Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan, Termasuk Turunkan Berat Badan

Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan, Termasuk Turunkan Berat Badan

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan, diantaranya untuk mengatasi nyeri sendi, hidung tersumbat, hingga masalah ginjal. Selain itu, manfaat rambut jagung untuk kesehatan salah satunya dapat membantu turunkan berat bedan.

Selain bijinya, ternyata rambut jagung juga memiliki banyak manfaat sehat bagi tubuh. Biasanya kamu akan membuang bagian rambutnya saat mengonsumsi jagung. Mulai sekarang ubah kebiasaan itu.

13 Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan

Jagung merupakan salah satu makanan pokok bagi penduduk Indonesia, karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, vitamin, protein, zat besi, kalium dan lainnya.

Namun, masih banyak yang belum tahu kalau bagian rambut jagung juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat sehat dari rambut jagung.

Mengatasi Nyeri Sendi

Rambut jagung bermanfaat mengatasi nyeri sendi. Diketahui bahwa jagung punya sifat basa dan anti-inflamasi yang baik digunakan sebagai obat nyeri sendi.

Masalah nyeri sendi bisa mengganggu aktivitas kita. Konsumsi teh rambut jagung untuk mengurangi tingkat keasaman tubuh dan mengurangi kemungkinan terjadinya reaksi inflamasi.

Mengontrol Ketegangan Otot

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan salah satunya mengontrol ketegangan otot, terutama bagi atlet.

Teh rambut jagung dapat membantu menenangkan ketegangan otot pasca melakukan aktivitas fisik yang berat.

Rambut jagung selain rendah kalori, juga dapat membantu rehidrasi tubuh serta menjaga kadar elektrolit tetap seimbang.

Mengatasi Hidung Tersumbat

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan diantaranya mengatasi hidung tersumbat, karena rambut jagung bisa membersihkan saluran pernapasan.

Diketahui jagung memiliki sifat ekspektoran yang bisa membantu mengatasi hidung tersumbat.

Oleh karena itu, rambut jangung dapat mengendalikan gejala utama flu dan pilek, serta mengurangi peradangan di tenggorokan.

Melindungi Saluran Kemih

Rambut jagung memiliki sifat antiseptik dan diuretik yang dapat mencegah iritasi, mengurangi pertumbuhan energi, serta peradangan. Sifat-sifat tersebut membuat rambut jagung mampu melindungi saluran kemih.

Membantu Atasi Masalah Ginjal

Teh rambut jagung sangat efektif mengobati kondisi yang berkaitan dengan masalah ginjal, termasuk mengatasi buang air kecil yang terasa sakit.

Termasuk mengatasi infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, radang sistem kemih, dan batu ginjal.

Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan berikutnya adalah mengatur tekanan darah tinggi. Flavonoid yang terkandung dalam rambut jagung dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, rambut jagung juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah tekanan darah tinggi.

Pasalnya, rambut jagung dapat mengontrol tingkat natrium di dalam tubuh yang bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi.

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Kandungan antioksida dalam rambut jagung bermanfaat untuk merangsang penghapusan racun tersimpan di dalam tubuh.

Hal tersebut tentu akan mengurangi kinerja hati, sehingga tubuh bisa mengoptimalkan fungsi ekskresi serta penurunan risiko pelemahan hari.

Mengatur Gula Darah

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan salah satunya bagi pasien diabetes tipe 2. Bagi penderita diabetes tipe 2, rambut jagung bisa membantu mengatur produksi insulin, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Meringankan Sakit Kepala

Dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan, untuk mengurangi rasa sakit kepala yang kronis lebih baik minum teh rambut jagung.

Sebab, rambut jagung dapat menenangkan saraf, mengurangi kekakuan di leher, rahang dan bahu, sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatkan Pencernaan

Teh rambut jagung bisa mengobati masalah pencernaan dan membantu meningkatkan pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa teh rambut jagung juga dapat merangsang sekresi empedu, di mana empedu ini tersimpan pada kantung empedu yang membantu akan menghasilkan pencernaan makanan secara tepat.    

Menyediakan Nutrisi

Di antara nutrisi penting lainnya, teh rambut jagung merupakan sumber beta-karoten, mentol, timol, riboflavin, niasin, selenium, serta limonene.

Nutrisi tersebut tidak tersedia pada semua makanan nabati. Hal inilah yang membuat teh rambut jagung sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Membantu Turunkan Berat Badan

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Jika kamu sedang menjalani diet, tidak ada salahnya untuk mencoba konsumsi teh rambut jagung.

Rambut jagung memiliki sifat diuretik. Ini bisa mendukung bagi mereka yang tengah mencoba untuk menurunkan berat badannya.

Dengan rutin mengonsumsi teh rambut jagung dapat memperpanjang rasa kenyang, mengendalikan peradangan, meningkatkan metabolisme, serta membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Mengobati Ruam dan Bisul

Teh rambut jagung bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti ruam dan bisul. Selain itu, bermanfaat juga membantu mengurangi rasa sakit akibat goresan dan luka ringan, serta rasa gatal akibat gigitan serangga.

Hal itu karena rambut jagung memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang mampu membantu dalam mencegah terjadinya infeksi. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img