Manfaat Minum Yakult Tak Sekedar Baik untuk Pencernaan

Manfaat minum yakult
Manfaat minum yakult. Foto: Istimewa

Manfaat minum yakult untuk kesehatan belakangan lebih dikenal sebagai asupan dalam menjaga pencernaan. Padahal, minum yakult juga berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai keluhan kesehatan lainnya. Apalagi bila dikonsumsi secara rutin dan teratur

Yakult adalah minuman probiotik sejenis yogurt sebagai hasil fermentasi susu skim dan gula menggunakan bakteri Lactobacillus casei. Minuman ini sangat baik untuk pencernaan karena bakteri jenis ini membantu melancarkan pencernaan tubuh.

Nama yakult sendiri diambilkan dari kata jahurto dalam bahasa Esperanto yang artinya adalah yoghurt. Yakult ditemukan pertama kali pada tahun 1930 oleh doktor Minoru Shirota asal Jepang.

Dari temuan inilah kemudian didirikan perusahaan Yakult Honsha Co Ltd pada 1935 yang memproduksi dan memasarkannya ke seluruh dunia. Yakult sendiri baru masuk Indonesia sekitar tahun 90-an.

Manfaat Minum Yakult untuk Kesehatan

Karena mengandung bakteri ‘baik’ yang bernama Lactobacillus casei shirota strain, ada banyak manfaat minum yakult untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika diminum secara rutin. Berikut diantaranya.

Menyembuhkan Sakit Maag

Di balik rasanya yang asam manis, yakult juga berguna dalam meredakan dan menyembuhkan sakit maag. Adanya bakteri ‘baik’ itulah yang berfungsi melawan maag sekaligus mencegah gangguan pada lambung.

Menyehatkan Usus dan Mengatasi Gangguan Perut

Seperti diketahui, manfaat minum yakult yang sudah populer adalah untuk kesehatan usus dan melancarkan pencernaan. Adanya Lactobacillus casei shirota strain-nya berfungsi dalam mengatasi berbagai gangguan usus akibat bakteri.

Rutin minum yakult juga berguna untuk menambah pasukan bakteri baik guna melawan bakteri jahat. Ini sangat berguna untuk mengatasi radang usus, diare, sembelit dan gangguan perut lainnya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat minum yakult secara berkala juga berguna untuk menjaga imunitas dan daya tahan tubuh. Keberadaan bakteri Lactobacillus casei dalam minuman ini berguna melawan bakteri jahat dan virus serta mengatasi penyakit infeksi.

Mengontrol Kolesterol

Minuman kesehatan ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke. Hasil fermentasi susunya berguna untuk menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL) dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat minum yakult terutama untuk menjaga kesehatan pencernaan dan usus. Ternyata hal ini juga berefek pada kualitas kesehatan tubuh yang lebih baik terutama dalam menangkal berbagai penyakit kronis yang berbahaya.

Baik untuk Detoks Alami

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tak sedikit yang tidak disadari mengandung bahan berbahaya, bahan kimia atau bahkan racun. Jika berlangsung, penumpukan racun dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit.

Salah satu cara untuk menjaga fungsi organ tetap optimal adalah dengan melakukan detoksifikasi. Yakult memiliki fungsi detoks alami yang baik untuk menghalau penumpukan racun dalam tubuh.

Menangkal Penyakit Eksim

Manfaat minum yakult ternyata mampu mencegah dan mengatasi penyakit eksim dan menghaluskan kulit. Gangguan kulit ini bisa diatasi dengan rajin minum yakult yang disertai dengan menjaga kebersihan kulit.

Baik untuk Diet dan Mengusir Lemak Tubuh

Minum yakult juga berkhasiat untuk Anda yang menjalankan program diet. Rasa asamnya dan ifat probiotik dari minuman ini berguna untuk mengikat lemak sehingga mampu menurunkan dan mengatasi lemak tubuh.

Menyegarkan Badan

Buat Anda yang kerap kerja lembur hingga malam sangat baik untuk minum yakult sebelum tidur. Minuman ini berkhasiat untuk mengembalikan tenaga dan membuat tubuh lebih segar saat bangun pagi.

Itulah berbagi manfaat minum yakult yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karena itulah penting untuk mengkonsumsi secara rutin karena besarnya khasiat yakult yang berguna untuk menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit. (R9/HR-Online)