Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita BanjarManfaat Rebung, Tunas Pohon Bambu yang Menyehatkan

Manfaat Rebung, Tunas Pohon Bambu yang Menyehatkan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Manfaat Rebung untuk Kesehatan, Tunas Pohon Bambu yang Menyehatkan. Anda penasaran apa itu rebung? Rebung adalah tunas muda dari pohon bambu, biasanya keluar di samping tanaman bambu.

Rebung juga bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Selain itu, ada banyak sekali manfaat yang dimiliki rebung terutama untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat untuk kesehatan ketika dikonsumsi secara rutin.

Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Mencegah Sembelit

Sembelit salah satu penyakit yang disebabkan karena sistem pencernaan yang tidak lancar. Hal ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari Anda.

Untuk itu, Anda harus terbiasa mengonsumsi rebung untuk mencegahnya. Sebab rebung memiliki kandungan yang kaya akan serat.

Rebung dapat menjauhkan tubuh Anda dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat rebung untuk kesehatan yang berikutnya yaitu dapat menstabilkan tekanan darah Anda dengan baik. Karena rebung kaya akan kandungan senyawa kalium.

Fungsi kalium yaitu dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan bahkan juga dapat menurunkannya. Jadi, apabila Anda mengalami tekanan darah rendah maka Anda harus banyak  mengonsumsi rebung untuk membuatnya normal.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Kandungan rebung sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Diantaranya yaitu kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin.

Kandungan-kandungan tersebut berfungsi membantu dan menjaga kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi rebung juga sangat penting supaya tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit dan menjadi tetap sehat.

Membantu Mengobati Masalah Menstruasi

Mengonsumsi rebung secara teratur juga mampu membantu berbagai masalah kesehatan reproduksi pada wanita seperti pada saat Anda mengalami menstruasi dan melahirkan.

Manfaat rebung dapat membantu mengobati siklus menstruasi Anda yang tidak teratur. Selain itu, rebung juga dapat mengurangi nyeri pada saat persalinan serta mencegah terlalu banyak kehilangan darah pasca melahirkan.

Mencegah Gangguan Pernafasan

Rebung juga mampu mengatasi masalah pada pernafasan. Cara penerapannya sangat mudah yaitu pertama-tama Anda perlu membuat rebusan rebung dengan merebusnya sebanyak dua kali.

Aturan dalam merebusnya yakni untuk rebusan pertama selama 5 menit dan rebusan kedua selama 10 menit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Jika Anda bosan dengan buah-buahan sebagai perwatan pada kulit. Maka Anda memerlukan suatu cara yang baru dengan memanfaatkan rebung.

Manfaat rebung tak hanya baik untuk kesehatan jantung tetapi juga bisa menjaga dan merawat kulit Anda. Hal ini disebabkan rebung memiliki kandungan vitamin E dan C yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Kanker

Rebung juga dipercaya mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker. Karena rebung memiliki senyawa asam fenolik yang dapat memberikan perlindungan antioksidan terhadap penyakit jantung dan kanker.

Fitokimia lain yang terkandung dalam rebung yaitu lignin, yang bersifat anitjamur dan anti virus, sehingga dapat membantu Anda supaya tidak mudah terserang penyakit.

Itulah beberapa manfaat rebung untuk kesehatan yang perlu Anda perhatikan. Anda akan memperoleh manfaat tersebut jika Anda mengonsumsinya dengan direbus atau ditumis secara sederhana tidak menggunakan dengan bumbu kompleks. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru