yang menjadi penyebab bau napas.

Beragam manfaat mengunyah permen karet tersebut bisa kamu dapatkan. Namun, pastikan terlebih dahulu jenis permen karet yang tepat, dan jangan mengonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan dampak buruk. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...