Manfaat Sayur Asparagus yang Baik untuk Tulang, Ibu Hamil, Diet Hingga Diabetes

Manfaat Sayur Asparagus
Manfaat Sayur Asparagus. Foto: Istimewa

Manfaat sayur asparagus tak hanya nikmat dibuat masakan berkuah yang menyegarkan. Sayur asparagus juga diketahui kaya dengan kandungan nutrisi dan senyawa penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu sayuran ini layak menjadi menu makan Anda atau diolah dengan berbagai cara.

Asparagus (Asparagus officinalis L) merupakan jenis sayuran yang telah lama dikenal masyarakat. Seperti halnya dengan sayuran lainnya, asparagus juga lebih sering diolah menjadi sayuran berkuah yang sangat enak.

Berbeda dengan umumnya sayuran yang lebih banyak memanfaatkan daunnya, asparagus diambil bagian batang mudanya. Kandungan asparagus terhadap nutrisi juga terbilang tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Manfaat sayur asparagus juga karena kandungannya yang kaya protein, vitamin A, B6, C, E, K, riboflavin, thiamin, niacin, rutin dan asam folat. Juga mineral kalsium, kalium, magnesium, mangan, besi, fosfor, tembaga, seng dan selenium.

Selain itu asparagus tidak mengandung kolesterol, rendah kalori dan sangat rendah sodium. Sayuran ini juga kaya serat dan asam amino asparagina yang bersifat diuretik yang sangat baik untuk tubuh.

Manfaat Sayur Asparagus untuk Kesehatan

Selain sering diolah menjadi masakan sayuran yang enak, asparagus juga baik untuk dibuat jus. Berikut ini berbagai manfaat sayur asparagus untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

Melancarkan Saluran Urin

Sifat diuretik sayuran asparagus sangat baik untuk memperlancar saluran urin. Hal ini juga berguna untuk menjaga dan meningkatkan fungsi ginjal agar bekerja secara optimal dan menjauhkannya dari berbagai penyakit.

Kaya Antioksidan

Asparagus diketahui kaya antioksidan yang tinggi, terutama dari kandungan vitamin E, C, glutathione, polifenol dan flavonoid. Kandungan ini akan melindungi tubuh dari radikal bebas, polutan dan kanker.

Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat sayur asparagus juga baik untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil. Sayuran yang kaya vitamin B9 atau asam folat ini sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah dan DNA bayi.

Sayuran ini juga akan melindungi bayi dari kecacatan saraf. Ibu yang sedang hamil sangat disarankan banyak makan sayuan ini khususnya selama trimester awal kehamilannya.

Mendukung Diet Menurunkan Berat Badan

Asparagus sebaiknya masuk dalam menu diet Anda. Selain tinggi serat, asparagus juga rendah kalori dan rendah sodium yang sangat baik untuk mendukung program anda menurunkan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat sayur asparagus juga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan vitamin K yang cukup tinggi dalam sayuran ini sangat baik untuk mencegah pembekuan darah.

Mengontrol dan Menurunkan Tekanan Darah

Asparagus kaya kalium yang sangat baik untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan berkalium sangat baik dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah risiko penyakit stroke dan jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Konsumsi sayuran ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi berguna untuk membuat penglihatan lebih tajam dan melindungi mata dari kerusakan dan penyakit.

Membuat Kulit Bercahaya

Manfaat sayur asparagus juga efektif untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit lebih cerah. Kandungan vitamin A, glutathione dan nutrisi lain berguna memperbaiki sel kulit yang rusak dan mencegah penuaan dini.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dan senyawa aktif dalam sayuran ini sudah terbukti efektif untuk melancarkan pencernaan. Makan sayuran ini juga baik untuk mengatasi sejumlah gangguan perut, seperti diare, sembelit ataupun gangguan BAB.

Mengkonsumsi setengah cangkir asparagus mampu meningkatkan gerakan usus yang dapat mengatasi gangguan pencernaan. Pencernaan yang sehat tentunya akan mengoptimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Sayuran asparagus yang kaya nutrisi juga berguna untuk mengendalikan kadar gula darah. Mengkonsumsi sayuran ini akan membuat insulin membawa glukosa dari darah ke dalam sel, sehingga sangat baik untuk penderita diabetes.

Itulah berbagai manfaat sayur asparagus untuk kesehatan yang sebaiknya Anda tahu. Besar khasiatnya dari sayuran ini perlu dimanfaatkan dengan sering mengkonsumsinya. (R9/HR-Online)

Loading...