Manfaat Pete Bagi Kesehatan yang Anti Stres, Cerdaskan Otak Hingga Baik untuk Diabetes

manfaat pete bagi kesehatan
Ilustrasi manfaat pete bagi kesehatan. Foto: Istimewa

Manfaat pete bagi kesehatan ternyata begitu besar serta di balik baunya tersimpan khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Buah pete umumnya dimakan langsung dengan sambal atau lalapan lain dan banyak disukai orang.

Pete (Parkia speciosa) yang populer dengan sebutan petai atau mlanding termasuk pohon tahunan tropika yang masuk keluarga polong-polongan (Fabaceae). Buah pete memanjang dan besar seperti buah polong dengan sekitar 20 biji perbuahnya.

Biji buah pete yang dimakan mengeluarkan bau khas seperti jengkol. Selain dimakan langsung, pete juga sering direbus atau untuk campuran masakan, seperti sambal goreng hati, sambel goreng kentang, krecek dan lainnya.

Baca juga: Manfaat Jengkol dan Bahayanya yang Patut Diwaspadai

Salah satu manfaat pete bagi kesehatan ternyata dari baunya yang kaya asam amino. Senyawa ini terutama dari asam amino triptofan yang sangat berguna untuk sistem saraf, khususnya dalam memberikan efek relaksasi.

Selain itu pete diketahui mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Diantaranya seperti karbohidrat, protein, vitamin C, tiamin, magnesium, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, zinc, mangan, lemak dan serat.

Yang menarik, biji buah pete juga kaya dengan berbagi senyawa yang sangat penting untuk kesehatan. Diantaranya polisulfida siklik, tiazolidin carbosiklik acid, sulfur, dan asam amino triptofan.

Segudang Manfaat Pete Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan baunya yang khas dan rasanya yang enak membuat buah petai sangat populer. Berikut ini beragam manfaat pete bagi kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Menjaga Kesehatan Hati

Kandungan tiazolidin carbosiklik acid dan sulfur dalam buah pete berkhasiat menjaga fungsi dan kesehatan hati. Hati yang sehat penting menjalankan fungsinya untuk membuang racun tubuh dan menjaga metabolisme.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Fungsi ginjal yang sehat juga sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kandungan senyawa polisulfida siklik dalam buah petai berkhasiat dalam melindungi dan mencegah kerusakan ginjal.

Meningkatkan Imunitas dan Energi Tubuh

Kandungan karbohidrat, protein dan vitamin C yang tinggi juga memberikan manfaat pete bagi kesehatan. Selain bisa membangkitkan energi tubuh setelah lelah beraktivitas, nutrisi ini juga penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

TCL

Mengontrol Kadar Gula Darah (Diabetes)

Di balik baunya yang menyengat dan rasanya yang sedikit pahit buah pete efektif untuk mengontrol kadar gula darah. Khasiat pete untuk kesehatan juga telah dilakukan dalam pengobatan tradisional untuk menurunkan gula dari bagi penderita diabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan senyawa penting dalam buah petai juga berkhasiat dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Makan petai secara teratur sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan meredakan hipertensi.

Mengatasi Osteoporosis

Manfaat pete bagi kesehatan lainnya adalah dari kandungan magnesium dan kalsiumnya yang cukup tinggi. Senyawa ini berkhasiat dalam mencegah peradangan dan mengatasi pengeroposan tulang.

Mengatasi Penyakit Anemia

Tingginya kandungan vitamin B dalam petai berkhasiat untuk memperbaiki kondisi tubuh dan mengatasi kekurangan darah. Makan saja pete secara rutin untuk mengatasi penyakit anemia.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Selain meredakan stres, manfaat pete untuk anak kecil juga bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif otak. Hal ini karena kandungan kalium yang cukup tinggi. Namun konsumsi pete untuk anak perlu dibatasi.

Mengobati Penyakit karena Bakteri dan Jamur

Manfaat pete bagi kesehatan yang cukup menarik adalah kandungan cyclic polysulphides yang bersifat anti bakteri dan anti jamur. Pete telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan peradangan dan infeksi bakteri dan jamur.

Meredakan Stres dan Depresi

Kandungan asam amino triptofan dalam petai sangat berguna dalam memberikan efek relaksasi dan meningkatkan mood. Makan buah ini bermanfaat untuk meredakan stres dan depresi.

Baik untuk Diet dan Melancarkan Pencernaan

Pete diketahui kaya serat dan rendah lemak. Makan buah ini mampu melancarkan pencernaan dan mengatasi diare, sembelit dan gangguan perut lainnya. Pete juga perlu masuk menu diet karena bisa menurunkan berat badan.

Itulah beragam manfaat pete bagi kesehatan yang sangat menakjubkan. Untuk menghilangkan baunya yang menyengat bisa dengan makan mentimun, mengunyah daun kemangi, bubuk kopi atau mengunyah beras. (R9/HR-Online)

Loading...