Manfaat Sabun Dosting yang Lagi Viral, Aman Gak Sih?

manfaat sabun dosting
Ilustrasi manfaat sabun dosting. Foto: Istimewa

Manfaat sabun dosting kabarnya bisa memutihkan kulit dalam waktu singkat. Bahkan belakangan sabun dosting dibicarakan banyak orang hingga viral di media sosial.

Benarkah demikian dan apakah sabun dosting aman digunakan tanpa adanya efek samping?

Sabun dosting merupakan salah satu jenis sabun yang khusus dibuat untuk perawatan kulit. Di pasaran, produk ini populer dengan sebutan sabun whitenung atau sabun pemutih kulit dan wajah.

Seperti layaknya sabun mandi lainnya, sabun dosting disarankan juga digunakan pada waktu mandi pagi dan sore. Dengan penggunaan yang praktis ini diharapkan perawatan kulit lebih simpel tanpa ribet.

Sebenarnya produk pemutih kulit dalam bentuk sabun sudah cukup banyak yang dijual di pasaran. Tingginya kebutuhan dan keinginan orang, khususnya kaum wanita untuk memiliki kulit putih menjadi target pasar produk ini.

Sebelum membahas tentang manfaat sabun dosting untuk kecantikan, Anda sebaiknya mencermati kandungan yang terdapat dalam produk ini. Kandungan inilah yang menentukan keutamaan sebuah produk kecantikan.

Dikutip dari website resminya, sabun dosting mengandung bahan utama vitamin C, vitamin E, alpha arbutin, kojic, hq, aha, gluthatione dan collagen. Bahkan dikatakan sabun dosting mempunyai dosis tinggi meski tidak dicantumkan kadarnya.

Beragam Manfaat Sabun Dosting untuk Kecantikan

Meskipun memiliki fungsi sebagai sabun mandi, namun kandungan yang terdapat dalam sabun dosting membuatnya berbeda. Berikut ini beragam manfaat sabun dosting untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Memutihkan Kulit Tubuh dan Wajah

Kandungan glutathione, alpha arbutin dan kojic yang terdapat dalam sabun dosting berfungsi untuk membuat kulit lebih putih dan cerah. Karena itulah produk ini juga disebut sebagai sabun pemutih kulit dan sabun pembersih wajah.

Mengatasi Jerawat dan Komedo

Jerawat atau komedo merupakan gangguan kulit wajah yang banyak dialami remaja dan kaum wanita. Salah satu manfaat sabun dosting yang populer adalah untuk menghilangkan jerawat, komedo ataupun bopeng di wajah.

Menghaluskan Wajah

Kandungan kolagen dalam sabun dosting juga berkhasiat dalam mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah. Gunakan saja sabun kecantikan ini untuk mandi dan mengusap wajah secara rutin.

Menghilangkan Kotoran Tubuh

Seperti umumnya sabun mandi, manfaat sabun dosting juga berguna untuk menghilangkan kotoran dan daki yang menempel pada tubuh. Apalagi setelah seharian bekerja di luar rumah yang banyak debu dan asap kendaraan.

Menyamarkan Bekas Luka

Luka tubuh akibat jatuh, terkena knalpot, hingga bekas gigitan nyamuk kadang meninggalkan noda atau titik hitam pada tubuh. Dengan menggunakan sabun ini saat mandi, bekas luka di kulit bisa dihilangkan.

Apakah Sabun Dosting Aman?

Sebagai sebuah produk perawatan kulit yang dijual bebas tentunya faktor keamanan harus diperhatikan. Di balik manfaat sabun dosting tak sedikit masyarakat yang bertanya apakah sabun dosting aman digunakan?

Seperti dikutip dari website resminya dikatakan bahwa sabun ini aman karena dibuat dengan bahan yang jelas serta aman untuk perawatan kulit. Namun ibu hamil atau Ibu menyusui disarankan tidak menggunakan sabun ini.

Untuk cara pemakaian sabun dosting yang disarankan sama seperti penggunaan sabun mandi pada umumnya. Yaitu dengan mengusapkannya pada seluruh tubuh. Sabun ini juga baik untuk bagian wajah.

Untuk mendapat manfaat sabun dosting yang optimal, setelah diusap pada bagian tubuh lalu diamkan sekitar 3-5 menit agar kandungannya meresap ke dalam kulit.

Selanjutnya baru dibilas dengan air. Untuk hasil yang efektif, sebaiknya lakukan 2 kali sehari, pada pagi dan sore.

Di tengah banyaknya produk perawatan kecantikan dan pemutih kulit yang dijual di pasaran sikap kehati-hatian sangat diperlukan. Anda perlu mencermati kandungannya, seperti pengalaman Thailand yang melarang penggunaan produk kecantikan berbahan klorin.

Itulah informasi tentang manfaat sabun dosting yang sedang viral di media sosial dan banyak dicari orang. Penggunaan produk perawatan bisa dengan mencobanya langsung. Jika cocok bisa dilanjutkan. Namun jika menimbulkan efek alergi tinggal ganti saja dengan produk lain. (R9/HR-Online)

Loading...